Insomnia itu Penyakit dan Tidak Bisa Dihilangkan?

10 Sep 2018 @ 18:30:45
"When you feel so tired, but you can't sleep" (Fix You - Coldplay)

Ketika kamu lelah dan capek, kasur atau kamarmu bisa jadi tempat yang paling nyaman untuk ditempati. Apalagi, jika ada tukang pijat pribadi yang senantiasa memijatmu hingga tertidur, wah pastinya surga dunia banget ya! Namun, pernahkah kamu merasakan bahwa kamu sangat lelah dan capek, namun kamu sulit untuk tidur? Jika pernah, serangan insomnia mulai perlahan mendekatimu. 

Insomnia Bukan Penyakit

Insomnia Bukan Penyakit

FYI, insomnia adalah suatu gangguan pada tidur yang seringkali membuat kamu tidur telat atau di waktu yang tidak tertentu setiap hari. Perlu dicatat, insomnia bukan penyakit lho, guys! Insomnia juga sebenarnya tidak butuh obat tidur untuk menghilangkannya. 

Penelitian menyebutkan bahwa insomnia muncul dari kebiasaan dan aktivitas seseorang sehari-hari. Aktivitas yang terlalu berat sepanjang hari juga bisa membuat kamu terlalu lelah sehingga sulit tidur. Tak hanya itu, insomnia juga bisa muncul dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, misalnya terlalu banyak minum atau makanan berkafein.

Walaupun hanya gangguan tidur biasa dan bisa diatasi, insomnia bisa memberikan dampak yang serius untuk kesehatanmu lho! Beberapa sumber menyebutkan bahwa insomnia berpengaruh pada kurangnya semangat untuk beraktivitas, mengantuk di siang hari, hingga depresi. Selain itu, organ-organ tubuhmu seperti jantung dan paru-paru mengalami penurunan kondisi yang memungkinkan terjadinya penyakit. 

Penyebab Terjadinya Insomnia

Tahu gak sih, kalau banyak kasus insomnia terjadi akibat perilaku dan tindakan yang kamu lakukan sendiri, baik bekerja terlalu keras hingga mengonsumsi makanan yang menyulitkan untuk tidur. Selain itu, beberapa hal yang sering membuatmu jadi terkena insomnia, antara lain: 

1. Sebelum Tidur, Mengecek Laptop atau Ponsel

Sebelum Tidur, Mengecek Laptop atau Ponsel

Tahu gak sih kamu kalau ponsel atau laptop kamu itu menyinarkan cahaya biru yang membuat matamu terus melek dan terjaga. Cahaya biru atau blue light ini sama dengan yang dimiliki matahari ketika pagi menjelang. Hal inilah yang menimbulkan otak sulit memberikan respon yang tepat pada tubuhmu karena sulit membedakan siang dan malam. Selain itu, Blue Light juga mencegah melatonin, hormon yang memberikan rasa kantuk dan nyaman ketika tidur, untuk keluar. 

2. Kamu Terbiasa Tidur Pada Jam yang Berbeda 

Kamu Terbiasa Tidur Pada Jam yang Berbeda

Hampir semua orang tentu mengalami hal ini, yaitu berubah-ubah jam tidur setiap harinya. Aparajitha Verma, MD, Sleep Neurologist di Houston Methodist Hospital, Texas menjelaskan bahwa mengubah-ubah waktu tidur membuat siklus bangun dan tidur dari tubuh berubah-ubah. Hal inilah yang buat kamu sulit tidur (insomnia) atau merasa pusing ketika bangun tidur. 

3. Kamu Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein Pada Siang Hari

Kamu Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein Pada Siang Hari

Kamu mungkin sudah tahu, ya kalau kafein membantu kamu untuk melawan kantuk. Hal ini disebabkan karena kafein membuat otak lebih terjaga dari biasanya sehingga mata dan tubuhmu masih terasa segar walaupun sudah di malam hari. Kebiasaan ini juga bisa membuat kamu sulit tidur pada malam hari dan mengalami insomnia. 

4. Suhu Kamarmu Terlalu Dingin atau Terlalu Hangat

Suhu Kamarmu Terlalu Dingin atau Terlalu Hangat

Coba cek suhu kamar sekarang! Bisa jadi, kamu sulit tidur karena suhu kamar memang tidak mendukung alias terlalu dingin dan terlalu hangat. Dengan keadaan seperti ini, mata dan otak sulit berkoordinasi dengan tubuh yang membuat kamu tidak mengalami ngantuk sama sekali. Selain itu, lampu yang terlalu terang juga membuat kamu jadi sulit tidur. 

Wah, sudah tahu nih penyebab dari insomnia itu sendiri. Sekarang, cobalah untuk mengubah pola hidup dan kebiasaanmu saat ini. Selain itu, beberapa hal ini boleh kamu coba untuk membantu mengurangi insomnia dengan cara yang alami dan sehat. 

1. Matikan Semua Alat Elektronik dan Tidurlah Dalam Gelap

Suhu Kamarmu Terlalu Dingin atau Terlalu Hangat

Untuk beberapa hal, gelap-gelapan ternyata baik lho. Tidur dalam gelap tentunya membantu kamu untuk memerangi insomnia. Hormon melatonin, hormon yang membuat manusia terlelap, bekerja dengan baik saat tubuh manusia berada dalam gelap. Tentunya, hal ini ditunjang dengan mematikan seluruh alat elektronik seperti ponsel, televisi, ataupun laptop. Dengan begini, blue light tidak akan menjadi alasan untuk kamu sulit tidur. 

2. Perbaiki Posisi Tidur Ke Posisi Lebih Nyaman

Perbaiki Posisi Tidur Ke Posisi Lebih Nyaman

Posisi tidur menentukan keberhasilan tidurmu setiap malam. Posisi tidur yang salah akan membuatmu terbangun di malam hari yang justru membuat kamu semakin lelah dalam beraktivitas. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa posisi terbaik untuk tidur adalah dengan meletakkan tubuh miring ke kiri. Namun, hindari posisi telentang dan telungkup karena memberikan kamu nyeri pinggang ketika tidur dan membuat nafas menjadi sesak. 

3. Mulailah Untuk Berolahraga Lebih Rutin

Mulailah Untuk Berolahraga Lebih Rutin

Ternyata, olahraga bisa membuatmu lebih mudah tidur dan beristirahat lho! WebMd menyebutkan bahwa olahraga rutin 2 kali setiap minggu membantu menghilangkan insomnia 2 kali lebih cepat daripada mereka yang tidak melakukannya. Wah, bukan hanya sehat, olahraga bisa hilangkan insomnia!

4. Bereskan Tempat Tidur dan Snacking di Waktu Malam

Bereskan Tempat Tidur dan Snacking di Waktu Malam

Menurut penelitian di Amerika, 25% orang mengalami insomnia diakibatkan oleh kondisi tempat tidur yang kurang nyaman. Untuk itu, cobalah terlebih dahulu membereskan tempat tidur sebelum tidur untuk memberikan nyaman dan menghindarkan dari kotoran atau binatang yang mengganggu saat tidur. Selain itu, kamu bisa melakukan snacking sehat sebelum tidur dengan porsi yang tidak terlalu banyak tentunya. Catat, snacking bukan makan! Snacking memberikan rasa kenyang di perut yang bantu kamu untuk tidur lebih cepat!

Cukup mudah 'kan solusinya, Lemonizen? Siap bebas insomnia malam ini? 

Artikel Terkait

Tetap Sehat Walaupun Sedang Travelling? Inilah Cara dan Panduannya!
Travelling atau berwisata tentu menjadi waktu yang menyenangkan. Di waktu travelling, kamu bisa merasakan lega dari akti..
Andesma. W
02 Oktober 2018
Tak Nyaman Karena GERD? Cobalah Cara Alami Menyembuhkan GERD berikut Ini!
Apa kamu pernah merasakan rasa sakit di sekitar perut bagian atas dan ulu hati, Lemonizen? Kalau iya, bisa jadi itu adal..
Andesma. W
28 September 2018
Dark Chocolate: Bagaimana Bisa Sehat Dengan Konsumsi Dark Chocolate yang Cukup?
Dalam menjalani hidup sehat, kamu tentu banyak tahu tentang macam-macam superfood atau makanan super yang mempunyai bany..
OT Handoko
27 September 2018