Insomnia Saat Kehamilan? Kenali Penyebab & Cara Mengatasinya!

Agar janin dalam kandungan tumbuh dengan baik, seorang ibu hamil wajib mendapat tidur cukup paling tidak 8 jam saat malam. Sayangnya, Eileen Sloan, Psikiater Toronto Sleep Institute of Mount Sinai Hospital menyebutkan bahwa 80% wanita hamil mengalami insomnia saat kehamilan atau kesulitan tidur saat malam. Walaupun banyak dianggap wajar, insomnia saat kehamilan harus diatasi sedini mungkin. 

Insomnia saat kehamilan memang bukanlah gangguan kesehatan yang cukup berat, namun punya dampak terhadap kesehatan janin dan si ibu. Bisa-bisa, si ibu mengalami pingsan atau tekanan darah rendah saat beraktivitas akibat kurangnya energi yang dimiliki dalam tubuh. Selain itu, pertumbuhan janin dalam kandungan juga bisa terganggu, apalagi jika masih dalam fase-fase awal kehamilan. 

banner consideration shipping bg blue

Penyebab Insomnia Saat Kehamilan

Dalam menjalani fase-fase kehamilan, tubuh si ibu tentu tidaklah sama dengan saat sebelum kehamilan. Ada hormon-hormon lain yang bekerja dalam tubuh ibu sehingga menimbulkan perasaan kurang nyaman, bahkan saat tidur. Hal itulah yang seringkali menyebabkan ibu hamil mengalami insomnia saat kehamilan. 
Penyebab Insomnia Saat Kehamilan
Selain hal tersebut, insomnia saat kehamilan bisa terjadi akibat beberapa hal berikut ini: 
  • Frekuensi buang air yang lebih tinggi
  • Mual dan muntah pada malam hari
  • Sakit pinggang
  • Rasa tidak nyaman di bagian perut
  • Kram kaki
  • Kesemutan
  • Mimpi buruk
Selain beberapa hal tersebut, stress dan depresi akibat kehamilan juga bisa menjadi alasan mengapa kamu sulit tidur di malam hari. Pikiran-pikiran tentang hidup dan kehamilan mungkin saja sering mengganggu dan menghilangkan kemampuan untuk tidur nyenyak. 

Cara Mengatasi Insomnia Saat Kehamilan

Tidur cukup sangat dibutuhkan untuk mendukung kehamilan yang baik dan sukses. Kekurangan jam tidur bisa membuat perkembangan janin dan keseimbangan tubuh si ibu menjadi terganggu. Untuk itu, cobalah atasi masalah insomnia saat kehamilan dengan beberapa cara sederhana berikut ini.

Buat Tempat Tidur Lebih Nyaman

Buat Tempat Tidur Lebih Nyaman
Beberapa ibu hamil mengakui bahwa insomnia saat kehamilan disebabkan oleh sakit punggung yang menyiksa. Salah satu yang menyebabkan nyeri punggung ini adalah tempat tidur yang kurang nyaman. Untuk mengatasi ini, kamu bisa mengganti bantal atau perlengkapan tidur dengan yang lebih empuk dan nyaman. Bila perlu, taruhlah 1 bantal di kaki untuk menciptakan relaksasi untuk tidur. 

Posisi Tidur Juga Penting Untuk Diubah

Posisi Tidur Juga Penting Untuk Diubah
Insomnia bisa saja terjadi akibat posisi tidur yang kurang baik dari ibu hamil. Banyak ahli menganjurkan untuk para ibu hamil menghindari posisi tidur telentang, terutama ketika memasuki trisemester kedua. Posisi tidur telentang dapat meningkatkan tekanan darah pada pembuluh darah besar yang menyebabkan aliran darah ke tubuh ibu menjadi terhambat dan ke janin. Posisi telentang juga dapat menyebabkan sesak napas saat tidur. Tidurlah dengan posisi miring ke kiri. 

banner consideration promotion bg blue

Merendam Kaki Dengan Air Hangat Sebelum Tidur

Merendam Kaki Dengan Air Hangat Sebelum Tidur
Salah satu gangguan terbesar pada ibu hamil terjadi di daerah kaki hingga betis. Hal ini terjadi akibat aktivitas yang dilakukan si ibu hamil sehari-harinya, terutama jika sering beraktivitas dengan berjalan kaki. Untuk itu, siapkan wadah dengan air hangat dan rendamlah kakimu sejenak untuk dapatkan relaksasi sebelum tidur. Tambahkan sedikit essential oil untuk menambah aromanya. 

Pijatan-Pijatan Kecil di Bagian Kaki Juga Bantu Meringankan Pegal dan Nyeri yang Buat Rileks

Pijatan-Pijatan Kecil di Bagian Kaki Juga Bantu Meringankan Pegal dan Nyeri yang Buat Rileks
Seperti yang dikatakan sebelumnya, banyak ibu hamil mengalami sulit tidur atau insomnia saat kehamilan, terutama ketika harus berjalan-jalan. Untuk itu, pijatan-pijatan kecil di bagian kaki bisa membantu merelaksasi diri kamu. Untuk itu. mintalah partner kamu untuk memijat hingga kamu tertidur. Namun, perhatikan bagian ketika pemijatan di bagian telapak karena ada bagian yang terhubung langsung pada rahim yang bisa memicu gangguan pada janin. 

Pastikan Tubuh Kamu Selalu Aktif Untuk Picu Tidur Lelap Di Malam Hari

Pastikan Tubuh Kamu Selalu Aktif Untuk Picu Tidur Lelap Di Malam Hari
Untuk memicu keinginan tidur yang cukup pada malam hari, pastikan kamu selalu aktif bergerak ketika beraktivitas. Pastinya, hindari aktivitas berat demi menjaga keselamatan dan pertumbuhan janin. Seringlah berjalan karena riset menyatakan bahwa berjalan dapat bantu perkembangan tubuh ibu dan janin. Ketika aktif, tubuh kamu akan merasakan lelah dan akan menginginkan tidur lebih dari biasanya. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami