Inspirasi Sayur Berkuah Untuk Sarapan Pagi

28 Jun 2018 @ 12:32:11
Apa menu sarapan favorit kamu? Kebanyakan orang mungkin akan menjawab pertanyaan tersebut dengan beberapa sajian sarapan populer seperti nasi goreng, telur, atau roti. Beberapa orang bahkan mungkin akan menjawab bahwa mereka tidak suka sarapan karena tidak merasa lapar di pagi hari atau tidak sempat sarapan sebelum berangkat ke kantor atau sekolah. 

Belakangan ini, ada sebuah tren yang mulai meningkat popularitasnya di dunia, yaitu menikmati sup untuk sarapan. Bayangan menikmati sup atau aneka sayur berkuah untuk sarapan mungkin terasa ganjil. Padahal, sup atau aneka sayur berkuah untuk sarapan punya beragam kelebihan, di antaranya:

1. Mudah Disiapkan

Inspirasi Sayur Berkuah Untuk Sarapan Pagi

Sup dengan cita rasa nikmat dan lezat pada dasarnya bisa disiapkan dengan mudah. Kamu bisa membuat sup di malam hari, lalu memanaskannya dengan cepat di pagi hari untuk sarapan. 

Kalau mau, kamu juga bisa membuat sup sederhana di pagi hari menggunakan kaldu pelezat jamur Lemonilo yang alami dan bebas bahan pengawet serta MSG. Sup dan aneka sayur berkuah pun tersaji dengan lezat dan cepat. Kamu dan keluarga akan sama-sama terpuaskan dengan rasa dan kenikmatannya. 

2. Bergizi Dan Mengenyangkan

Bergizi Dan Mengenyangkan 

Berbagai sayuran yang digunakan dalam sup mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin dan serat yang membantumu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan menjaga kesehatan. Aktivitas harian yang padat pun berjalan dengan lancar bila perut terisi makanan bergizi, bukan? 

Selain itu, sup juga cukup mengenyangkan sehingga membantu menghalau rasa lapar hingga waktu makan siang tiba. Tak perlu khawatir, sup juga tidak mengandung banyak kalori sehingga bisa menjadi sarapan yang bebas sesal dan khawatir. Malahan, sarapan yang terlalu tinggi kandungan karbohidratnya bisa jadi malah membuat kamu merasa ngantuk, lho.

3. Fleksibel 

Fleksibel


Selain nikmat dan lezat, sup juga menjadi sebuah jenis masakan yang fleksibel. Dengan berbagai jenis sayuran atau kacang-kacangan di lemari es saat ini, kamu bisa membuat semangkuk sajian sup nikmat dan waktu pembuatannya pun tidak terlalu lama.

Kamu bisa menggunakan berbagai macam sayuran dan daging, sesuai dengan bahan yang kamu miliki. Wortel, kentang, kacang polong, atau labu? Semua bisa dikreasikan dengan seleramu!

4. Bisa Dinikmati Di Perjalanan

Bisa Dinikmati Di Perjalanan

Sebuah restoran terkenal di New York menyajikan kuah kaldu untuk sarapan di pagi hari dalam gelas kertas yang sering digunakan untuk menyajikan kopi sehingga rasa kaldu dalam sup bisa dinikmati dalam perjalanan, tidak beda dengan saat kamu menikmati kopi di perjalanan menuju kantor. 

Siapa sangka, ternyata sajian ini bahkan cukup populer dan banyak penggemarnya. Ini bisa membawa inspirasi untuk kamu membawa sup dalam botol atau gelas sehingga bisa menikmatinya di perjalanan. Selain itu, kamu juga bisa menikmatinya di kantor ketika lapar melanda. Praktis! Tak ada lagi alasan tak sempat sarapan, kan?

Sudah siap untuk mengonsumsi sup sebagai makanan sarapan yang nikmat sehari-hari? Cobalah beberapa jenis sup ini. Mudah dan prakti hanya untuk kamu yang ingin sehat dan aktif.

1. Sup Ayam

Sup Ayam

Kamu tentu sudah familiar dengan jenis sup yang satu ini, bukan? Sup dengan kuah kaldu ayam serta sayuran seperti wortel, kentang, buncis, dan seledri tak jarang jadi andalan untuk sajian makan siang atau makan malam. Kenapa tak mencoba membuatnya untuk sarapan? 

Peneliti dari University of Nebraska Medical Center menyatakan bahwa sup ayam dapat membantu menghentikan bakteri yang menyebabkan penyakit flu. Studi lain juga menyatakan bahwa sup ayam membantu mengatasi hidung tersumbat. Jadi, kalau badan mulai terasa kurang enak karena flu, coba saja sarapan sup ayam.

2. Sup Tahu

Sup Tahu

Untuk sup penuh nutrisi dan rasa, kamu bisa mengolah tahu putih menjadi olahan sup tahu yang mengundang selera. Kandungan protein dalam tahu putih diketahui dapat membuat kamu lebih senantiasa semangat dalam menghadapi aktivitas sehari-hari. 

Lengkapi pula sup tahu dengan wortel, tomat merah, lalu bumbui dengan bawang merah, bawang putih, serta kaldu ayam atau kaldu pelezat jamur Lemonilo untuk membuat kuah kaldu hangat yang sedap. 

3. Sup Wortel

Sop Wortel

Sebagai salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak nutrisi terutama beta karoten dan vitamin A, wortel cukup populer untuk dijadikan sajian sup di kala sarapan. Rasa yang nikmat dan tekstur renyah wortel memberikan paduan semangat dalam semangkuk sup yang kamu konsumsi. 

Padukan wortel dengan kentang dan kacang lentil, lalu blender hingga halus untuk mendapatkan sup yang lembut. Agar sup terasa lebih segar, kamu bisa menambahkan daun ketumbar yang telah dicincang halus ke dalam sup. Bumbui dengan bawang bombay, pala, garam, dan lada hitam untuk menghasilkan sup lezat yang tidak membosankan.

Pada dasarnya semua jenis sup dan aneka sayur berkuah bisa dinikmati untuk sarapan. Menyajikan sup kesukaan keluarga sebagai sajian sarapan bukan hal tabu, kok. Dengan sajian sehat untuk sarapan, kesehatan terjaga dan aktivitas harian pun berjalan lancar.

Artikel Terkait

Kenali 6 Jenis Minyak untuk Masakan, Mana yang Sering Kamu Gunakan?
Salah satunya adalah minyak kelapa yang bisa digunakan hingga tiga kali penggorengan..
Shella Rafiqah Ully
14 Oktober 2020
Resep Sundubu Jjigae ala Drakor Itaewon Class, Spesial Pakai Mie Lemonilo!
Makanan khas Cafe DanBam di drama korea Itaewon Class ini jadi lebih spesial dengan mie instan Lemonilo!..
Shella Rafiqah Ully
08 Oktober 2020
4 Cara Mengolah Kacang Almond Jadi Cemilan Sehat dan Enak
Mulai dari kacang almond panggang, dicampur oatmeal, hingga diolah menjadi kue pai..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020