Jaga Kesehatan Kulit dengan Suplemen Kulit yang Tepat

12 Mei 2020 @ 21:44:33
Suplemen kulit banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai kebutuhan penunjang kesehatan tubuh. Suplemen ini bertugas membantu kesehatan kulit lebih terjaga. Diantara banyaknya jenis suplemen untuk kulit yang dijual bebas, yang terpenting adalah mampu memilih suplemen yang tepat sesuai kebutuhan. Inilah beberapa suplemen untuk kulit yang tepat untuk dikonsumsi. 

1. Suplemen Vitamin C



Suplemen vitamin C adalah jenis suplemen untuk kulit yang mampu membuat kesehatan kulit tetap terjaga plus mencerahkan kulit. Suplemen ini mempunyai sifat antioksidan dan dapat menambah produksi kolagen dalam kulit. Oleh karena itu, vitamin banyak dijadikan bahan pokok untuk pembuatan produk perawatan kulit, terutama produk kecantikan anti penuaan. Selain bagus untuk kulit, konsumsi vitamin C juga bermanfaat untuk kesehatan mulut. 

Vitamin C mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Konsumsi suplemen vitamin C dapat membantu kulit lebih sehat dan menjaganya tetap kenyal. Sehingga radikal bebas pun tidak mudah menyerang tubuh. Akhirnya, ragam masalah kulit akan semakin menjauh dan penuaan dini pun bisa dihentikan dengan lebih gampang. Vitamin C juga dapat diperoleh dari buah yang mempunyai rasa asam seperti jeruk. 

2. Suplemen Vitamin E



Suplemen vitamin E juga mengandung antioksidan yang dapat menjaga kulit dari kerusakan karena efek paparan sinar matahari yang berlebihan. Vitamin E bertugas menghalangi dampak buruk dari radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kulit. Vitamin E juga dapat membantu mencegah noda hitam pada kulit dan juga melawan keriput. 

Selain  dapat membantu kulit bisa lebih sehat, ia juga dapat mempercepat penyembuhan luka di kulit. Selain didapat dari suplemen, vitamin E pun banyak terkandung dalam makanan seperti, kacang tanah, telur, dan daging ayam. 

3. Suplemen Polypodium Leucotomos



Suplemen kulit polypodium leucotomos juga bagus untuk menyehatkan kulit. Polypodium leucotomos tergolong tumbuhan paku/pakis. Ia juga dimanfaatkan menjadi suplemen pemutih kulit yang bagus. Kandungan Polypodium leucotomos adalah bersifat antioksidan yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. 

Jadi, ia mampu menghambat perubahan warna kulit menjadi lebih gelap karena efek sinar ultraviolet. Selain itu, suplemen jenis ini pun sering dimanfaatkan untuk berbagai penyakit kulit seperti, eksim, psoriasis, dan vitiligo. 

4. Suplemen Mulberry



Suplemen untuk kulit mulberry berasal dari ekstrak mulberry alami yang sering dipakai untuk produk dan suplemen pemutih kulit. Buah mulberry mengandung banyak vitamin C dan vitamin E yang sangat bagus untuk menyehatkan kulit. 

Ternyata, bukan hanya buahnya saja, tapi ekstrak daun mulberry pun diyakini mampu mencegah adanya hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi merupakan fenomena warna kulit yang berubah menjadi lebih gelap di daerah tertentu yang dapat menjadikan kulit tampak belang.

5. Suplemen Vitamin B Kompleks 



Suplemen kulit vitamin B kompleks memiliki biotin yang menjadi dasar pembentuk kuku, kulit, dan sel rambut. Sejumlah vitamin B-kompleks pun mampu membantu kulit lebih sehat. Berdasarkan satu riset menyatakan kalau vitamin B dapat membantu tubuh untuk membuat sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Namun, apabila terjadi kekurangan vitamin B kompleks maka akan terserang dermatitis. 

Manfaat lainnya, vitamin B3 juga sering dimanfaatkan untuk membantu kurangi gejala bintik-bintik penuaan dan warna kulit yang berubah. Sedangkan, vitamin B-5 atau asam pantotenat membantu atasi jerawat dan penuaan kulit. 

Di toko atau pasaran, terdapat banyak suplemen yang memiliki seluruh keperluan vitamin B kompleks hanya dalam satu butir saja. Namun, yang perlu diingat adalah keperluan vitamin B kompleks pun tergantung dengan umur dan keadaan kesehatan setiap orang. Jadi, untuk mengetahui kadar keperluan dari vitamin B setiap orang, sebaiknya konsultasikan ke dokter. 

Nah, itulah ulasan tentang jaga kesehatan kulit dengan suplemen kulit yang tepat. Semoga setelah membaca ulasan di atas, pembaca akan lebih cermat memilih suplemen yang tepat untuk kesehatan kulit nantinya. 

Artikel Terkait

Ketahui 6 Manfaat Masker Putih Telur dan Cara Membuatnya
Ada banyak sekali manfaat masker putih telur untuk kesehatan kulit wajah dan kecantikan kamu..
Rizki Indra
17 September 2020
7 Manfaat Air Mawar yang Bukan Hanya Untuk Hiasan Ruangan
Ada 7 manfaat air mawar yang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit kamu, apa aja sih?..
Rizki Indra
17 September 2020
7 Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera) Untuk Kecantikan
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat lidah buaya atau aloe vera untuk kecantikan..
Rizki Indra
16 September 2020