Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Jangan Anggap Remeh 3 Penyebab Cacar Air Pada Balita dan Orang Dewasa

Rizki Indra
Rizki Indra
12 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Cegah cacar air dengan mengetahui penyebab cacar air.
Cacar air merupakan penyakit yang yang menimbulkan lenting pada seluruh bagian tubuh dan wajah. Penyakit cacar air ini dapat menular dari orang ke orang yang belum pernah menderita cacar air dan belum pernah menerima vaksin cacar air baik pada balita maupun orang dewasa. Lantas sebenarnya apa penyebab cacar air?

Penyebab Cacar Air



Pada dasarnya, cacar air disebabkan oleh infeksi dari jenis virus Varicella zoster. Setelah terinfeksi oleh virus ini, akan muncul ruam pada kulit penderita yang akan menjadi gejala utamanya. Ruam lama kelamaan akan berubah menjadi bintil berwarna merah yang memiliki cairan didalamnya. Pada awalnya, bintil merah ini akan menimbulkan rasa gatal, dan kemudian akan mengering. Selain infeksi virus, seseorang bisa terkena cacar air jika disebabkan oleh beberapa hal berikut: banner consideration shipping bg blue

1. Penularan Melalui Cairan Tubuh


Salah satu penyebab cacar air yang sering terjadi adalah ketika seseorang terkena cairan tubuh dari orang yang sedang menderita cacar air, seperti cairan yang keluar dari tubuh manusia saat sedang bersin, batuk dan yang lainnya. Jenis cairan apapun yang keluar dari penderita cacar air mempunyai kemungkinan tinggi untuk menulari orang-orang yang berada di sekitarnya. Untuk itu, jika ada kamu menderita cacar, usahakan untuk menutup hidung dan mulut saat bersin maupun batuk.

2. Kontak dengan Penderita


Tidak sengaja melakukan kontak dengan orang yang menderita cacar air juga termasuk salah satu penyebab cacar air yang seringkali terjadi.  Hal ini karena lesi dari kulit penderita tetap mempunyai kemungkinan tinggi untuk menulari orang di sekitarnya. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu jangan terlalu dekat dengan orang yang tengah menderita penyakit ini.

3. Menyentuh Barang yang Dipegang Penderita


Jika kamu serumah dengan orang yang menderita cacar, jangan sampai menyentuh barang-barangnya, seperti gelas, piring, smartphone, laptop dan barang lainnya yang sebelumnya sudah pernah disentuh oleh penderita cacar air.  Hal ini karena virus yang terdapat pada penderita akan menempel pada barang yang telah disentuhnya sehingga ada kemungkinan besar kamu akan tertular cacar air juga.

Faktor Risiko Cacar Air



Cacar air memang bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi tidak semua jenis cacar air bisa seperti ini. Terdapat gejala yang perlu kamu perhatikan seperti bintil-bintil di kulit, anak mengalami muntah-muntah, leher kaku, kejang, sulit berjalan, bicara, dan menjaga keseimbangan tubuh.
banner consideration promotion bg blue
Orang dewasa yang mengidap cacar air cenderung lebih berisiko mengalami komplikasi dan memiliki gejala yang lebih parah. Pengobatan bisa dilakukan secara efektif menggunakan antivirus, jika diberikan 24 jam pertama saat bintil-bintil air muncul di awal.

Komplikasi cacar air yang serius sering dialami oleh orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, bayi yang baru lahir, dan wanita hamil. Karenanya, jika mereka terpapar virus cacar air, dan mengalami gejala ini, segera hubungi dokter sebelum cacar air anak makin serius.

Pencegahan Cacar Air



Cacar air bisa dicegah dengan proses vaksinasi sebagai langkah preventif agar cacar air dan komplikasinya bisa dicegah secara efektif. Di Indonesia, cacar air tidak termasuk dalam daftar imunisasi wajib untuk Si Kecil, tetapi tetap dianjurkan dilakukan sejak kecil.

Cacar air mudah dan cepat proses penularannya. Sebagai langkah pencegahan cacar air dalam penyebaran pertama, kamu bisa melakukan isolasi pada orang yang sedang mengidap cacar air dari tempat-tempat umum, seperti sekolah atau kantor.

Lebih baik lakukan 1-2 hari sebelum ruam muncul sampai 1 minggu kedepan setelah awal munculnya ruam, yaitu saat bintil-bintil telah mengering dan menjadi koreng.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah penyebab cacar air pada balita dan orang dewasa. Jangan anggap remeh ya. Mulai lakukan vaksinasi cacar air dari sekarang.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.