Jangan Asal, Bunda! Inilah Panduan Memberikan MPASI 6 Bulan Pada Si Kecil!

23 Okt 2018 @ 12:11:09
Wah, nggak terasa ya, Bunda kalau si kecil sudah mulai menginjak usia 6 bulan. Di usia ini, si kecil sebenarnya sudah bisa diperkenalkan pada makanan padat lainnya selain ASI. Dalam hal ini, bayi sudah bisa mulai diperkenalkan pada MPASI (Makanan Pendamping ASI) sehingga nutrisinya tidak hanya berasal dari ASI saja, namun juga dari makanan padat gizi lainnya. 

Eh, tunggu dulu, Bunda! MPASI bukan kegiatan coba-coba lho! Bunda mesti tahu dan jelas mengenai cara memberikan MPASI 6 Bulan pada si kecil. Cara pemberian MPASI yang tepat bisa membantu bayi bertumbuh dengan optimal. Untuk itu, pastikan Bunda memahami cara yang tepat untuk memberikan MPASI 6 bulan pada si kecil!

Kapan Sih Bunda Tahu Kalau Si Kecil Siap Untuk MPASI?

Kapan Sih Bunda Tahu Kalau Si Kecil Siap Untuk MPASI?

Terkadang, MPASI memang membutuhkan keputusan yang tepat. Bunda mungkin sering ragu apakah sebenarnya si kecil sudah siap untuk MPASI. Jangan-jangan, usianya masih terlalu dini untuk mendapatkan makanan bayi 6 bulan tersebut. Karenanya, supaya Bunda tidak ragu, berikut ciri-ciri kalau si kecil sudah siap untuk MPASI.
  • Koordinasi tangan, mata, dan mulut si kecil sudah berjalan dengan baik. Bunda bisa lihat hal ini dari kebiasaan si kecil untuk meraih dan memasukkan benda atau makanan ke dalam mulut.
  • Si kecil sudah mampu duduk dengan baik. Jika Bunda sudah lihat si kecil sudah mampu duduk dengan baik, mungkin itulah waktu yang tepat untuk memberikan MPASI 6 Bulan untuk dia. 
  • Setiap Bunda makan, si kecil punya ketertarikan lebih. Si kecil seringkali nimbrung saat Bunda makan? Wah, itu bisa jadi tanda kalau si kecil sudah siap untuk MPASI, Bunda. 
  • Si Kecil Mudah Menelan Makanan. Tanda lainnya adalah si kecil mudah menelan makanan dan tidak sering memuntahkan makanan yang ia makan. Biar begitu, tetap perhatikan porsinya sewaktu MPASI 6 bulan diberikan. 

Panduan Sewaktu Memberikan MPASI?

Panduan Sewaktu Memberikan MPASI?

Sebagai seorang ibu, tentunya Bunda ingin si kecil tumbuh dengan baik, kan? Nah, MPASI bisa membantu si kecil untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Jangan hanya terpaku pada nutrisi apa yang akan diberikan, namun juga pada proses memberikan pada si kecil. Supaya hasilnya lebih maksimal, yuk Bunda pahami beberapa hal panduan sewaktu memberikan MPASI 6 Bulan berikut ini!
  • Perhatikan porsi MPASI 6 Bulan yang akan diberikan. Bunda harus memahami bahwa pada tahap awal, si kecil tidak bisa mendapatkan begitu banyak MPASI. Makanya, perlu diperhatikan porsi MPASI yang akan diberikan. Memberikan MPASI yang terlalu banyak bisa membuat bayi tidak menyukai makanan tersebut, lho! 
  • Sabar itu Kunci Dalam Memperkenalkan MPASI. Bunda juga harus memahami bahwa sebenarnya ini adalah masa-masa awal si kecil mengenal makanan yang lebih padat daripada ASI. Mulailah dengan satu porsi sehari sehingga tubuh si kecil juga terbiasa pada rasa dan makanan itu sendiri. Secara bertahap, Bunda bisa tambah porsinya jika si kecil mulai terbiasa. 
  • Bunda juga Perlu Membiasakan Bayi Makan Sendiri. Tak hanya untuk mendukung nutrisinya agar tercukupi, MPASI 6 bulan sebenarnya juga baik untuk perkembangan motorik si kecil. Untuk itu, Bunda juga membiasakan si kecil makan sendiri. Dengan belajar menyendokkan makanan ke mulutnya, Bunda mengasah gerak motoriknya agar lebih cepat berkembang. 
  • Barengi Anak Ketika Makan. Bagaimanapun, si kecil juga butuh contoh untuk melakukan sesuatu. Untuk itu, ada baiknya agar Bunda juga ikut makan ketika si kecil mengonsumsi makanan bayi 6 bulan tersebut. 
  • Menambahkan Penyedap Rasa Pada MPASI Si Kecil. Mungkin, Bunda berpikir bahwa memberikan penyedap rasa akan membuat si kecil makin berselera mengonsumsi MPASInya. Sayangnya, memberikan penyedap rasa malah akan membahayakan kesehatannya. Kandungan garam yang terlalu tinggi pada makanan akan mempengaruhi pertumbuhannya. 
  • Perhatikan Usia Si Kecil. Bunda harus memahami bahwa semakin tinggi usia si kecil, maka asupan MPASInya juga berbeda. Pada bayi berusia 6 bulan, berikan sayuran atau buah-buahan yang dihaluskan. Pada bayi berusia 8-9 bulan, Bunda bisa memberikan makanan padat yang dipotong memanjang (finger foods). Pada usia 1 tahun, bayi sudah mulai bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan padat seperti kentang, roti, telur, ataupun ikan. 
  • Cari Tahu Bahan Makanan yang Dilarang Untuk Ditambahkan Pada MPASI. Pemberian MPASI juga harus mendapatkan perhatian serius karena tidak semua bisa dikonsumsi si kecil lho, Bunda. Beberapa bahan makanan yang sebaiknya dihindari saat MPASI adalah madu, terlalu banyak jus, susu sapi, kacang, ataupun permen.
MPASI memegang peranan yang penting dalam menjamin kebutuhan nutrisi dan pertumbuhan si kecil. Makanya, Lemonilo membantu Bunda dalam mendapatkan nutrisi terbaik untuk si kecil dengan produk-produk MPASI terbaik. MPASI? Ya, di Lemonilo dong!


Artikel Terkait

Memasak Dengan Bumbu Instan Sehat? Memang Bisa?
Nasi goreng merupakan sajian khas Indonesia yang popularitasnya sudah mendunia. Cara pembuatan yang simpel ditambah rasa..
OT Handoko
06 Desember 2018
Supaya Senin Nggak Ngebetein, Siapkan Cemilan Alami Ini Di Kantongmu Pada Pagi Hari
Ketika hari senin tiba, biasanya banyak orang yang malas dan menggerutu karena harus kembali ke rutinitas biasanya. Pada..
OT Handoko
03 Desember 2018
Praktis & SImple, Inilah Caranya Agar Kamu Tidak Lagi Lupa Minum Air Putih Cukup!
Tubuh kamu kebanyakan terdiri dari air yang bercampur dengan darah. Makanya, banyak dokter dan para ahli gizi yang menya..
OT Handoko
12 November 2018