Jangan Asal Konsumsi Daun Sirsak, Inilah 11 Manfaat dan Efek Sampingnya

Sirsak, tanaman yang berasal dari Amerika Serikat ini dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bukan hanya buahnya, daun sirsak pun banyak dikonsumsi karena segudang manfaatnya untuk kesehatan. Apa saja manfaat daun sirsak? Berikut ulasannya.

1. Kesehatan Kulit

Manfaat daun sirsak yang pertama bisa kamu rasakan untuk kesehatan kulit. Kalau kamu memiliki masalah jerawat, eksim, dan masalah kulit lainnya yang menyebabkan ruam atau bisul, kamu bisa menggunakan daun sirsak sebagai solusinya. Caranya mengobatinya,  tumbuk daun sirsak hingga menjadi pasta, lalu tempelkan secara langsung pada kulit yang bermasalah. Hal ini akan mengurangi masalah pada kulit kamu secara signifikan, meski mungkin terasa menyakitkan. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal. banner consideration shipping bg blue

2. Pengobatan Kanker

Sebuah hasil penelitian telah menunjukkan bahwa daun sirsak lebih efektif dalam memerangi dan mencegah pertumbuhan kanker daripada perawatan potensial lainnya. Daun sirsak juga sangat bermanfaat untuk meringankan efek samping kemoterapi. Bagi penderita kanker dapat meminum air rebusan daun sirsak sebanyak dua kali sehari selama kurang lebih dua minggu. Namun, sebelum melakukannya, pasti akan mendapatkan persetujuan dokter dulu.

3. Mengatasi Asam Urat

Banyak orang yang menderita asam urat. Untuk mengobatinya kamu bisa menggunakan ekstrak daun sirsak dengan cara minum segelas rebusan daun sirsak dua kali sehari sehingga dapat mengurangi asam urat yang diderita.

4. Mengobati Bisul

Daun sirsak bermanfaat untuk mengobati bisul. Untuk merasakan manfaat ini, kamu bisa menempelkan daun sirsak secara langsung pada area bisul, atau bisa juga dengan mengkonsumsi air rebusan daun ini. Agar mendapat hasil yang baik, gunakanlah daun sirsak yang masih muda.

5. Mengobati Anemia

Daun sirsak memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi yang akan meningkatkan jumlah sel darah merah. Jika kamu meminum air rebusan daun sirsak setiap hari akan membantu mengurangi anemia.

6. Mengobati Insomnia

Jika kamu mengalami gangguan sulit tidur, kamu dapat menggunakan daun sirsak untuk mengatasinya. Daun sirsak memiliki kandungan Tryptophan yang secara efektif dapat meningkatkan rasa kantuk sehingga akan merangsang kamu untuk tidur.

7. Menurunkan Suhu Tubuh

Manfaat daun sirsak juga bisa dirasakan untuk menurunkan suhu tubuh. Daun sirsak dapat digunakan sebagai pengobatan alami untuk menurunkan suhu tubuh saat kamu sedang demam. Caranya  tambahkan daun sirsak ke dalam bak mandi agar suhu tubuh kamu menurun.banner consideration promotion bg blue

8. Berperan Sebagai Anti Penuaan

Daun sirsak kaya akan vitamin C atau asam askorbat yang sangat baik dalam memerangi radikal bebas yang merupakan penyebab penuaan, infeksi, atau gangguan kulit. Mengaplikasikan pasta daun sirsak secara teratur akan sangat bermanfaat bagi kulit kamu untuk menunda penuaan. Vitamin C yang terkandung dalam daun sirsak juga dapat mengatasi keriput, garis-garis halus, dan perubahan warna kulit.

9. Masalah Rambut

Daun sirsak dipercaya mampu mengatasi masalah rambut yang sering terjadi, seperti ketombe, rambut rontok, terbelahnya ujung rambut, rambut kasar, rusak, hingga beruban.Agar mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa membuat pasta dari daun sirsak dan mengoleskannya pada kulit kepala. Selain itu, juga dapat menggunakan teh daun sirsak untuk dibilaskan pada rambut seperti keramas.

10. Mengobati Kutu Kepala

Manfaat daun sirsak juga bisa mengobati adanya kutu pada kepala. Jika kamu memiliki masalah dengan kutu kepala, daun sirsak dapat menjadi jawaban untuk masalah tersebut.  Caranya, buatlah pasta dari daun sirsak, kemudian oleskan pada kulit kepala, atau membilas rambut kamu menggunakan teh daun sirsak.

11. Mengobati Osteoporosis

Daun sirsak mempunyai kandungan kalsium dan fosfor yang sangat tinggi sehingga bagus untuk tulang. Karenanya dengan mengkonsumsi jus daun sirsak secara teratur akan membantu untuk mencegah masalah tulang seperti osteoporosis. 
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah manfaat daun sirsak yang bisa kamu rasakan. Meski tetap diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat dari daun sirsak, tidak ada salahnya kamu tetap mengkonsumsi daun ini agar bisa merasakan manfaat baik dari daun sirsak!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami