Jangan Mau Lagi Ketipu Dengan Kosmetik & Body Care Murah! Banyak Bahan Kimianya Lho!

02 Apr 2018 @ 16:39:00
Di antara banyak keinginan wanita, kosmetik mungkin saja merupakan salah satu kebutuhan yang tak bisa dipisahkan saat ini. Kosmetik membuat wanita terlihat lebih cantik dan menarik. Selain itu, kosmetik juga membantu banyak wanita terlihat lebih muda dari umur sebenarnya. 

Sayangnya, masih banyak wanita di luar sana yang terjebak dengan harga kosmetik yang murah tanpa memikirkan bahan dan dampak yang ditimbulkan oleh kosmetik itu. Sebelum kamu terlanjut membeli kosmetik yang membahayakan dirimu sendiri, lebih baik kamu pahami dulu bahan berbahaya yang bisa saja muncul di kosmetik murah! 

1. Parabens

Diantara kamu mungkin sudah tahu bahwa Parabens merupakan bahan yang dilarang untuk dimasukkan dalam produk kosmetik ataupun produk kecantikan lainnya. Parabens merupakan bahan kimia yang oleh banyak produsen nakal dimasukkan dalam produk kosmetik, body lotion, atau produk kecantikan lainnya. 

Sejak bebeberapa waktu yang lampau, banyak organisasi dunia melarang penggunaan Parabens dalam setiap pembuatan kosmetik ataupun produk kecantikan. Dampak dari Parabens tidaklah main-main karena dapat menyebabkan kanker (terutama kanker kulit dan kanker payudara), memperlambat proses reproduksi, meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV, dan mempercepat penuaan kulit.

2. Merkuri (Mercury)

Beberapa tahun lalu, bahan ini heboh diperbincangkan masyarakat karena terdapat di dalam produk kosmetik dan kecantikan. Merkuri merupakan salah satu senyawa yang umumnya muncul di dalam limbah pabrik ataupun limbah pembuangan lainnya. Terpapar Merkuri baik dalam jumlah kecil ataupun banyak dapat memicu gangguan kesehatan. 

Seperti dilansir oleh badan kesehatan dunia WHO, merkuri merupakan bahan kimia membahayakan dan mematikan jika terpapar ke tubuh manusia. Merkuri dapat menyebabkan gangguan kecil di dalam tubuh seperti kerusakan kulit, gangguan pencernaan, atau sakit kepala dan gangguan kesehatan besar seperti kanker, kesusakan sistem saraf, ataupun tumor. 

3. Sodium Laureth Sulfate (SLES) / Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

Untuk bahan yang satu ini, masih menjadi perdebatan apakah Sodium Laurate Sulfate (SLES) & Sodium Laureth Sulfate (SLS) ini berbahaya. Di satu sisi, SLES/SLS dapat membantu perkembangan kulit, namun jika dalam waktu yang lama, SLES/SLS dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh yang lebih besar.

SLES/SLS ini banyak muncul di kosmetik atau produk kecantikan seperti body lotion, hair mask, ataupun shampoo. Penggunaan SLES/SLS bisa menyebabkan alergi pada kulit, kerontokan pada rambut, dan kerusakan kulit secara permanen jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

4. Pthalates

Salah satu bahan yang harus kamu cermati penggunaannya adalah pthalates. Bahan kimia ini umumnya digunakan untuk meningkatkan kelenturan pada produk-produk pada plastik. Bahan ini dapat ditemukan dalam produk-produk seperti cat kuku, parfum, atau pada produk hair spray

Dampak yang ditimbulkan oleh Pthalates tidaklah main-main karena dapat menyebabkan kanker payudara, pelambatan pertumbuhan payudara pada remaja, menghambat kesuburan dan disfungsi seksual, dan menyebabkan gangguan hormon di dalam tubuh. 

5. BHA & BHT

Di artikel lain di Lemonilo.com, kamu pasti pernah mendengar bahwa dua jenis senyawa ini merupakan senyawa beracun dan berbahaya jika dikonsumsi langsung ke dalam tubuh. Nyatanya, Bulylated Hidroxyanisole (BHA) & Butylated Hydroxytoluene (BHT) juga berbahaya juga jika digunakan dalam produk kosmetik atau body care. BHT & BHA dapat kamu temukan di produk lipstik, moisturizers, sabun, foundation, dan eyeliners.  

BHA & BHT merupakan senyawa kimia berbahaya yang jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama dapat menyebabkan alergi, keracunan pada organ tubuh, dan gangguan kesuburan. Tak hanya itu, European Commission on Endocrine Disruption meletakkan BHA & BHT sebagai dua jenis bahan yang dpaat menyebabkan gangguan hormon dalam tubuh. 

Nah, kamu sudah pahaman sekarang bahwa gangguan kesehatan tidak hanya muncul dari setiap makanan yang dimakan ataupun konsumsi. Gangguan kesehatan  dapat juga muncul dalam penggunaan kosmetik atau body care yang tidak sehat. Untuk itu, pastikan kamu cermat dalam memilih kosmetik atau body care karena murah bukan berarti meninggalkan sisi sehatnya! 


Artikel Terkait

Mengerikan, Lebih Dari 3.8 Juta Orang Di Dunia Meninggal Per Tahun Akibat Polusi Udara!
Polusi udara merupakan permasalahan yang menjadi isu di dunia maupun di berbagai negara. Tak hanya negara berkembang, ne..
OT Handoko
14 Agustus 2018
Moms, Inilah 6 Mitos dan Fakta Menyusui (Breastfeeding) yang Wajib Kamu Tahu
Menyusui (breastfeeding) merupakan salah satu hal yang dianjurkan pada para ibu untuk dilakukan. Selain memberikan ikata..
Andesma. W
09 Agustus 2018
Terkesan Menakutkan, Ternyata Inilah 5 Manfaat Kesehatan Dari Donor Darah!
Banyak hal yang punya banyak manfaat untuk diri sendiri dan sesama, salah satunya adalah donor darah. Sayangnya, banyak ..
OT Handoko
07 Agustus 2018