Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Jangan Panik Bun, Begini Cara Atasi Anak Susah BAB dengan Baik

Rizki Indra
Rizki Indra
23 Jan 2021
Clock Icon
3 menit
Anak susah BAB jadi masalah serius yang harus segera diatasi.
Frekuensi BAB atau Buang Air Besar pada anak tentunya berbeda-beda. Frekuensi BAB mereka akan dipengaruhi oleh usia, serta makanan dan minuman yang mereka konsumsi. Namun jika frekuensi BAB ini menurun tentu wajar saja, karena usia anak terus bertambah. Tapi bagaimana jika anak susah BAB dan mengalami kesakitan ketika BAB?
Dalam istilah medis susah BAB ini disebut dengan konstipasi atau sembelit. Hal ini bisa diatasi dengan beberapa cara yang tepat yang disesuaikan dengan usia anak tersebut. Sebelum terjadi susah BAB pada anak ada baiknya kamu mencegahnya dengan memberi mereka makanan berserat. Misalnya buah-buahan yang mengandung banyak serat dan mengandung air. Biasakan juga mereka banyak minum air putih. Cara mengatasi anak yang susah BAB bisa dengan beberapa cara berikut:

1. Menetapkan Waktu dan Jadwal BAB



Kamu harus menetapkan waktu untuk BAB misalnya sekitar 10-15 menit setiap hari atau 2 kali dalam sehari. Tujuannya supaya jadwal buang air besar mereka teratur dan biasa dilakukan oleh anak-anak.

2. Memerhatikan Bentuk, Warna dan Konsistensi Tinja pada Anak



Ketika anak kamu mengalami susah buang air besar sebaiknya kamu memperhatikan bagaimana bentuk, warna dan juga konsistensi tinja pada anak tersebut. Apabila ada darah dan ia mengalami nyeri ketika sedang BAB maka segera hubungi dokter.

3. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi Anak-Anak



Jika anak-anak kurang mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah, maka mereka akan mudah mengalami susah BAB. Bisa juga terlalu banyak konsumsi makanan seperti nasi, roti, keju atau pasta yang membuat ia kesulitan untuk buang air besar.banner consideration promotion bg blue

4. Meningkatkan Konsumsi Makanan yang Berserat



Jenis makanan berserat seperti kacang-kacangan, sayur, biji-bijian, buah, dan gandum memiliki kandungan serat yang tinggi. kamu bisa memberikan makanan tersebut pada anak-anak dengan porsi yang cukup. Maka anak kamu tidak akan mengalami susah buang air besar lagi.

5. Minum Air Putih



Setiap manusia juga memerlukan air untuk mendorong makanan agar masuk ke dalam tubuh dengan mudah. Makanan juga akan mudah dicerna apabila terdapat kandungan air yang cukup di dalamnya. Maka, biasakan anak untuk minum air putih dalam jumlah cukup misalnya 1-2 gelas sehabis makan. Dengan begitu, asupan air dalam tubuhnya bisa selalu terpenuhi dan BABnya bisa menjadi lancar!

6. Kurangi Minum Susu dan Memberinya Jus Buah Murni



Langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi susah BAB pada anak adalah dengan mengurangi asupan susu dan menambah asupan jus buah. Anak akan merasa lebih kenyang jika terlalu banyak minum susu. Maka ia akan kekurangan makanan atau asupan yang berserat. Jika usianya sudah lebih dari 1 tahun sebaiknya batasi minum susu dengan jumlah yang cukup. Atau tidak lebih dari 450 gr setiap harinya.

Dibandingkan memberi anak-anak susu, lebih baik beri merek jus buah murni yang tidak ditambahkan dengan gula atau susu. Buatlah jus buah yang murni tanpa tambahan apapun sehingga rasa manisnya hanya berasal dari rasa buah yang alami.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah beberapa cara mengatasi anak susah BAB yang bisa kamu lakukan. Apabila kendala anak susah BAB masih terjadi walaupun kamu sudah mengatasinya dengan cara-cara di atas, maka sebaiknya kamu berkonsultasi langsung dengan dokter. Jangan lupa selalu jaga kesehatan pencernaan agar BAB lancar ya!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.