Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Jangan Panik Bun, Ini Penyebab Bayi Gumoh dan Cara Mengatasinya

Rizki Indra
Rizki Indra
08 Jan 2021
Clock Icon
3 menit
Penyebab bayi gumoh wajib diketahui semua orang tua.
Gumoh pada bayi merupakan hal yang sudah biasa, tetapi sebagai orang tua Bunda tetap harus mengatasinya dengan baik supaya bayi tidak merasa terganggu dengan gumoh tersebut. Apalagi banyak juga orang tua yang khawatir dengan bayi yang gumoh. Jika begitu, maka Bunda harus tahu apa saja penyebab bayi gumoh supaya Bunda tahu cara mengatasinya dengan baik.
Gumoh merupakan keluarnya cairan dari dalam tubuh bayi misalnya berupa susu atau makanan yang baru saja ditelan. Gumoh ini disebut juga dengan refluks yang biasa dialami oleh bayi karena kerongkongan pada bayi belum berkembang dengan utuh. Ditambah lagi dengan ukuran lambung pada bayi yang masih kecil. Penyebab gumoh yang terjadi pada bayi ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti berikut:

1. Bayi Kekenyangan



Kapasitas lambung pada bayi biasanya masih kecil dan hanya sekitar 1 ons saja dari per kg bobot tubuh bayi tersebut. Maka tak heran jika asupan yang melebihi kapasitas ukuran lambungnya, membuat bayi kekenyangan dan kemudian gumoh. Maka, sebaiknya Bunda tidak memberinya susu atau ASI yang terlalu banyak.

Sesuaikan jumlah ASI dengan kapasitas lambung bayi, setidaknya bayi tidak merasa kelaparan. Biasakan juga untuk menyendawakan bayi setelah ia menyusu baik melalui dot susu ataupun ASI.

2. Alergi Terhadap Jenis Makanan Tertentu



Sensitivitas bayi pada jenis makanan tertentu juga bisa menjadi penyebab munculnya gumoh tersebut. Biasanya sensitivitas atau alergi ini dipicu oleh produk olahan susu sapi. Jika bayi mengalami gumoh dan memang disebabkan oleh alergi susu sapi, maka konsultasikan ke dokter lebih lanjut.

3. Otot Bayi yang Belum Sempurna



Otot di bagian saluran pencernaan bayi, memang belum sempurna. Otot pada saluran pencernaan ini dalam kondisi longgar, dan kemudian akan mengecil saat bayi berusia 6 bulan secara bertahap.banner consideration promotion bg blue

4. Menelan Udara Ketika Menyusui



Penyebab lainnya dari gumoh pada bayi adalah banyaknya udara yang tertelan pada saat bayi sedang menyusui. Apalagi jika bayi mendapat suplai susu yang jumlahnya terlalu banyak.

5. Mengatasi Gumoh Pada Bayi dengan Tepat



a. Menyusui Bayi


Ketika bayi Bunda gumoh maka minimalkan frekuensi gumoh tersebut dengan menyusuinya dalam jumlah sedikit tapi sering. Biasanya bayi yang diberi ASI frekuensi gumohnya jauh lebih sedikit dibanding dengan bayi yang diberi susu formula. Dengan menyusuinya, maka ASI akan meninggalkan perut lebih cepat sehingga hanya sedikit waktu susu kembali ke kerongkongan.

b. Membuat Bayi Bersendawa


Untuk menghilangkan udara yang terperangkap di perutnya Bunda bisa membuat bayi bersendawa setelah menyusui. Biasanya bayi memang akan bersendawa seusai menyusui karena udara yang mereka telan lebih sedikit setelah mereka bersendawa.

c. Menyusui Bayi dengan Tenang


Batasi gangguan ketika menyusui seperti misalnya kebisingan, atau lampu yang terlalu terang saat menyusui. Memberi makan pada bayi dengan situasi dan kondisi yang lebih tenang bisa membuat gumoh pada bayi berkurang.

d. Jangan Menyusui Bayi Ketika Susu Sedang Penuh

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Apabila produksi ASI terlalu banyak dan payudara Bunda penuh sebaiknya jangan dulu menyusukannya pada bayi. Karena payudara yang penuh akan mengeras dan membuat bayi kesulitan untuk menghisap susu. Sehingga ia akan menelan lebih banyak udara. Untuk itu, pompa ASI terlebih dahulu hingga payudara terasa lunak dan ASI tidak penuh.

Itulah beberapa penyebab bayi gumoh dan cara mengatasinya dengan tepat, yang bisa Bunda lakukan di rumah ketika bayi mengalami gumoh.  Dengan memahami berbagai penyebab ini dan cara mengatasinya, diharapkan Bunda tidak panik lagi saat si kecil mengalami gumoh. Semoga bermanfaat ya Bunda!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.