Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Jangan Sampai Salah, Berikut 6 Cara Menyusun Manajemen Keuanganmu!

Rizki Indra
Rizki Indra
21 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Cara menyusun manajemen keuangan penting dilakukan untuk mengembangkan usaha.

Ketika menjalankan sebuah usaha, pengelolaan manajemen keuangan yang baik adalah kunci utama kestabilan dan kesuksesan usaha yang dilakukan. Baik yang dijalankan adalah usaha besar atau kecil, manajemen keuangan tetap harus diterapkan secara disiplin. Hal ini agar dapat memonitor aliran dana dengan baik dan meminimalisasir terjadinya kebocoran dana yang akan menimbulkan kerugian. Cara menyusun manajemen keuangan pun bukan suatu hal yang sulit, cukup ikuti cara di bawah ini:

1. Menentukan Besarnya Profit yang Ingin Dicapai


Saat menjalankan usaha, kamu tidak akan bisa menjalankannya tanpa menentukan besar target keuntungan yang ingin dicapai. Jika hanya menjalankan roda usaha apa adanya, maka usaha tidak akan berkembang karena tidak memiliki target profit yang ingin dicapai.


Oleh karena itu, pastikan sudah menentukan besarnya keuntungan yang diharapkan saat memulai usaha. Namun, jangan sampai berambisi untuk mendapatkan laba terlalu tinggi. Buatlah rencana bertahap dari satu periode ke periode lain dan melakukan evaluasi dari setiap periode tersebut, baik target profit yang direncanakan telah tercapai atau belum.

2. Menyusun Anggaran dengan Tepat


Agar keuangan usaha dapat dikelola dengan baik, harus bisa menyusun anggaran dana dengan baik. Hal ini agar pengeluaran dapat sesuai dengan kebutuhan usaha kamu. Menyusun anggaran sama halnya dengan membuat rencana liburan. Tentunya sudah merencanakan dari jauh-jauh hari, berapa budget yang diperlukan selama liburan, mulai dari akomodasi, hotel, pakaian dan lainnya.


Begitu pula dalam usaha, membutuhkan rencana keuangan dalam bentuk anggaran dana untuk satu periode yang telah ditetapkan. Periode tersebut dapat ditentukan sendiri sesuai kebutuhan. Tidak harus untuk 1 tahun, mungkin bisa untuk 6 bulan, 3 bulan ataupun 1 bulan.

3. Menjadikan Imbal Hasil Usaha Untuk Pengembangan Usaha


Ketika menjalankan usaha pasti akan mendapatkan imbal hasil penjualan produk maupun jasa. Meskipun dapat menikmati imbal hasil itu untuk diri sendiri, namun bila ingin usaha semakin berkembang, maka jauh lebih baik bila sebagian imbal hasil dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha.


Kamu bisa gunakan untuk meningkatkan penjualan dengan memperluas jangkauan promosi atau untuk berinovasi produk. Hal ini akan memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan pemasukan usaha.

4. Memisahkan Uang untuk Modal Usaha dengan Uang Pribadi


Meskipun kamu menjalankan usaha secara mandiri sebagai wirausahawan, bukan berarti harus mencampurkan uang untuk modal usaha dengan uang pribadi. Keduanya harus dipisahkan sesuai dengan fungsinya masing-masing, agar tidak menimbulkan kerancuan dalam mengelolanya.


Salah satu cara menyusun manajemen keuangan ini dengan memisahkan rekening uang untuk modal usaha dan uang pribadi. Hal ini dapat membantumu menahan diri dari mengambil uang modal usaha untuk kepentingan pribadi. Begitu pula dengan uang pribadi yang tidak semuanya digunakan untuk modal usaha.

5. Mencatat Buku Kas dengan Rapi


Arus kas usaha harus dipantau dengan baik dengan cara mencatatnya serapi mungkin dan dilakukan dengan rutin. Bila kamu kesulitan mencatat secara manual, maka bisa gunakan aplikasi catatan untuk dipasang di smartphone. Hal ini berguna untuk menentukan rencana pengeluaran usaha kedepannya.

6. Mengawasi Pengeluaran Kas


Selain mencatat, kamu harus selalu mengawasi pengeluaran kas. Pastikan pengeluaran tidak berlebihan dari anggaran yang telah ditetapkan selama periode tertentu. Kalaupun terpaksa harus melakukan pengeluaran tambahan pastikan dulu itu termasuk kebutuhan, bukan hanya keinginan semata. Agar keuangan usaha tetap rapi dan teratur.


Itulah cara menyusun manajemen keuangan yang harus diterapkan dalam membangun usaha. Dengan menerapkan berbagai tips ini, diharapkan kamu bisa mengelola keuangan usaha dengan lebih baik.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.