Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Jangan Sampai Terjadi, Begini Cara Mencegah Terjadinya Baby Blues pada Ayah

Adisti F. Soegoto
Adisti F. Soegoto
13 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Jangan Sampai Terjadi, Begini Cara Mencegah Terjadinya Baby Blues pada Ayah

Bukan superhero, ternyata seorang Ayah juga bisa mengalami baby blues, lho. Ya, Baby blues pada ayah tidak bisa dianggap enteng. Berbagai peneliitan menunjukkan depresi yang dialami ayah berhubungan dengan masalah emosi, sosial, masalah perilaku, dan masalah perkembangan pada anak. Dampak ini semakin parah ketika ayah mengalami depresi pada saat kehamilan dan setelah persalinan. 


Meski demikian, ada beberapa hal yang dapat Lemoparents lakukan untuk mencegah terjadinya baby blues pada ayah. Antara lain:


Belajar Ilmu Parenting



Menjadi Ayah bisa jadi merupakan peran baru bagi Lemodads. Ayah mungkin bingung, khawatir, deg-degan, sekaligus excited. Untungnya saat ini kita hidup di zaman yang sangat mudah untuk mendapatkan informasi. Lemodads dapat mempersiapkan diri menjadi ayah dengan banyak belajar tentang parenting, apa saja yang istri alami selama kehamilan di setiap bulannya, bagaimana cara mengasuh newborn, batita, balita, dan seterusnya. Knowledge is power!


Persiapan Keuangan

Jika Lemodads khawatir mengenai keuangan, kini saatnya membuat perencanaan yang lebih terstruktur mengenai keuangan. Diskusikan dengan pasangan kebutuhan apa saja yang perlu disiapkan mulai dari kehamilan, persalinan, sampai tumbuh kembang anak. Bagaimana memenuhi berbagai kebutuhan tersebut, apakah perlu perubahan dalam pengaturan keuangan bulanan, dan sebagainya.


Ikut Terlibat Proses Kehamilan dan Persalinan



Sejak awal kehamilan, usahakan selalu mendampingi istri saat memeriksakan kehamilan. Diskusikan juga rencana persalinan dan apa saja yang perlu dipersiapkan. Setelah anak lahir, usahakan turut terlibat dalam pengasuhan anak. Mengganti popok, menggendong setelah bayi menyusu, menidurkan, memandikan, memberi makan, dan lain sebagainya. Semua hal diatas dapat membantu Ayah menciptakan bonding dengan anak dan memperkuat ikatan antara pasangan.


(Baca Juga: Kenali Baby Blues Syndrome pada Ayah dan 21 Ciri-cirinya!)


Komunikas yang Hangat dan Terbuka dengan Pasangan

Komunikasi yang baik dengan pasangan memegang peranan penting dalam menjalani peran baru sebagai orangtua. Diskusikan bagaimana pengasuhan yang akan diterapkan, bagaimana pembagian tugas dan peran dalam mengurus anak dan rumah tangga, termasuk mengomunikasikan kekhawatiran Ayah dan mencari cara mengatasinya.


Perjalanan menjadi Ayah memang tidak mudah dan merupakan babak baru dalam kehidupan yang akan dijalani. Nikmati setiap proses dan momen yang dialami. Kelak momen dan memori tersebut akan menjadi harta yang sangat berharga bagi Lemoparents dan buah hati.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.