Jangan Sembarangan, Ini Cara Membuang Obat Kadaluarsa yang Harus Kamu Perhatikan!

27 Jul 2020 @ 00:49:33
Menyimpan stok obat di rumah memang memudahkanmu ketika sakit. Kamu tidak perlu lagi ke apotek dan bisa langsung mencarinya di kota obat. Meski demikian, perlu diingat bahwa obat juga memiliki tanggal kadaluarsa, lho. Obat yang cukup lama disimpan harus diperiksa secara fisik dan tanggal kadaluarsanya.

Dilansir dari laman Michigan Medicine, University of Michigan, obat yang sudah melewati tanggal kadaluarsa kemungkinan tidak bisa lagi berfungsi bahkan tidak aman untuk dikonsumsi. Kimberly Cimarelli dari Penn State Milton S. Hershey Medical Center pun mengatakan obat yang sudah melewati batas pemakaian tidak lagi bekerja dengan efektif, sebagaimana dilansir dari WebMD. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memeriksa tanggal kadaluwarsa obat dan membuang obat lama yang tidak layak lagi. 

Jika obat yang sudah kadaluarsa masih disimpan, risiko salah mengambil obat atau keracunan bisa saja terjadi. Nah, untuk membuang obat ini ada cara-caranya dan tidak bisa sembarangan. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 1 September 2019 sudah melaksanakan program “Buang Sampah Obat Kedaluwarsa dan Rusak” yang bertujuan mengedukasi masyarakat.

Berikut adalah beberapa cara yang tepat untuk membuat obat yang sudah kadaluwarsa agar tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab:

1. Hilangkan semua informasi pada resep obat

Menghilangkan informasi pada resep obat dilakukan untuk melindungi identitas dan kondisi kesehatan kita. Selain itu, hal ini pun penting dilakukan untuk menghindari obat dijual kembali oleh oknum dan bisa membahayakan kesehatan orang lain.

2. Hancurkan obat berbentuk kapsul dan tablet

Jika ingin membuang obat yang berbentuk tabel dan kapsul, sebaiknya hancurkan terlebih dahulu. Setelah dihancurkan, campur dengan air, tanah, atau bahan lainnya. Kemudian, simpan obat di wadah yang tertutup. Hal ini dilakukan agar obat yang kadaluarsa tidak diambil oleh orang lain.

3. Buang obat sirup ke saluran air

Jika obat berbentuk kapsul dan tabel dan hancurkan, obat sirup harus dibuang dengan cara dituang langsung ke saluran pembuangan air. Nah, untuk obat seperti antibiotik, anti jamur, dan anti virus, buang dalam kondisi masih dalam kemasan. Sebelumnya, campur obat dengan air, tanah, atau bahan-bahan lain, dan langsung tutup rapat. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan ketika kita ingin membuang obat yang sudah kadaluarsa. Ingat, cermati dengan teliti obat yang akan kamu buang. Biasanya, obat-obatan kemoterapi memiliki petunjuk pembuangan yang khusus dan lokasi untuk membuang obat tersebut. Jadi, kamu bisa mengikuti petunjuk tersebut untuk tata cara pembuangan yang tepat.

Membuang obat secara sembarangan tidak hanya akan membahayakan diri kita dan orang lain tetapi juga tidak baik untuk lingkungan. Menurut artikel yang dirilis Mahatma Ghandi Institute of Medical Science, obat yang sudah kadaluarsa masih memiliki 90 persen dari potensi aslinya. Oleh sebab itu, membuang obat dengan sembarangan akan memberikan dampak langsung terhadap lingkungan.

Jika ingin menyimpan obat di rumah, pastikan kamu menyimpannya dengan baik di tempat yang dingin, gelap, tidak lembab, dan jauh dari jangkauan anak-anak. Obat yang terpapar panas atau cahaya matahari akan berkurang fungsinya dalam melawan penyakit.

Mulai sekarang perhatikan stok obat yang ada di rumahmu, ya. Pisahkan obat-obat yang sudah kadaluarsa dan buang sesuai aturan agar lingkungan tetap sehat dan tidak membahayakan orang lain. Lakukan pemeriksaan secara berkala agar kondisi obat yang disimpan bisa terpantau.

Artikel Terkait

Baik Untuk Kesehatan, Ini 7 Manfaat Olahraga Renang yang Rutin
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat renang yang sangat baik untuk kesehatan tubuh loh!..
Rizki Indra
20 Oktober 2020
Wajib Tahu 6 manfaat bekam dan Juga Efek Sampingnya
Apakah kalian suka melakukan bekam? Inilah beberapa manfaat bekam sekaligus efek samping dari bekam..
Rizki Indra
20 Oktober 2020
Tak Melulu Jerawatan, Ini 5 Ciri Perubahan Hormon Saat Menstruasi Akan Datang
Jika kamu mengalami gejala PMS cukup berat, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter..
Shella Rafiqah Ully
20 Oktober 2020