Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Jangan Sepelekan Nutrisi untuk Ibu Menyusui, Inilah yang Dibutuhkan

Rizki Indra
Rizki Indra
31 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
Jangan Sepelekan Nutrisi untuk Ibu Menyusui, Inilah yang Dibutuhkan
Memiliki anak yang cerdas dan sehat, merupakan salah satu impian orang tua. Untuk mencapai hal ini, banyak yang dilakukan agar buah hati tumbuh sehat dan cerdas, salah satunya adalah mengonsumsi ASI dari ibu. Tahukah kamu, ASI yang diberikan ibu mempunyai segudang nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Agar ASI yang diberikan bisa bernutrisi, maka asupan nutrisi ibu menyusui juga tidak bisa diabaikan. Inilah 5 nutrisi yang harus dipenuhi para ibu menyusui.

1. Protein



Rekomendasi nutrisi ibu menyusui pertama adalah protein. Pasalnya, protein ini dibutuhkan oleh bayi untuk membentuk jaringan saraf dan otak. Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan di laboratorium menyebutkan bahwa asupan protein yang cukup dari ASI berperan penting dalam pertumbuhan otak bayi, sehingga akan mendukung kecerdasannya kelak.

Oleh karena itu, si ibu harus memperhatikan berbagai asupan makanannya agar kebutuhan protein tercapai. Makanan yang mengandung protein sendiri banyak jenisnya, misalnya saja ikan, produk olahan susu, kacang-kacangan atau biji-bijian, serta gandum utuh.

2. Lemak Sehat



Bagi ibu hamil, dianjurkan untuk menghindari lemak jahat, seperti lemak jenuh atau lemak trans saat menyusui. Hal ini karena pada lemak-lemak tersebut terdapat mentega, minyak kelapa sawit, krim, serta daging dan susu berlemak (whole milk).
 
Untuk itu, alangkah baiknya jika ibu menyusui mengkonsumsi makanan dengan lemak sehat yang mengandung omega-3. Lemak sehat bisa didapatkan dengan mengonsumsi ikan laut, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, serta minyak zaitun.

Tidak hanya berbagai makanan di atas, ibu menyusui juga dianjurkan untuk sering mengkonsumsi ikan laut. Hal ini karena dalam ikan laut mengandung protein tinggi serta omega-3, yang terdiri dari DHA dan EPA. Seperti yang kita ketahui, nutrisi ini sangat penting untuk perkembangan mata dan otak bayi, sehingga menunjang tumbuh kembangya secara umum agar kelak ia menjadi anak yang cerdas.

3. Karbohidrat Kompleks



Nutrisi yang tak kalah penting untuk dikonsumsi ibu menyusui adalah karbohidrat kompleks. Makanan seperti kacang-kacangan, gandum, sayuran, maupun buah-buahan yang mengandung karbohidrat kompleks ini bisa mencukupi kebutuhan energi selama masa menyusui.

Hal ini dikarenakan nutrisi karbohidrat kompleks yang dicerna oleh tubuh akan lebih lambat daripada karbohidrat sederhana, sehingga dapat memasok energi lebih lama dan gula darah juga akan lebih stabil.

4. Kalsium



Nutrisi yang tidak kalah penting dikonsumsi ibu menyusui untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak adalah kalsium. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika ibu menyusui mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium, seperti Susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt, juga sayuran berwarna hijau yang merupakan sumber kalsium yang baik.

Hal yang sangat penting untuk diingat dalam memilih makanan bagi ibu menyusui agar bayi tumbuh menjadi anak yang cerdas dan kuat nantinya adalah dengan memvariasikan jenis makanan yang dikonsumsi agar asupan nutrisi yang diperoleh lebih beragam.

5. Zat Besi



Nutrisi ibu menyusui yang terakhir adalah zat besi yang berperan penting dalam proses perkembangan otak bayi. Oleh karena itu, ibu menyusui sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya kandungan zat besi, seperti daging, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan gandum utuh. Selain itu, untuk membantu penyerapan zat besi ibu menyusui bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti buah dan sayur-sayuran.

Itulah lima nutrisi ibu menyusui yang harus diperhatikan. Penting bagi ibu menyusui untuk memenuhi setiap nutrisi tersebut. Dengan begitu tumbuh kembang si kecil bisa lebih optimal dan sehat! 
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.