Jarang Diketahui, 5 Manfaat Daun Kelor yang Mengatasi Penglihatan

14 Sep 2020 @ 18:31:08
Daun kelor yang memiliki nama latin Moringa oleifera merupakan tanaman yang sudah tidak asing bagi sebagian masyarakat. Pasalnya, daun kelor yang memiliki bentuk oval kecil dan bertangkai ini kerap kali dijadikan sebagai obat tradisional. Dilansir dari Heatline, daun kelor merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat kaya akan antioksidan sehat dan senyawa tanaman bioaktif. Inilah 5 manfaat daun kelor untuk kesehatan: 

1. Kaya Akan Antioksidan



Meskipun kecil, nyatanya daun kelor memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan inilah yang dapat membantu tubuh mencegah berbagai penyakit kronis yang dapat membahayakan. Pasalnya, kandungan antioksidan ini bisa melindungi tubuh dari radikal bebas yang tinggi.

Radikal bebas yang tinggi sendiri bisa meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit seperti diabetes melitus tipe 2, hingga penyakit jantung. Untuk itu, tidak ada salahnya jika daun kelor dijadikan lalapan untuk mendapatkan manfaatnya yang satu ini.

2. Mengatasi Infeksi Bakteri



Manfaat dari daun kelor selanjutnya adalah bisa mengatasi infeksi. Bakteri yang masuk ke dalam tubuh, bisa mengganggu kesehatan tubuh. Bahkan tidak jarang mendatangkan berbagai penyakit membahayakan bagi tubuh. Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwasanya daun kelor juga dipercaya sebagai tanaman yang mengandung senyawa antimikroba.

Mengkonsumsi ekstrak daun kelor dipercaya dapat membantu meredakan infeksi yang terjadi akibat bakteri. Selain itu, kandungan antimikroba yang terdapat di dalamnya juga bisa membantu memusnahkan bakteri, terutama bakteri berjenis gram positif.

3. Baik untuk Anak yang Malnutrisi



Manfaat daun kelor yang sudah banyak diketahui masyarakat adalah kemampuannya yang dapat membantu meningkatkan berat badan pada anak-anak yang malnutrisi. Untuk mendapatkan manfaat ini, orangtua bisa menambahkan bubuk kelor pada makanan anak selama dua bulan secara teratur.

Meskipun begitu, jangan sering-sering memberikan olahan daun ini pada anak. Orangtua harus memperhatikan efek samping yang akan terjadi di kemudian hari. Untuk itu, tidak ada salahnya jika orangtua mendiskusikannya terlebih dulu kepada dokter.

4. Membantu Mengatasi Kanker



Siapa sangka jika si kecil ini ternyata memiliki kemampuan untuk memperlambat pertumbuhan kanker. Seperti yang kita ketahui, kanker merupakan salah satu penyakit membahayakan yang masih diteliti obat untuk mengatasinya. Penyakit ini juga menyerang berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia pun bisa terkena kanker.

Manfaat daun kelor yang ditawarkan dalam hal ini adalah kemampuannya yang bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker. Sehingga tidak heran lagi jika daun kelor berguna untuk membantu pengobatan kemoterapi lebih efektif. 

5. Mengatasi Penglihatan


Manfaat dari daun kelor yang terakhir adalah untuk penglihatan. Daun berwarna hijau ini memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai penyakit yang terkait dengan kesehatan mata. Mungkin bagi sebagian orang akan terasa asing dengan manfaat daun kelor yang ini. Karena banyak masyarakat yang hanya menganggap jika kelor berguna untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak saja.

Padahal, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ternyata daun kelor dapat membantu menyehatkan mata. Tidak hanya menyehatkan mata, nyatanya daun kelor juga bisa mencegah pelebaran pembuluh retina, penebalan membran kapiler, dan menghambat kerusakan pada retina.

Itulah kelima manfaat daun kelor yang harus kamu ketahui. Dengan berbagai manfaat untuk kesehatan tersebut, jangan ragu untuk mulai mengkonsumsi daun kelor secara rutin. Kamu bisa menambahkan daun kelor pada menu makanan sehari-hari kamu agar manfaatnya bisa kamu rasakan. 

Artikel Terkait

Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah Fakta 6 Manfaat Daun Bidara Yang Harus Diketahui
Inilah berbagai manfaat daun bidara yang harus kamu tahu untuk kecantikan dan kesehatan tubuh..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah 7 Manfaat Daun Binahong, Salah Satunya Percepat Penyembuhan Luka
Ada banyak sekali manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menyembuhkan luka..
Rizki Indra
17 September 2020