Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Susu untuk Perawatan Rambut

Salah satu jenis asupan yang dikenal baik untuk kesehatan tubuh adalah susu. Namun, tahukah kamu, dibalik rasanya yang nikmat dan kandungannya yang baik, manfaat susu bagi rambut juga bisa kita dapatkan. Di dalam susu terkandung banyak sekali senyawa dan mineral baik untuk tubuh. Mulai dari kalsium, protein, mineral, sampai dengan vitamin.

Berbagai kandungan senyawa itulah yang membuat susu sangat baik untuk digunakan dan dikonsumsi. Agar mendapatkan hasil dengan optimal dan baik, kamu bisa membilas rambut dengan susu atau mengolahnya sebagai masker untuk perawatan rambut. Berikut merupakan informasi mengenai manfaat dari susu untuk kesehatan rambut, diantaranya:

1. Mengatasi Rambut Kering

Ternyata, susu tak hanya baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang juga tubuh. Lebih dari itu, minuman ini dapat pula bantu mengatasi rambut kering. Cara untuk mendapatkan manfaatnya yang satu ini adalah dengan membuat masker susu, dengan langkah sebagai berikut:

  • Campurkan susu dan bahan lainnya seperti minyak zaitun, madu, atau pisang secukupnya.
  • Aplikasikan campuran tersebut pada seluruh rambut hingga kulit kepala.
  • Diamkan selama sekitar satu jam, kemudian bilas hingga bersih.

2. Melembapkan Rambut

Tak hanya itu, susu juga dapat menggantikan peranan dari kondisioner untuk menjaga kelembaban rambut. Cara untuk mendapatkan manfaat satu ini memang sedikit berbeda dengan kondisioner yang biasanya rambut tidak harus dibilas setelah penggunaanya. Berikut caranya:

  • Semprotkan susu pada rambut sembari disisir lembut saat setelah keramas.
  • Diamkan sekitar 30 menit.
  • Kemudian bilas kembali menggunakan air bersih.

3. Rambut Berkilau

Susu juga bermanfaat untuk menimbulkan kilauan pada rambut. Dengan menggunakan susu sebagai kondisioner ini dapat membuat rambut kita lebih berkilau, lebih halus, lembut, mudah diatur juga terlihat lebih bersinar nantinya.

4. Meluruskan Rambut

Manfaat lainnya dari susu untuk rambut adalah dapat membantu meluruskan rambut. Bahan ini lebih alami sehingga dapat meminimalisir risiko terjadinya kerusakan rambut, mengingat penggunaan catokan yang terlalu sering dan berlebihan pun tidak baik. Selain itu, ramuan pelurus rambut dengan bahan susu ini terbilang lebih ekonomis. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Campurkan susu dengan bahan seperti stroberi, madu, juga pisang. Perlu diketahui, bahwa selain sebagai penambah aroma, bahan tersebut juga berperan pada pertumbuhan nutrisi rambut.
  • Kemudian, masukkan cairan tersebut ke dalam botol spray.
  • Semprotkan ramuan ke rambut sambil terus menyisir ataupun menarik rambut.
  • Lakukan hal tersebut sekitar 20 hingga 30 menit.

Selain menjadikan susu sebagai kondisioner atau membilas rambut dengan susu, beragam manfaat bisa kamu dapatkan dengan berendam atau mandi air susu sehingga mendapat dua manfaat sekaligus, yaitu kesehatan kulit serta rambut. Caranya adalah dengan mencampurkan dua ataupun tiga gelas susu ke dalam air yang akan kita gunakan untuk mandi, juga dapat ditambahkan minyak esensial sebagai aromatherapy.

Itulah informasi mengenai berbagai manfaat susu untuk rambut yang bisa kamu ikuti di rumah. Ternyata, bahan-bahan alami yang biasa kamu konsumsi juga dapat membawa sejumlah dampak baik bagi kulit serta rambut, ya. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba cara ini ya, Lemonizen!

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami