Jarang Diketahui, Inilah 5 Manfaat Gula Batu

Sebagian besar makanan maupun minuman tentu tidak lepas dari pemanis satu ini. Meskipun menimbulkan beberapa risiko seperti obesitas dan diabetes jika dikonsumsi berlebihan, namun terdapat berbagai manfaat gula batu yang jarang diketahui banyak orang. Diantaranya bahkan menyumbangkan nutrisi kepada tubuh. 
Gula batu adalah hasil kristalisasi dari larutan gula jenuh yang kemudian dipadatkan hingga mengeras. Di dalamnya terkandung karbohidrat dalam bentuk sukrosa dengan jumlah 99,70 gram per 100 g. Keberadaannya memberikan banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya seperti:

1. Sumber Energi Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa di dalam gula batu terkandung karbohidrat dalam bentuk sukrosa. Salah satu jenis makronutrien tersebut telah dikenal mampu menyumbangkan energi bagi tubuh. Ketika seseorang mengonsumsi pemanis ini, maka keberadaannya diubah menjadi glikogen.
Glikogen tersebut kemudian akan disimpan pada otot yang berfungsi untuk menyumbangkan energi bagi tubuh agar dapat melakukan berbagai aktivitas. Selain itu, keberadaannya juga bisa ditemukan di hati yang berguna ketika dibutuhkan oleh jaringan lain.

2. Meredakan Stres

Menyeduh teh yang ditambahkan dengan pemanis satu ternyata mampu meredakan stres. Hal tersebut dikarenakan gula memiliki kemampuan untuk merangsang hormon bahagia di dalam tubuh atau biasa disebut dopamine, sehingga bisa memunculkan perasaan senang serta menurunkan ketegangan otak.
banner consideration promotion bg blue
Pemanis satu ini memang bisa digunakan sebagai penambah rasa manis pada setiap makanan maupun minuman. Tak jarang juga gula batu ditambahkan ke dalam es krim maupun coklat sebagai bahan dasarnya. Oleh sebab itu, ketika mood sedang tidak baik, dianjurkan untuk mengonsumsi salah satunya.

3. Meredakan Nyeri Haid

Sebagian besar perempuan mengalami nyeri pada saat menjelang atau ketika haid sedang berlangsung. Hal ini terjadi karena adanya kontraksi otot pada rahim yang dipicu oleh hormon prostaglandin. Produksi zat tersebut akan semakin meningkat ketika seseorang hampir memasuki masa menstruasi.
Maka tak heran jika terkadang banyak perempuan yang mengeluh tentang nyeri haid. Namun, kini tidak perlu khawatir, kram saat menstruasi dapat diatasi dengan menyeduh teh hangat disertai tambahan manfaat gula batu. Kandungan flavonoid dalam minuman tersebut mampu meredakan sakit ketika sedang mens.

4. Solusi bagi Penderita Darah Rendah

Darah rendah memang membuat sebagian orang sulit untuk melakukan berbagai aktivitas. Pasalnya, setiap kali kambuh, maka seseorang dapat menjadi lemas. Hal ini dikarenakan berkurangnya energi di dalam tubuh yang berfungsi membantu memompa atau meningkatkan variabilitas tekanan.
Ketika mengonsumsi pemanis tersebut, maka glikogen di hati akan ditransfer menuju hipotalamus. Kinerja salah satu bagian dari otak ini berfungsi untuk mempengaruhi kecepatan denyut jantung serta dapat meningkatkan tekanan darah sehingga tubuh tetap bisa beraktivitas dengan optimal.

5. Menyembuhkan Luka

Penyembuhan luka menggunakan gula batu ternyata telah ada sejak 1700 SM yang dimanfaatkan oleh para tabib di Mesir. Keberadaannya bersifat sebagai antimikroba sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri pada luka dan mencegah terjadinya pembengkakan.
Sebelum menggunakan, pastikan pendarahan pada luka telah berhenti selama lebih dari 24 jam lalu letakkan gula batu di atasnya. Namun, cara pengobatan satu ini juga perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar bisa menghindari kondisi yang semakin parah.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah beberapa ulasan mengenai manfaat gula batu yang jarang diketahui. Pemanis satu ini menyimpan banyak sekali khasiat jika dikonsumsi ataupun digunakan untuk mengobati tubuh. Namun ingat, penggunaannya tetap tidak boleh berlebihan.
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami