Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Jarang Diketahui Khasiat Bawang Dayak yang Mujarab

Rizki Indra
Rizki Indra
26 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
Jarang Diketahui Khasiat Bawang Dayak yang Mujarab
Bawang dayak, bawang hantu, bawang sabrang, merupakan sebutan umum yang biasanya digunakan oleh masyarakat untuk umbi dengan nama latin Eleutherine palmifolia (L.)Merr.  Selain mudah ditemukan di dapur, nyatanya bawang dayak ini memiliki segudang khasiat untuk tubuh. Apa saja manfaat dan khasiat bawang dayak yang mujarab untuk tubuh?

1. Antimikroba untuk Kulit



Masyarakat lokal daerah Kalimantan Tengah sering menggunakan bawang dayak ini sebagai obat bisul alami. Nyatanya, hal ini memang sudah terbukti oleh penelitian yang dilakukan untuk melihat aktivitas antimikroba dari umbi bawang dayak terhadap Staphylococcus  aureus dan Trichophyton rubrum, yang merupakan mikroba kulit. 

Untuk itu, tidak salah memang jika masyarakat Kalimantan dulu suka menggunakan bawang dayak ini sebagai obat alami untuk mengatasi kulit gatal karena mikroba. Mereka cukup mengoleskan ekstrak bawang dayak di kulit yang tergigit oleh serangga maupun terkena bakteri sehingga menimbulkan ruam merah maupun gatal.

2. Menurunkan Kolesterol



Manfaat bawang dayak selanjutnya adalah menurunkan kolesterol dalam tubuh. seperti yang kita ketahui, kadar kolesterol dalam darah yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga stroke. Oleh karena itu, tubuh harus mendapatkan asupan nutrisi yang baik untuk mencegah tingginya kadar kolesterol dalam darah. 

Sebuah penelitian telah dilakukan untuk menguji klaim khasiat bawang dayak sebagai penurun kolesterol ini. Penelitian ini diuji cobakan pada tikus jantan putih di laboratorium yang diberikan dosis 200 mg per kilogram berat badan, mengalami penurunan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL, sementara tidak terjadi penurunan kolesterol HDL.

3. Menurunkan Diabetes



Khasiat bawang dayak selanjutnya juga bisa dirasakan bagi para penderita diabetes. Kandungan senyawa alkaloid, saponin, tanin, fenolik, dan flavonoid yang ditemukan dalam bawang dayang diduga mampu berpotensi sebagai antidiabetes. Penelitian ini diujicobakan terhadap tikus putih jantan yang mengalami obesitas dan mengidap penyakit diabetes tipe 2.

Percobaan ilmiah ini menunjukkan bahwa tikus jantan yang diberikan ekstrak umbi bawang dayang dengan dosis 500 mg per kilogram berat badan pada tikus, efektif dalam menurunkan kadar glukosa dalam darah tikus jantan pengidap diabetes.

4. Mencegah Kanker Serviks



Khasiat dari bawang dayak selanjutnya adalah mencegah kanker serviks, seperti yang sudah ditujukan berdasarkan riset dari Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Hasil riset tersebut menunjukkan bahwa ekstrak bawang dayak mampu menurunkan tingkat ekspresi Cyclin-E sel kanker serviks uteri Hela secara signifikan.
Keluarnya hasil riset ini tentunya akan menjadi kabar gembira bagi para penderita kanker serviks karena telah ditemukan obat alaminya yang mudah didapatkan. 

Meskipun demikian, kamu tidak boleh serta merta menggunakan bawang dayak ini sembarangan pada penderita kanker serviks. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter karena imun tiap orang berbeda, sehingga diperlukan pemeriksaan dan pengawasan ahli jika ingin mengkonsumsi bawang dayak ini. 

5. Obat Alami Sakit Perut



Khasiat bawang dayak yang terakhir diperoleh dari kandungan tanin yang ditemukan di dalamnya. Tanin sendiri, mampu mengurangi gas yang ada di saluran pencernaan, mengatasi masalah konstipasi atau sembelit, dan juga meredakan perut kembung. Sehingga dalam hal ini, bawang dayak bermanfaat sebagai obat alami mengatasi masalah pencernaan.

Itulah lima khasiat bawang dayak yang sayang untuk dilewatkan. Dengan berbagai manfaat tersebut, tidak heran jika bawang dayak ini mulai dilirik sebagai obat herbal yang mujarab untuk berbagai keluhan penyakit. 
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.