Jarang Diketahui Manfaat Ciplukan Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Salah satu jenis buah yang sangat mudah untuk dijumpai di sekitar kita adalah buah ciplukan. Ciplukan merupakan salah satu buah yang mudah dijumpai di pekarangan rumah warga. Buah yang memiliki warna orange, mirip dengan tomat ini memang terdengar asing bagi sebagian orang. Buah yang serupa tomat, namun memiliki bentuk yang jauh lebih kecil. Jika dibandingkan dengan tomat, buah ciplukan ternyata juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.  Apa saja manfaat ciplukan bagi kesehatan tubuh? banner consideration shipping bg blue

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat ciplukan yang pertama bisa dirasakan oleh penderita kolesterol tinggi. Tingginya kadar kolesterol dalam darah seringkali menjadi faktor utama terjadinya hipertensi dan penyakit jantung. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika penderita kolesterol disarankan untuk menjaga asupan makanannya agar kolesterol jahat tidak melonjak tinggi.
Dalam hal ini, buah ciplukan bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pasalnya, di dalam buah ciplukan terkandung asam oleat dan linoleat yang terbukti ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). 

2. Membantu Program Diet

Buah ciplukan merupakan salah satu makanan yang berkalori rendah. Hanya terdapat sekitar 53 kalori per 100 gramnya. Sedangkan kunci utama orang yang ingin berhasil dalam program dietnya adalah dengan mengurangi jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. 
Meskipun berkalori rendah, buah ini mengandung nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh. Buah ciplukan juga mengandung banyak serat yang membuat perut lebih tahan lama merasakan lapar. Sehingga aman jika kamu menjadikan buah ini sebagai camilan di saat program diet untuk menurunkan berat badan.

3. Kaya Akan Antioksidan

Manfaat ciplukan selanjutnya didapatkan dari jumlah antioksidan di dalamnya yang tinggi. Kandungan antioksidan dalam buah ciplukan dipercaya mampu membantu mencegah kerusakan sel tubuh akibat paparan radikal bebas berlebih. Paparan radikal bebas berlebih inilah yang sering dikaitkan dengan penuaan dini serta risiko penyakit kanker.
banner consideration promotion bg blue
Zat antioksidan yang terkandung dalam buah ciplukan seperti karotenoid dan polifenol mampu menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini juga sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa kombinasi karotenoid dan polifenol yang terkandung dalam buah ciplukan mampu menghentikan penyebaran berbagai jenis kanker.

4. Menjaga Kesehatan Hati dan Ginjal

Siapa sangka jika buah ciplukan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati dan ginjal? Hal ini erat kaitannya dengan salah satu senyawa antibakteri dalam buah ciplukan. Senyawa anti bakteri ini diduga mampu mempromosikan degradasi dan penyerapan fibrosis hati.
Selain itu, senyawa antibakteri yang ada di dalam buah ciplukan juga mampu menyingkirkan kelebihan lemak, garam maupun racun dari sistem limfatik. Tidak hanya itu, mengonsumsi buah ciplukan ini juga dipercaya mampu meningkatkan kesehatan ginjal dengan mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.

5. Memperbaiki Sel Tubuh

Di dalam buah ciplukan terdapat senyawa withanolides, yang mungkin masih jarang dalam diskusi makanan kesehatan. Karena senyawa ini memang jarang ditemukan dalam tumbuhan maupun makanan. Senyawa yang termasuk bioaktif steroid ini termasuk zat antioksidan yang bersifat anti-inflamasi.
Senyawa organik yang terdapat di dalam buah ciplukan ini mampu merangsang terjadinya apoptosis atau kematian sel terprogram sehingga dapat menghilangkan sel yang tidak diinginkan dan meminimalisir jumlah sel yang terlalu banyak, termasuk sel yang berbahaya bagi tubuh seperti sel kanker.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah kelima manfaat ciplukan bagi kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan khasiat dari buah ciplukan, kamu bisa mengkonsumsi buah ini dalam bentuk yang mudah dijumpai seperi suplemen. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami