Jenis & Manfaat Madu Yaman Yang Tersohor

29 Apr 2020 @ 20:38:56
Madu menjadi salah satu suplemen yang banyak sekali dikonsumsi karena khasiatnya. Namun, diantara banyak jenis madu yang dikenal secara umum, masih banyak orang yang tidak tahu, jika madu yaman adalah madu terbaik dan termahal di dunia. Madu jenis ini memiliki tipe yang beragam, juga segudang khasiat.

Peternak madu jenis ini masih menggunakan cara-cara tradisional dalam pengambilannya. Selain itu, madu jenis Yaman ini berada di daerah pegunungan yang masih alami dengan medan yang cukup sulit jangkauannya. Berikut ini beberapa jenis madu yaman dan manfaatnya yang tersohor:

1. Madu Sidr



Madu Sidr termasuk dalam jenis madu yang paling mahal di dunia. Hal ini berdasarkan penelitian dari pakar lebah Beekeeping Gatton University Australia, Dr Mochamad Chandra Widjaja. Madu Sidr memiliki harga yang fantastis dikarenakan madu jenis ini hanya diproduksi dalam waktu dua kali dalam satu tahun.

Madu jenis sidr ini mempunyai banyak jenis. Di Indonesia sendiri, madu sidr yang lebih banyak dikenal yaitu sidr baghiyah/ bughyah. Madu sidr baghiyah ini sendiri diklasifikasikan menjadi empat. Pertama, adalah jenis madu sidr fakhir. Madu ini berasal dari sidr liar yang didapatkan dari gua-gua pada lembah daw’an. Madu sidr fakhir ini, tergolong kelas tertinggi dari semua jenis madu sidr Yaman.

Kemudian jenis madu sidr kedua adalah sidr malaki. Madu sidr malaki berasal dari madu ternak. Didapatkan pada panen terakhir pada musim madu ternak. Madu jenis ini lebih jernih dibandingkan madu yang lainnya. Selain itu, aromanya lebih harum dibanding dengan madu sidr kelas bawahnya.

Jenis ketiga adalah madu sidr grade 1. Memiliki warna yang sedikit lebih gelap dibandingkan dengan madu sidr malaki. Namun, jika dicermati dari rasanya, keduanya sekilas tidak ada bedanya. Madu jenis ini diambil pada musim kedua dari panen madu sidr biasanya.

Jenis madu sidr yang terakhir adalah madu sidr grade 2. Berbeda dengan grade 1, madu pada grade 2 ini diambil pada musim pertama dari panen madu sidr. Pada panennya, berada pada musim mara’i sehingga ada kemungkinan bercampur dengan lebah penghisap pohon sidr maupun pohon syaisabanah (mara’i). Sehingga digolongkan menjadi grade paling rendah dalam tingkatan jenis madu sidr.

2. Madu Sumroh



Madu Sumroh disebut juga dengan sebutan sumur/sumar/sumrah. Madu jenis ini berasal dari wadi du’an yang menghisap nektar dari pohon sumrah, oleh karena itu dinamakan demikian. Memiliki warna yang paling pekat di antara jenis madu yang lainnya, madu ini memiliki rasa yang kuat.

Madu jenis ini diklasifikasikan menjadi dua jenis. Pertama, sumroh fakir. Madu sumroh fakir memiliki warna lebih terang dibanding dengan gradi di bawahnya. Teksturnya lebih kental dan tidak lebih manis dari madu sumroh jenis ternak.

Sementara yang kedua adalah madu sumroh biasa atau ternak. Berbeda dengan sumroh fakir, madu jenis ini memiliki warna sangat gelap dengan rasa yang manis pekat. Tekstur yang dimiliki nya juga tidak begitu kental.

3. Madu Mara'i



Madu jenis ini berasal dari nektar pohon yang bernama saisabanah. Biasanya dikonsumsi warga Yaman dalam makanan sehari-hari mereka. Madu Mara’i diklasifikasikan dalam dua jenis, yaitu mara’i fakhir dan marai ternak.

4. Madu Marba'i



Madu jenis ini dikenal juga dengan sidr Shoify yang berarti musim panas. Madu jenis marba’i ini sangat langka. Hal ini dikarenakan ketika musim panas pada bulan ke-enam.Madu jenis ini memiliki rasa yang khas. Yaitu sensasi rasa seperti ada kegosong-gosongannya dengan warna yang sedikit gelap. Tekstur madu marba’i ini sangat kental. Meskipun tergolong langka, ternyata madu ini memiliki banyak peminat.

Itulah beberapa jenis madu yaman dan manfaatnya yang tersohor dan bisa dikonsumsi secara rutin agar tubuh selalu fit dan sehat. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020