Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Jenis Pisang dan Cara Pengolahannya Berbeda Ulas Lengkap di Sini

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Banyak jenis pisang yang enak wajib dicoba.
Pisang seringkali dijumpai di setiap musim di Indonesia. Bahkan terdapat sekitar 246 jenis pisang yang bisa kamu konsumsi baik secara langsung maupun mengolahnya menjadi berbagai cemilan. Selain rasanya yang enak, kandungan nutrisi tinggi yang ada dalam pisang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, kamu mungkin belum tahu, ternyata setiap jenis pisang cara pengolahannya berbeda. Bagaimana cara pengolahannya? Simak ulasan berikut:

1. Pisang Raja, Manis dan Aromanya Harum



Rajanya buah pisang ini merupakan jenis pisang lokal dengan rasa khas dan nilai jual tinggi. Karakteristik Pisang raja memiliki ukuran sedang, kulit buah tebal dan berwarna kuning hampir jingga saat sudah matang dengan sedikit corak kehitaman dan rasa khasnya sangat manis serta memiliki aroma yang harum. Selain enak untuk dimakan secara langsung, cara pengolahannya dapat dijadikan kue bolu, kue tradisional nagasari, dan bahan utama makanan khas makassar es pisang ijo.

2. Pisang Cavendish, Tekstur Daging Buahnya Lembut



Pisang cavendish termasuk jenis pisang yang menjadi komoditas ekspor dengan nilai jual yang tinggi. Ini karena buahnya dengan bentuk melengkung, memiliki panjang sekitar 14-15 cm, kulit buah berwarna kuning mulus dan bersih saat sudah matang menjadikan banyak anggapan bahwa pisang ini merupakan produk impor dari luar negeri. Padahal Pisang Cavendish adalah produk asli Indonesia yang budidaya terbesarnya berada di Lampung.

Pisang Cavendish dikenal memiliki tekstur khas daging buah yang lembut, padat, dan memiliki citarasa sedikit asam. Buah ini cocok dikonsumsi secara langsung dan diolah dengan cara digoreng atau dikukus.

3. Pisang Susu, Ukuran yang Paling Kecil



Sekilas pisang susu memiliki tekstur yang mirip dengan pisang cavendish. Namun, pisang yang menjadi kegemaran balita dan anak-anak ini memiliki ukuran yang paling kecil dari semua jenis pisang lainnya. Memiliki ciri kulit buah tipis, berwarna kuning cerah dan berbintik coklat kehitaman, dan bentuk buahnya melengkung tanpa siku. Sementara citarasa pisang susu ini daging buahnya putih, manis, dan terdapat sensasi creamy layaknya susu. Enak untuk dimakan secara langsung dan dapat diolah menjadi beberapa camilan seperti pisang keju susu, pisang kress vla susu, dan dadar gulung pisang coklat.

4. Pisang Ambon, Berwarna Kuning Segar dan Beraroma Harum



Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan pisang ambon. Pisang ini memang banyak dijumpai di pasar maupun supermarket dengan harga yang murah. Pisang ambon memiliki tekstur daging buah yang lembut dan pulen kuning pucat kemerahan. Karena tekstur inilah yang menjadikan pisang ini dapat dikonsumsi semua orang, baik orang dewasa maupun anak-anak. Buah ini juga bisa langsung dikonsumsi dan dapat diolah menjadi kue bolu pisang, keripik pisang, dan pancake pisang.

5. Pisang Kepok, Teksturnya Lembut dan Pulen



Pisang kepok identik dengan bentuk yang paling lebar dan ukurannya pendek pipih. Daging buahnya berwarna kuning hampir jingga, teksturnya lembut dan pulen saat dimakan.  Pisang kepok terdapat dua jenis, yaitu kepok kuning dan kepok putih. Kepok putih memiliki tekstur daging buah lebih keras dan rasanya sepat, sehingga sering digunakan untuk pakan burung. Sedangkan kepok kuning termasuk dalam jenis pisang yang harus diolah sebelum dimakan. Cara mengolahnya bisa untuk diolah menjadi pisang goreng tepung, dikukus, atau dibakar, kolak dan keripik.

Nah, demikian jenis pisang dan cara pengolahannya. Sekarang jangan sampai salah saat akan mengolah pisang jenis tertentu ya.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.