Jenis Vitamin B Kompleks & Beragam Manfaatnya

13 Mei 2020 @ 17:39:32
Diantara berbagai jenis vitamin yang diperlukan oleh tubuh, salah satunya adalah Vitamin B kompleks. Jenis vitamin ini adalah kumpulan 8 vitamin B yang memiliki fungsi dan manfaat untuk kinerja tubuh. biasanya 8 vitamin ini sudah terkandung di dalam makanan yang sama. Jadi, sebagian orang sudah mendapatkan asupan yang cukup di dalam makanan sehatnya.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan seseorang untuk kekurangan asupan vitamin B ini. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan jenis vitamin B ini, seseorang harus mengkonsumsi suplemen penambah vitamin B. Berikut adalah beberapa jenis vitamin B kompleks dan manfaatnya untuk tubuh.

1. Vitamin B1



Jenis vitamin yang pertama adalah Vitamin B1. Jenis Vitamin B1 memiliki fungsi memecah gula dari makanan menjadi energi. Tidak hanya itu saja, jenis vitamin B1 juga memiliki fungsi untuk membantu produksi dari neurotransmitter atau yang merupakan senyawa kimiawi otak. Selain itu, dapat pula membantu pembuatan asam lemak serta mensintesis beberapa hormon.

2. Vitamin B2

Kemudian, jenis vitamin selanjutnya adalah B2. Fungsi utama vitamin B2 adalah memproduksi energi dan kesehatan mata serta kulit. Tidak hanya itu, vitamin ini juga membantu tubuh memetabolisme lemak, hormone steroid serta obat-obatan. Vitamin ini juga berfungsi membantu memproses vitamin B lainnya.

3. Vitamin B3

Jenis vitamin yang ketiga adalah B3. Vitamin B3 memiliki fungsi yang paling penting bagi tubuh. vitamin B3 membantu mengubah karbohidrat, lemak dan protein menjadi energi untuk tubuh.

4. Vitamin B5



Vitamin B5 ini dikenal juga dengan sebutan asam pantotenat yang berfungsi untuk memproduksi koenzim serta sel darah merah. Vitamin B5 yang terkandung di dalam vitamin B ini diedarkan oleh sel darah merah yang berperan dalam proses energi dan metabolisme.

5. Vitamin B6

Jenis vitamin yang selanjutnya adalah vitamin B6. Jenis vitamin B6 ini memiliki peran untuk dapat membantu tubuh dalam proses metabolisme yang dilakukan oleh asam amino. Salah satu jenis dari vitamin ini juga berperan dalam pemecahan karbohidrat dan lemak. Serta perkembangan otak dan juga sistem imun. 

6. Vitamin B7

Vitamin B7 memiliki nama lain yaitu biotin. Vitamin B7 digunakan oleh produsen produk kecantikan untuk dibuat suplemen rambut, kuku dan kulit. Selain itu fungsi lainnya untuk pemecahan lemak, protein dan karbohidrat. Membantu komunikasi antar sel di tubuh serta mengatur DNA.

7. Vitamin B9



Fungsi vitamin B9 dalam perkembangan janin adalah membantu dalam replikasi DNA, metabolism vitamin serta metabolisme asam amino. Vitamin ini berperan pula dalam pembentukan sel darah merah serta perkembangan sistem saraf janin bagi ibu hamil. Vitamin ini dikenal juga dengan folat. Vitamin ini sangat penting untuk ibu hamil dan perkembangan janin, sehingga dokter kandungan biasanya menyarankan untuk mengkonsumsi vitamin B9 bagi ibu hamil.

8. Vitamin B12

Vitamin B12 berfungsi untuk memproduksi sel darah merah, sintesis DNA serta fungsi otak dan sistem saraf. Vitamin ini berperan penting dalam metabolism protein dan juga lemak. Vitamin ini memiliki nama lain yaitu cobalamin. Ini dikarenakan vitamin ini mengandung mineral yang disebut cobalt.

Itulah 8 jenis dari vitamin B yang kompleks yang sangat diperlukan oleh tubuh.  Setiap jenis dari vitamin B kompleks tersebut memiliki fungsi dan manfaatnya tersendiri untuk tubuh. Dengan berbagai manfaat yang telah disebutkan tadi, untuk kesehatan tubuh yang terjaga dan tetap fit, jangan lupa senantiasa mengkonsumsi vitamin ini dengan rutin ya!

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020