Jika Kamu Melakukan 4 Hal Ini, Kamu Dekat Sekali Dengan Depresi Lho!

06 Sep 2018 @ 12:16:54
Menurut WHO (World Health Organization), penyakit gangguan kejiwaan merupakan salah satu penyakit penyebab kematian terbesar di dunia. Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan kejiwaan adalah kondisi jiwa yang depresi. Dalam keadaan depresi seperti ini, otak seseorang tidak mampu untuk bekerja dan menanggapi situasi dan kondisi sekitarnya sebagaimana mestinya. 

Banyak orang menganggap bahwa depresi disebabkan oleh tekanan hidup, kesenjangan ekonomi, atau sibuknya waktu kerja semata. Padahal, kebiasaan tak sehat yang kamu lakukan setiap hari bisa saja berdampak pada munculnya depresi yang berujung pada gangguan kejiwaan. Walaupun terkesan nikmat dan enak, ternyata kegiatan berikut ini merupakan 'jebakan' yang buat kamu rentan depresi. 

1. Tidak Sering Mengonsumsi Makanan yang Baik Untuk Otak

Tidak Sering Mengonsumsi Makanan yang Baik Untuk Otak

Sebenarnya, salah satu aktivitas yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan otak adalah memberikan otak makanan yang sesuai. Menurut para ahli, kesehatan otak bisa ditunjang jika seseorang mengonsumsi asam lemak omega 3 (omega 3 fatty acids) yang bantu membentuk susunan sel-sel di dalam otak. Asam lemak omega 3 dapat ditemukan dalam salmon, kerang, cod liver oil, flax seeds, chia seeds, dan kenari (walnuts).

2. Lebih Senang Tidur-Tiduran Di Rumah Daripada Melakukan Olahraga

Lebih Senang Tidur-Tiduran Di Rumah Daripada Melakukan Olahraga

Tentunya, enak sekali kalau bisa tidur-tiduran atau duduk seharian sambil nonton tv dan ngemil, bukan? Hati-hati, hal ini bisa memicu depresi dalam tubuhmu. Penelitian menyebutkan bahwa tubuh yang tidak aktif bergerak akan lebih mudah depresi karena hormon dopamin dan serotonin yang membuat jiwa lebih senang tersendat produksinya. Lebih lanjut lagi, depresi juga mendorong orang untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan sehingga obesitas menjadi gangguan kesehatan lainnya. 

3. Terlalu Sering Menghindari Sinar Matahari, Utamanya Sinar Matahari Pagi

Lebih Senang Tidur-Tiduran Di Rumah Daripada Melakukan Olahraga

Sinar matahari, walaupun panas, mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, terutama sinar matahari pagi. Sinar matahari menjadi alarm yang pas untuk kamu bangun tidur dan menghindari kebiasaan snoozing yang justru merusak jam tidurmu. Jam tidur yang rusak bisa mengganggu kejiwaan dan membuat kamu rentan depresi. Selain itu, sinar matahari diketahui mampu mengaktifkan produksi serotonin dalam tubuh yang memberikan mood senang dan gembira ketika pagi hari.

4. Terlalu Banyak Makan Makanan Manis dan Berkarbohidrat Tinggi

Terlalu Banyak Makan Makanan Manis dan Berkarbohidrat Tinggi

Makan makanan yang manis dan tinggi karbohidrat tentu menyenangkan. Selain dapat memberikan rasa yang nikmat pada lidah, makanan manis dan tinggi karbohidrat juga ternyata memberikan dampak yang tidak baik pada otak. Penelitian oleh CBC News menyebutkan bahwa makanan manis dan tinggi karbohidrat merusak susunan sel-sel di otak sehingga berdampak pada kemampuan berpikir dan kemampuan untuk merespon situasi dan keadaan di sekitar. Jika ingin ngemil, cobalah ngemil sayuran atau buah-buahan yang kaya akan vitamin yang bantu jaga susunan sel-sel di otak dan memaksimalkan produksi hormon. 

Kebiasaan mana yang masih kamu lakukan, Lemonizen?


Artikel Terkait

Stunting itu Berbahaya Lho, Bunda! Kenali Gejala, Bahaya, dan Penanganannya Sejak Dini!
Pernah nggak sih Bunda ngelihat anak-anak yang tingginya kurang? Di beberapa daerah, anak-anak seperti ini ser..
Andesma. W
18 Oktober 2018
Sering Stuck dan Telat Mikir? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya!
Stuck dan telat mikir seringkali mengganggu aktivitas ya, guys? Ketika pekerjaan lagi banyak-banyaknya, otak kamu m..
OT Handoko
17 Oktober 2018
Lebih Dekat Dengan Abigail Cantika & Kebiasaan Sehatnya
Sebagai tech-based healthy lifestyle brand, tidak ada kata bosan untuk Lemonilo dalam memberikan edukasi dan membentuk h..
OT Handoko
17 Oktober 2018