Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Jika Orang Tua Pendek, Bisakah Anak Tumbuh Tinggi? #CurhatSehat

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
07 Jan 2021
Clock Icon
4 menit
Curhat sehat
Hai Lemonizen, selamat datang di #CurhatSehat bersama Lemonilo. #CurhatSehat adalah ruang di mana kamu bisa menanyakan semua masalah kesehatan yang kamu alami dan nantinya akan dijawab langsung oleh Tim Dokter Mamanesia (dr. Pritta Diyanti).
banner consideration shipping bg blue

#CurhatSehat edisi kali ini, Lemonilo memilih satu pertanyaan dari Lemonizen yang ditanyakan melalui akun instagram Lemonilo pada 31 Desember-6 Januari lalu. Bersama Tim Dokter Mamanesia, Lemonilo mengupas tuntas jawaban dari pertanyaan yang kamu ajukan. Yuk, simak jawaban berikut!



Genetik menjadi salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap tumbuh tinggi seorang anak. Peran genetik (DNA) mencapai 80%. Artinya, anak yang lahir dari orang tua yang berpostur tinggi cenderung akan tumbuh dengan postur tinggi juga. Begitupun sebaliknya.

Pun demikian, perlu diingat bahwa genetik bukan satu-satunya faktor penentu tinggi badan anak. Banyak kasus di mana anak tumbuh dengan postur yang lebih tinggi atau lebih pendek dari kedua orang tuanya. 

Faktor-faktor lain yang memengaruhi pertumbuhan tinggi anak ini diantaranya nutrisi, jenis kelamin, aktivitas fisik, tidur malam, serta kondisi medis tertentu pada anak. Jangan lupa juga, ada masa dalam pertumbuhan dan perkembangan anak di mana tinggi badannya berkembang sangat cepat. 

Masa di mana anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan paling cepat adalah 1000 hari pertama kehidupan anak (terhitung sejak Lemomoms mengandung hingga anak berusia 2 tahun).

Saat  hamil dan menyusui, asupan gizi harian Lemomoms akan sangat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Jadi sebaiknya, Lemomoms mulai mempersiapkan gizi yang tepat selama kehamilan dan masa menyusui serta nutrisi yang tepat di 1000 hari pertama kehidupan anak.

Setelah masa tersebut, percepatan pertumbuhan anak, termasuk juga tinggi badan, akan berangsur-angsur melambat. Saat mencapai usia 8 tahun, tinggi anak akan bertambah sekitar 2,5 cm tiap tahunnya hingga usia 18 tahun. Di usia ini, lempeng tulang (yang bertumbuh) pada anak telah tertutup dan pertumbuhan tinggi pun akan terhenti.
banner consideration promotion bg blue

Lemomoms dapat memprediksi pertumbuhan tinggi anak dengan cara yang sederhana, yaitu menghitung tinggi rata-rata dari kedua orang tua. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyediakan kalkulator prediksi tinggi anak berdasarkan tinggi orang orang tua yang dapat Lemomoms coba langsung di sini.

Pentingnya Asupan Gizi Seimbang dan Menu yang Bervariasi



Asupan gizi seimbang serta menu yang bervariasi merupakan hal penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh sebab itu, Lemomoms harus benar-benar memerhatikan nutrisi yang diberikan kepada anak agar mereka dapat tumbuh dengan tinggi yang optimal. 

Asupan yang tinggi protein, jenis makanan yang sesuai umur, variasi dalam menu makan anak adalah hal-hal yang dapat menunjang pertumbuhan tinggi anak. Dikarenakan pentingnya 1000 hari pertama masa kehidupan anak untuk tumbuh kembang mereka (juga mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan), sangat dianjurkan untuk memberikan ASI eksklusif dan dilanjutkan dengan menyusui hingga 2 tahun lebih.

Ingat, pemberian nutrisi yang kurang optimal pada anak, tidak hanya mempunyai risiko membuat perawakan anak pendek, namun bisa jatuh ke dalam keadaan stunting (perawakan pendek).

Tidur Cukup dan Aktivitas Fisik Pengaruhi Tumbuh Tinggi Anak



Tidur yang cukup juga mempunyai andil dalam pertumbuhan tinggi badan anak. Pada saat tidur, tubuh meregulasi hormon-hormon pertumbuhan yang nantinya akan teraktivasi secara maksimal saat anak sedang tidur.

Aktivitas fisik pada anak juga perlu diperhatikan. Olahraga yang teratur, atau bisa juga dengan bermain di luar rumah dapat membuat tulang lebih sehat dan kuat. Hal ini dimungkinkan karena masuknya kalsium ke dalam tulang yang dipicu oleh aktivitas fisik. Sesuaikan jenis dan durasi olahraga anak dengan usia mereka sehingga pertumbuhan tinggi anak dapat optimal.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Kondisi medis khusus pada anak seperti penyakit kelainan bawaan, gangguan hormon, serta penyakit kronis lain mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan tinggi anak. Lemomoms bisa melihat Kartu Menuju Sehat (KMS) yang dimiliki anak untuk melihat apakah pertumbuhan tinggi mereka sudah sesuai. Jika terjadi masalah, maka segera konsultasikan kepada dokter spesialis anak.

Nah, gimana Lemonizen? Semoga terbantu ya dengan jawaban yang diberikan oleh Tim Dokter Mamanesia. Tulis di kolom komentar ya kalau kamu punya keluhan ataupun masalah kesehatan yang ingin dicurhatin!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.