Jintan Hitam: Biji Hitam Imut nan Ajaib

04 Aug 2017 @ 11:01:21
Oleh OT Handoko
Jintan Hitam: Biji Hitam Imut nan Ajaib
Indonesia memiliki jenis rempah yang sangat beragam. Hal inilah yang turut mempengaruhi variasi makanan dan obat-obat herbal yang terbuat dari rempah. Aneka tanaman rempah tersebut mudah tumbuh subur sehingga Anda tidak kesulitan saat akan memanfaatkannya. Salah satu jenis rempah khas Indonesia yang populer adalah jintan hitam.

Jintan hitam yang juga dikenal dengan sebutan habatussauda memang belum sepopuler jintan putih atau jenis rempah lainnya. Namun rempah yang satu ini memiliki cita rasa dan manfaat yang tidak kalah dengan aneka rempah lain. Ingin tahu ulasan lengkap seputar jintan hitam? Simak beberapa informasi berikut ini!

Mengenal Habatussauda Alias Jintan Hitam

Jintan hitam berasal dari tanaman Nigella sativa yang awalnya tumbuh di kawasan Timur Tengah. Rempah yang satu ini cukup populer sebagai bahan dasar masakan di negara-negara Timur Tengah. Cita rasanya yang kuat menjadi salah satu ciri khas yang membedakannya dengan variasi rempah lain. Ternyata jintan hitam mengandung aneka nutrisi yang sangat penting bagi tubuh.

Anda dapat memperoleh tambahan asupan glukosa, serat, protein, asam amino, dan beberapa jenis mineral (zat besi, kalsium, sodium, dan potasium). Karena kandungan asam aminonya mencapai 84%, manfaatnya tidak kalah hebat dengan nutrisi omega dari aneka jenis ikan. Anda bisa memperoleh asupan asam amino berupa omega 3, omega 6, dan asam alfa linolenat dari konsumsi jintan hitam.

Tanaman yang dikenal dengan istilah black cumin ini juga mengandung senyawa thymoquinone, sejenis antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi gejala alergi dan melindungi kesehatan organ hati. Jumlah konsumsi jintan hitam yang baik bagi tubuh adalah satu hingga dua sendok teh dalam bentuk makanan atau kapsul setiap hari.

Ragam Manfaat Jintan Hitam Bagi Kesehatan

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan bila mengonsumsi jintan hitam. Hasil penelitian yang diterbitkan di Drug Discovery Today menyatakan bahwa thymoquinone yang terkandung dalam jintan hitam memiliki manfaat anti kanker yang menakjubkan. Ada berbagai jenis kanker yang dapat diatasi dengan jintan hitam, antara lain kanker paru-paru, kanker darah (leukemia), kanker payudara, dan kanker usus besar. Di samping itu, thymoquinone juga dikenal mampu menstabilkan tekanan darah dan detak jantung. Kondisi stres yang memicu tekanan darah tinggi dan peningkatan detak jantung pun dapat berkurang.

Rupanya kesehatan sistem pernapasan juga senantiasa terjaga bila Anda rutin mengonsumsi jintan hitam. Studi lain mengenai rempah yang satu ini menyebutkan kalau jintan hitam memang efektif mengatasi peradangan dan efek alergi yang menyerang sistem pernapasan. Gejala asma dan gangguan pernapasan lainnya pun menjadi lebih ringan karena nutrisi dari jintan hitam.

Bagi para pria dewasa, konsumsi jintan hitam bermanfaat untuk meningkatkan hormon testosteron dalam tubuh. Hal ini dikemukakan dalam hasil studi Prof. Euis Datau Sp.PD dari Universitas Sam Ratulangi Manado. Jintan hitam mampu meningkatkan jumlah testosteron aktif yang bermanfaat bagi vitalitas organ seksual.

Berbagai Variasi Produk Jintan Hitam

Walaupun tidak terlalu populer di Indonesia, biasanya jintan hitam masih sering dimanfaatkan untuk bahan masakan. Anda bisa menggunakannya untuk memperkaya kue kering beraroma rempah, salad sayuran, atau hidangan yang dipanggang. Tekstur jintan hitam terasa renyah dengan karakter rasa menyerupai oregano.

Selain untuk pelengkap makanan, jintan hitam juga dikemas dalam bentuk kapsul yang dikenal dengan nama kapsul habatussauda. Dengan demikian, konsumsi jintan hitam untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh jadi kian praktis. Anda tidak perlu repot-repot mengolah jintan hitam dengan berbagai bahan makanan lainnya. Dengan beragam manfaat yang ada pada rempah yang satu ini, tentu Anda tidak ragu lagi mengonsumsinya secara teratur. Cukupi kebutuhan nutrisi tubuh Anda dengan jintan hitam yang imut nan ajaib!

Artikel Terkait

Oleh OT Handoko
Tentu senang sekali rasanya bila dapat mencukupi kebutuhan nutrisi si buah hati melalui ASI eksklusif. Tumbuh kembang si..
Oleh OT Handoko
Cokelat merupakan salah satu bahan makanan yang digemari banyak orang. Karena cita rasanya yang istimewa sangat mudah di..
Oleh OT Handoko
Apakah Anda termasuk penyuka kopi dan teh? Kedua jenis minuman tersebut tentu tidak asing bagi masyarakat tanah air. And..