‘Journey’ to Pregnancy of Our Lemonilo Crush, Marsha Tengker

24 Jan 2018 @ 23:02:34
Lemonilo sebagai komunitas dan ekosistem berusaha terus memperkenalkan gaya hidup sehat kepada seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, Lemonilo terus berusaha memastikan bahwa seluruh masyarakat Indonesia memiliki pemahaman yang benar apa dan bagaimana gaya hidup sehat itu. 

Pemahaman ini jelas sangat penting untuk menciptakan ekosisten gaya hidup sehat yang dilakukan dengan benar dan tepat. Dengan misi ini, kami memilih orang-orang inspiratif  dengan cerita unik dan menginspirasi yang kami beri nama Lemonilo Crush.
  
Di bulan pertama tahun 2018, kami memilih wanita cantik dengan cerita unik menginspirasi sebagai Lemonilo Crush di Bulan Januari, Marsha Tengker. 
Marsha merupakan seorang pekerja seni yang sudah banyak tampil di TV maupun film layar lebar. 

Adik dari Nagita Slavina ini memang dikenal sosok yang aktif dan energik. Baru-baru ini, Marsha membawa kabar gembira bahwa ia baru saja hamil melalui proses IVF (In Vitro Fertilization). Kini, ia memasuki waktu trimester pertamanya. Yuk, tengok cerita Marsha dibalik keberhasilannya untuk hamil. 

Hamil Dengan IVF

Di wawancarai di sebuah restoran di Jakarta, Caca, panggilan akrab Marsha, mengakui bahwa dirinya sedang melakukan gaya hidup sehat, terutama dalam menjaga pola makan. “Aku sedang mengusahakan hidup sehat supaya keadaan janin di kandungan aku bisa sehat dan perkembangannya baik.”

Caca juga mengatakan bahwa dirinya kini sedang hamil setelah selama beberapa waktu menjalani program IVF (In Vitro Fertilization). Tim Lemonilo mencoba mengorek informasi mengapa Caca memilih untuk melakukan program IVF ketimbang proses kehamilan normal. 

“Jadi, memang aku punya masalah kista dan suamiku juga punya masalah. Untuk itu, kami memutuskan kalau IVF bisa jadi jalan terbaik untuk kami. Kenapa IVF? Karena aku takut kalau teknologi kehamilan yang lain lebih costly untuk gagal terus. Jadi, yang success ratenya bagus adalah IVF,” Ujar Caca dengan raut wajah bahagia. 

Caca juga menyebutkan bahwa IVF bukanlah proses kehamilan yang mudah untuk dijalani. Banyak kendala dan pantangan yang harus Caca jalani untuk memudahkan keberhasilan dari program ini, salah satu diantaranya adalah melaksanakan pantangan dan menjalani hidup sehat. 

“IVF itu adalah proses yang panjang. Banyak yang harus dijaga dan dipantang. Aku juga harus jaga kesehatan karena kalau sampai sakit, perkembangan ke depannya akan sangat buruk buat sel telur di tubuh aku ataupun kesehatan rahimku sendiri,” Ungkap Caca pada Tim Lemonilo. 

Bukan hanya soal pantangan dan kendala, Caca juga menceritakan soal perubahan dirinya ketika menjalani program kehamilan tersebut. “Waktu awal melakukan program itu memang rasanya sudah beda. Suntikan hormon itu bikin badanku jadi gampang gerah, blotted. Itu saja sudah tidak nyaman, apalagi kalau pola makan aku berantakan. Pasti makin tidak enak rasanya.”

Pantangan dan Kewajiban Waktu IVF

Caca tidak ragu menceritakan pengalaman uniknya dalam menjalani program kehamilan tersebut. Ada pantangan dan kewajiban yang harus ia jalankan untuk membantu kesuksesan program. 

“Aku juga harus menerapkan pola makan yang benar. Aku tidak disarankan untuk makan kacang-kacangan karena di dalam kacang-kacangan terdapan protein nabati yang bisa memicu pertumbuhan hormon yang tidak perlu di tubuh aku sehingga mengganggu keefektifan hormon yang sudah disuntikkan ke tubuh aku,” Caca memaparkan soal IVFnya. 

“Untuk MSG, pengawet, dan pewarna juga tidak disarankan untuk dikonsumsi buat yang mau menjalani program kehamilan atau yang ingin hamil dan punya anak karena akan merusak regulasi hormone yang ada di dalam tubuh, bahayanya bisa merusak kesehatan janin juga. Bukan hanya buat aku, bahan tersebut juga bahaya buat suamiku karena bisa mempengaruhi kualitas sperma juga,” Ujar wanita cantik ini kepada Lemonilo.

Sehat Menurut Marsha Tengker

Marsha “Caca” Tengker juga tak lupa memberikan tips sehatnya kepada masyarakat Indonesia, terutama Lemonizen. 

“Yang pertama, tetap bahagia. Yang kedua, pola makan yang teratur. Ini yang aku rasakan sekali. Kalau pola makan tidak teratur, badan juga rasanya amburadul sekali. Maagku juga bisa kapan aja kambuh. Aku juga susah menentukan kapan lapar dan kapan kenyang. Jadi, buat kawan-kawan yang ingin gaya hidup sehat, aku menyarankan untuk pola makan teratur. Jam makan harus pasti. Oh ya, tidur cukup juga,” Caca memberikan tips sehatnya. 

Pesan dan Saran Dari Marsha Tengker

Di penutup wawancara, Marsha dengan lancar mengutarakan pesan dan saran untuk masyarakat Indonesia, terutama bagi para wanita yang ingin cepat hamil atau dalam program kehamilan. 

“Pasti kebanyakan perempuan ingin merasakan kehamilan dan punya keturunan. Jadi, dari sekarang bisa mulai hidup sehat, apalagi kalau kita sudah paham bahwa kita memikirkan kesehatan diri sendiri dan bayi di kandungan kita kelak. So, start dari sekarang.”



Artikel Terkait

5 Rekomendasi Nutrisi dan Makanan yang Wajib Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil & Menyusui
Waktu kehamilan dan menyusui merupaka dua fase terpenting bagi seorang ibu untuk mendapatkan nutrisi untuk tubuh. Tak ha..
Andesma. W
10 Agustus 2018
Mengolah dan Memasak Bihun Agar Kenyal dan Tak Mudah Hancur
Bihun menjadi bahan makan yang banyak ditemukan dalam berbagai hidangan nusantara seperti bihun goreng, soto, ketoprak, ..
A. Conrad
03 Agustus 2018
Penyedap Rasa Alami Pengganti MSG
Walaupun Kementerian Kesehatan RI dan berbagai studi setuju bahwa MSG alias vetsin sebenarnya aman digunakan dalam masak..
Andesma. W
03 Agustus 2018