Jualan Online Sangat Menguntungkan Dimasa Pandemi Seperti Ini

Munculnya pandemi covid-19 yang sempat geger di Indonesia bahkan dunia sejak awal 2020, membuat segala jenis kegiatan beralih total. Tak lain halnya juga dengan sistem berjualan. Jualan online, bisa menjadi salah satu ide yang sangat menguntungkan di masa pandemi seperti ini. Inilah beberapa alasan kenapa jualan online bisa sangat menguntungkan di masa pandemi.

banner consideration shipping bg blue

1. Biaya Operasional Lebih Rendah

Keuntungan pertama adalah biaya operasional yang cenderung lebih murah dibanding jualan offline. Pada dasarnya, sistem jualan online sama dengan jual beli pada umumnya. Satu hal yang menjadi pembeda sistem jualan online ini adalah dari pemasarannya yang lebih mengandalkan kecanggihan teknologi, dan tidak menuntut kita untuk repot mengoperasionalkan ke berbagai daerah.

Dengan adanya sistem online yang dibantu oleh perkembangan sosial media, jualan online tentunya akan menghasilkan keuntungan yang lebih baik dari segi operasionalnya jika dibandingkan dengan jualan dengan sistem offline.

2. Ketersediaan Barang 24 Jam

Salah satu masalah yang sering muncul ketika kita ingin membeli sesuatu adalah toko yang akan kita tuju sudah tutup karena melebihi jam kerja. Hal ini tentunya tidak berlaku dalam sistem jualan online. Pasalnya, jualan online yang memanfaatkan e-commerce akan memudahkan baik penjual maupun pembeli untuk memilih produk selama 24 jam. Tidak hanya itu, melalui e-commerce ini kamu juga bisa memasarkan berbagai produk yang kamu jualkan secara praktis dalam sebuah platform.

3. Mudah Memperbaiki Layanan

Keuntungan jualan online selanjutnya adalah mudahnya memperbaiki layanan di platform maupun website yang menjadi tempat kamu promosi. Tidak hanya itu, di masa pandemi covid-19 ini, kamu juga bisa mengembangkan dan memperluas layanan di situs jualan online. Dalam bisnis e-commerce, kamu juga bisa memantau customer experience. Melalui fitur ini, kamu bisa dengan segera meningkatkan layanan jika misalnya muncul keluhan pembeli.

banner consideration promotion bg blue

4. Jangkauan Pasar Luas

Keuntungan jualan online selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dibandingkan dengan sistem jualan biasa, adalah luasnya jangkauan pasar yang bisa kamu tembus. Hanya bermodalkan satu platform atau website saja, kamu bisa mempromosikan barang dagangan secara meluas. Tidak hanya luar kota, bahkan bisa sampai menembus ke pasar luar negeri.

Di masa pandemi seperti ini, kamu juga bisa membeli segala macam produk dengan mudah melalui situs-situs e-commerce. Tidak hanya produk fashion saja, bahkan kamu juga bisa dengan mudah membeli produk-produk makanan pokok hanya dalam e-commerce yang tersedia di smartphone-mu.

5. Menciptakan Database Customer

Alasan terakhir kenapa sistem online sangat menguntungkan di masa pandemi adalah kamu bisa mendapatkan database customer. Keuntungan jualan online yang tidak bisa kamu dapatkan dengan jual beli secara biasa adalah didapatnya database customer. Saat ada pembeli yang mengunjungi situs jual beli onlinemu, maka mereka akan diminta memasukkan data diri.

Berdasarkan data yang masuk ini, kamu bisa memiliki database customer. Dengan bermodalkan database customer ini, kamu bisa membuat segmentasi pasar jika ingin membuat produk terbaru. Hal ini tentunya akan memudahkan kamu untuk mengembangkan bisnis dan launching produk terbaru mu.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah lima keuntungan jualan online yang bisa kamu coba selama pandemi covid-19 ini. Meskipun pandemi membuat pergerakan kita terbatas, jangan sampai hal ini menjadi hambatan untuk kita untuk bekerja. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi kamu ya Lemonizen!

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami