Kaldu Jamur Sebagai Pengganti MSG? Inilah Kelebihannya

15 Mei 2020 @ 15:43:36
Kaldu merupakan penambah rasa gurih yang ada pada makanan, terutama hidangan yang berkuah seperti sayur sop. Mungkin bagi sebagian orang hanya mengenal jenis kaldu berupa kaldu ayam, daging dan sayuran. Namun, ternyata ada satu jenis kaldu yang juga lezat dan tentunya sehat yaitu kaldu jamur. 

Kaldu jamur atau yang sering disebut sebagai Nutritional yeast, merupakan jenis kaldu yang terbuat dari air rebusan jamur. Namun juga perlu diketahui bahwa tidak semua jenis jamur dapat dibuat menjadi kaldu ini. Jenis jamur yang dapat dibuat kaldu adalah salah satunya jamur merang.  

Nutritional yeast ini banyak digunakan oleh para vegetarian untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam kaldu dan sebagai penambah rasa gurih yang lezat pada makanan mereka. Jenis makanan yang umumnya menggunakan Nutritional yeast ini diantaranya adalah sayur sop dan juga pasta. Kelebihan dari jenis kaldu Nutritional yeast ini dibandingkan dengan MSG diantaranya adalah: 

1. Jenis Kaldu yang Penuh dengan Zat Gizi 

Kaldu Nutritional yeast memiliki kandungan asam amino sebanyak 9 jenis di dalamnya, dan keseluruhan asam amino yang ada tersebut dibutuhkan oleh tubuh. Jenis asam amino merupakan zat yang penting bagi tubuh namun tubuh tidak dapat memproduksi sendiri zat tersebut. 

Jadi, untuk mencukupi kebutuhan zat gizi tersebut tubuh memperoleh dari makanan yang dikonsumsi yaitu Nutritional yeast ini. Selain itu, kaldu Nutritional yeast ini juga mengandung vitamin B dan mineral yang dibutuh untuk kesehatan dan daya tahan tubuh. 

2. Jenis Kaldu yang Sangat Bagus untuk Pemenuhan Vitamin B12

Mengkonsumsi kaldu Nutritional yeast dengan porsi yang teratur dapat membuat tubuh tercegah dari kekurang vitamin B12. Hal ini dikarenakan di dalam di dalam kaldu jenis ini terdapat zat gizi yang juga mampu untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga para vegetarian akan sangat disarankan mengkonsumsi jenis kaldu ini untuk pemenuhan kebutuhan vitamin 12. 

3. Bisa Membantu Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh 

Jenis kaldu Nutritional yeast ini memiliki kandungan alfa mannan dan beta glukan, yang mana kedua zat ini bisa membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Beta glukan yang ada pada Nutritional yeast ini, bisa membantu tubuh melawan bibit penyakit yang mungkin bisa menyerang. 

Selain itu, menurut penelitian, penyakit infeksi seperti flu bisa berkurang 25% pada penderita apabila mereka mengkonsumsi sekitar 1 sendok makan Nutritional yeast setiap harinya.

Rekomendasi Kaldu Nutritional Yeast dengan Kualitas Terbaik 



Setelah mengetahui kelebihan dan juga manfaat yang diberikan oleh kaldu yang terbuat dari jamur, selanjutnya mengetahui jenis kaldu Nutritional yeast dengan kualitas yang terbaik  yang diproduksi oleh Lemonilo. Produk tersebut adalah Lemonilo Kaldu Pelezat Alami Jamur. Lalu, kenapa harus memilih kaldu  jamur dari Lemonilo? 

Berikut alasannya: 
  1. Kaldu yang terbuat dari jamur buatan Lemonilo merupakan kaldu yang terbuat dari bahan alami dan 100% terbuat dari bahan-bahan dengan kualitas terbaik dan premium. 
  2. Kaldu dari jamur buatan Lemonilo juga tidak mengandung bahan pewarna, pengawet maupun MSG. Jadi kaldu ini sangat aman, sehat dan bagus untuk dikonsumsi bagi kesehatan
  3. Produk dari Lemonilo ini tidak memiliki bahan pengawet sintetis, namun menggunakan silica gel dari bahan alami yang disebut zeolit sehingga menghasilkan makanan yang food grade atau food safety yang aman dikonsumsi dan tidak beracun
Dengan 3 alasan tersebut, rasanya sudah tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan produk kaldu dari Lemonilo ini. Karena jaminan sehat dan lezat sudah pasti bisa kamu rasakan. 

Itulah informasi mengenai kaldu jamur sebagai pengganti MSG beserta 5 rekomendasi produk Lemonilo kaldu dari jamur yang bisa kamu konsumsi. Selamat mencoba! 


Artikel Terkait

4 Cara Mengolah Kacang Almond Jadi Cemilan Sehat dan Enak
Mulai dari kacang almond panggang, dicampur oatmeal, hingga diolah menjadi kue pai..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
6 Pilihan Tepung Bebas Gluten untuk Hasilkan Makanan Sehat dan Nikmat
Masing-masing tepung bebas gluten ini memiliki rasa, tekstur, dan kandungan nutrisi yang berbeda..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Nagita Slavina dan Chef Juna Masak Bareng? Ada Menu Apa Nih?
Pangsit goreng viral pakai mie instan Lemonilo!..
Shella Rafiqah Ully
09 September 2020