Kale, Ratu Sayuran Hijau Kaya Gizi

Oleh A Meida
04 Jan 2017 @ 14:07:59
Kale,sayuran hijau yang masih satu keluarga dengan kubis, kini tengah diburu untukdijadikan alternatif hidangan sayur yang lebih menyehatkan. Karena kandungannyayang luar biasa, sayuran ini sampai-sampai dijuluki “thequeen of greens”.

Sayuran ini berasal darinegara-negara subtropis yang saat ini mulai diimpor ke Indonesia dan dibudidayakandi beberapa wilayah dataran tinggi seperti Bogor dan Bandung. Tekstur daunnyayang renyah, warnanya yang cantik, serta rasa yang manis dan segar adalahfaktor yang membuat daun ini semakin digemari, Selain manfaatnya yang luarbiasa. Kale biasanya diolah menjadi salad, keripik sayur,jus segar,smoothies atau alternatif bahansayuran pada masakan.

 

Kandungan dari daun kaleyang kaya gizi, antara lain:


  • Rendahkalori, tinggi serat, dan tanpa lemak. Bagi anda yang sedang menjalani program diet, Kale sangat baikmenjadi alternatif asupan. Karena dalam satu cup daun Kale hanya terdapat 36kalori, 0 gram lemak namun mengandung 5 gram serat.

  • Tinggizat besi. Salah satu hal yangmembuat daun Kale begitu diburu adalah karena tingginya zat besi yangdikandung. Per kalori Kale mengandung zat besi lebih banyak dari pada daging.Zat besi sangat penting untuk memelihara kesehatan sel darah merah danmendukung pertumbuhan sel. Jadi, Kale adalah alternatif asupan zat besi yangsangat baik bagi para vegetarian.


  • Kayaberagam vitamin. Selain vitamin K, kalejuga mengandung vitamin lain yang dalam jumlah yang besar seperti vitamin C danvitamin A. Dalam gram yang sama, meski berwarna hijau kandungan vitamin C yangdimiliki Kale ternyata lebih besar dari buah jeruk. vitamin C sangat bermanfaatuntuk menjaga daya tahan tubuh, sedangkan vitamin A bermanfaat untuk memeliharakesehatan mata dan mencegah kanker paru-paru dan rongga mulut.

  • Antioksidan.Kale yang kaya vitamin C dan beta karotin yang bisa membantu menangkalradikal bebas, maka bermanfaat sebagai makanan anti inflamasi dan antioksidan. Antioksidanyang ada di dalam kale juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh sertamengendalikan “stress oksidatif”. Stress oksidatif merupakan proses yang memicukerusakan sel yang dapat menyebabkan gangguan neurokognitif seperti penyakitParkinson dan Alzhaimer.

  • Tinggikalsium. Tidak hanya mengalahkandaging dan buah jeruk, kandungan kalsium pada kale per kalorinya juga ternyatamengalahkan jumlah kalsium pada susu. Kalsium sangat diperlukan untuk menjagakepadatan tulang dan kesehatan metabolisme tubuh.

  • TinggiSulfur. Sulfur berperan pentingdalam membantu antioksidan bernama glutathione bekerja. Tanpa sulfur,antioksidan tersebut tidak aktif. Sehingga sulfur adalah zat yang diperlukantubuh untuk proses detoksifikasi dengan mengaktifkan antioksidan alami.

 

Demikian beberapakandungan dan manfaat luar biasa dari daun Kale. Bagi Anda yang ingin tetapmendapat gizi terbaik dari kale tanpa harus repot serta mudah didapat, bisasegera kunjungi website lemonilo.com.Sehatkan diri Anda bersama kale si Ratu sayuran hijau!


Artikel Terkait

Stop Makan Gorengan, Ini 7 Ide Camilan Sehat untuk Buka Puasa!
Terlambat pulang kerja, macet dan kondisi jalanan yang tidak bisa diprediksi seringkali membuat kita terpaksa buka ..
Shella Rafiqah Ully
28 Mei 2019
Selain Daun Katuk, 8 Buah Segar Ini Bisa Ibu Andalkan untuk Lancarkan Produksi ASI
Pilihan makanan alami untuk melancarkan Air Susu Ibu (ASI) pasti jatuh pada daun katuk. Ini karena berbagai penelit..
Shella Rafiqah Ully
25 Maret 2019
Tahukah Bunda, Ternyata Susu Almond Bisa Lancarkan Produksi ASI?
Air Susu Ibu (ASI) mengandung semua nutrisi baik yang dibutuhkan bayi, sebab itu memberikan ASI secara ekslusif ke..
Shella Rafiqah Ully
18 Maret 2019