Kale, Ratu Sayuran Hijau Kaya Gizi

04 Jan 2017 @ 14:07:59
Oleh A Meida & RA Maharani
Kale, Ratu Sayuran Hijau Kaya Gizi
Kale, sayuran hijau yang masih satu keluarga dengan kubis, kini tengah diburu untuk dijadikan alternatif hidangan sayur yang lebih menyehatkan. Karena kandungannya yang luar biasa, sayuran ini sampai-sampai dijuluki “the queen of greens”.

Sayuran ini berasal dari negara-negara subtropis yang saat ini mulai diimpor ke Indonesia dan dibudidayakan di beberapa wilayah dataran tinggi seperti Bogor dan Bandung. Tekstur daunnya yang renyah, warnanya yang cantik, serta rasa yang manis dan segar adalah faktor yang membuat daun ini semakin digemari, Selain manfaatnya yang luar biasa. Kale biasanya diolah menjadi salad, keripik sayur, jus segar, smoothies atau alternatif bahan sayuran pada masakan.

 

Kandungan dari daun kale yang kaya gizi, antara lain:


  • Rendah kalori, tinggi serat, dan tanpa lemak. Bagi anda yang sedang menjalani program diet, Kale sangat baik menjadi alternatif asupan. Karena dalam satu cup daun Kale hanya terdapat 36 kalori, 0 gram lemak namun mengandung 5 gram serat.

  • Tinggi zat besi. Salah satu hal yang membuat daun Kale begitu diburu adalah karena tingginya zat besi yang dikandung. Per kalori Kale mengandung zat besi lebih banyak dari pada daging. Zat besi sangat penting untuk memelihara kesehatan sel darah merah dan mendukung pertumbuhan sel. Jadi, Kale adalah alternatif asupan zat besi yang sangat baik bagi para vegetarian.

  • Kaya beragam vitamin. Selain vitamin K, kale juga mengandung vitamin lain yang dalam jumlah yang besar seperti vitamin C dan vitamin A. Dalam gram yang sama, meski berwarna hijau kandungan vitamin C yang dimiliki Kale ternyata lebih besar dari buah jeruk. vitamin C sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, sedangkan vitamin A bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata dan mencegah kanker paru-paru dan rongga mulut.

  • Antioksidan. Kale yang kaya vitamin C dan beta karotin yang bisa membantu menangkal radikal bebas, maka bermanfaat sebagai makanan anti inflamasi dan antioksidan. Antioksidan yang ada di dalam kale juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh serta mengendalikan “stress oksidatif”. Stress oksidatif merupakan proses yang memicu kerusakan sel yang dapat menyebabkan gangguan neurokognitif seperti penyakit Parkinson dan Alzhaimer.

  • Tinggi kalsium. Tidak hanya mengalahkan daging dan buah jeruk, kandungan kalsium pada kale per kalorinya juga ternyata mengalahkan jumlah kalsium pada susu. Kalsium sangat diperlukan untuk menjaga kepadatan tulang dan kesehatan metabolisme tubuh.

  • Tinggi Sulfur. Sulfur berperan penting dalam membantu antioksidan bernama glutathione bekerja. Tanpa sulfur, antioksidan tersebut tidak aktif. Sehingga sulfur adalah zat yang diperlukan tubuh untuk proses detoksifikasi dengan mengaktifkan antioksidan alami.

 

Demikian beberapa kandungan dan manfaat luar biasa dari daun Kale. Bagi Anda yang ingin tetap mendapat gizi terbaik dari kale tanpa harus repot serta mudah didapat, bisa segera kunjungi website lemonilo.com. Sehatkan diri Anda bersama kale si Ratu sayuran hijau!

Artikel Terkait

Oleh OT Handoko
Diet bukanlah momok menakutkan yang mesti Anda hadapi setiap hari. Karena diet yang benar adalah pola hidup sehat yang d..
Oleh OT Handoko
Bulan Ramadan akan segera tiba! Anda tentu  akan menyambutnya dengan penuh suka cita bersama orang-orang terdekat. ..
Oleh OT Handoko
Sebentar lagi lebaran akan segera tiba! Senang sekali rasanya bila tahun ini kembali berkesempatan menjalani ibadah puas..