Kamu Pelupa? Begini Cara Meningkatkan Daya Ingat, Tips & Latihannya

01 Jul 2020 @ 15:30:47
Menjadi seorang yang pelupa memang menjengkelkan bagi orang yang mengalaminya. Apalagi jika berdampak banyak untuk kehidupan sosial, pekerjaan, hingga berhubungan langsung dengan orang yang tersayang. Sebab, banyak hal yang bisa menjadi kacau dan runyam. Jika kamu salah satu orang yang pelupa, begini cara meningkatkan daya ingat berikut tips dan latihannya yang bisa kamu lakukan. 

1. Coba Kurangi Gula dalam Porsi Makanmu



Cara meningkatkan daya ingat pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi gula yang rendah. Pasalnya, mengkonsumsi banyak gula terbukti bisa berdampak buruk pada kesehatan. Salah satunya adalah penurunan daya kognitif atau kemampuan seseorang mengingat sesuatu.

Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan jika mereka yang mengonsumsi terlalu banyak gula menyebabkan kemampuan mengingat menjadi buruk. Tidak hanya itu, mengkonsumsi banyak gula juga mampu mengurangi volume otak khususnya area otak yang menyimpan memori jangka pendek, sehingga membuat seseorang menjadi pelupa.

2. Rutin Berolahraga



Tips kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kebiasaan lupa adalah dengan rutin berolahraga. Pasalnya, berolahraga secara teratur dapat mengurangi risiko penurunan kognitif dan memproteksi otak dari degenerasi. Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yang dirilis dalam Journal of Exercise Rehabilitation.

Sebuah studi yang diterbitkan tahun 2017 juga mengungkapkan bahwa berolahraga secara teratur, terutama dengan melakukan latihan aerobik seperti berlari kecil, yoga, hingga berenang dapat meningkatkan kemampuan daya ingat pada orang yang mengidap penyakit Alzheimer.

3. Menenangkan Diri



Siapa sangka jika melakukan meditasi atau menenangkan diri ini ternyata juga berdampak pada daya ingat seseorang. Rasa tenang penuh konsentrasi yang didapat dari meditasi ini ampuh untuk mengurangi sifat pelupa yang ada pada diri seseorang. Sebuah riset pada tahun 2018 mengungkapkan bahwa meditasi dapat meningkatkan fungsi otak, mengurangi tanda-tanda degenerasi, dan meningkatkan memori jangka pendek maupun jangka panjang.

Selain itu, bermeditasi ternyata juga mampu meningkatkan plastisitas otak atau kemampuan dimana otak membentuk koneksi untuk menjaga kesehatannya, agar berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lama.

4. Tidur yang Cukup



Tidur yang cukup ternyata membuat pikiran lebih segar dan juga dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa otak akan cepat menangkap dan mengingat hal baru yang dilakukan setelah tidur. Itulah mengapa belajar dan menghafal terbaik dilakukan pada waktu subuh, setelah bangun di pagi hari dan otak kita dalam keadaan yang fresh.

Kebanyakan orang tidak memperhatikan durasi tidur mereka. Padahal, orang dewasa umumnya membutuhkan sekitar 7-9 jam untuk menjaga kesehatan, memulihkan tenaga, juga meningkatkan daya otak sehingga tidak mudah lupa.

5. Menjaga Berat Badan Ideal



Obesitas atau kelebihan berat badan, ternyata  juga menjadi salah satu faktor yang bisa menurunkan daya kognitif atau daya ingat seseorang. Sebuah studi menunjukkan dari 50 orang berusia 18-35 tahun yang memiliki indeks massa tubuh besar atau mendekati obesitas, mereka tidak bisa menyelesaikan tes daya ingat dengan baik. 

Berbanding terbalik dengan mereka yang mempunyai berat badan ideal. Selain itu, siapa sangka jika obesitas juga menjadi salah satu pemicu penyakit Alzheimer. 
Selain itu kamu juga bisa melakukan latihan atau aktivitas otak yang bisa meningkatkan daya ingat. Bentuk latihan yang bisa kamu lakukan diantaranya seperti bermain puzzle, bermain catur, menghabiskan waktu dengan membaca, menghafal sesuatu, atau bahkan dengan mempelajari instrumen atau alat musik baru. 

Itulah kelima cara meningkatkan daya ingat yang bisa mulai kamu terapkan saat ini juga. Memiliki daya ingat yang baik sangatlah penting dalam kehidupan sosial, pekerjaan, hingga hubungan percintaan dengan pasangan. Maka dari itu, pastikan kamu memperhatikan kelima tips di atas untuk menjaga daya ingat dan menghindari sifat pelupa. 


Artikel Terkait

Selain Ramah Lingkungan, Inilah 5 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Selain menyenangkan untuk dilakukan, inilah berbagai manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh..
Rizki Indra
22 Oktober 2020
Manfaat Kumis Kucing dan Cara Pengolahannya yang Baik dan Benar
Tanaman kumis kucing dikenal memiliki banyak manfaat, inilah manfaat kumis kucing selengkapnya..
Rizki Indra
22 Oktober 2020
Baik Untuk Kesehatan, Ini 7 Manfaat Olahraga Renang yang Rutin
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat renang yang sangat baik untuk kesehatan tubuh loh!..
Rizki Indra
20 Oktober 2020