Kamu Punya Diabetes? Olahraga Khusus Diabetes Ini Mungkin Cocok dan Bermanfaat Untukmu!

17 Des 2018 @ 17:10:26
Kamu mungkin memahami bahwa diabetes merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. 2 dari 10 orang meninggal setiap harinya akibat diabetes. Penyakit ini terjadi akibat ketidakmampuan pankreas dalam memecah glukosa dan gula di dalam tubuh. Hasilnya, tumpukan gula tidak dapat dipecah dan menumpuk di dalam darah dan mengakibatkan diabetes tipe 1 atau tipe 2. Uniknya, ada mitos penderita diabetes dilarang untuk berolahraga. 

Padahal, para dokter mulai menemukan beberapa jenis olahraga khusus diabetes yang cocok untuk dilakukan setiap hari. Tak butuh banyak alat, olahraga ini bisa membantu memperbaiki metabolisme tubuh dan memaksimalkan pemecahan glukosa dan gula dalam tubuh. Olahraga  apa saja sih? Yuk, lihat beberapa rekomendasi olahraga khusus olahraga berikut ini!

Renang, Olahraga Aerobik yang Bantu Memaksimalkan Metabolisme Tubuh

Renang, Olahraga Aerobik yang Bantu Memaksimalkan Metabolisme Tubuh

Kalau kamu ingin melakukan olahraga, renang bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Renang mempunya resiko yang cukup kecil untuk membuatmu memiliki luka gores atau luka potong yang akan sulit disembuhkan. Selain itu, renang tidak menekan persendian yang dapat menimbulkan rasa nyeri setelah berolahraga. Segar tanpa rasa nyeri tentu menyenangkan, bukan?

Yoga, Meluruskan Fungsi Saraf dan Metabolisme Tubuh

Yoga, Meluruskan Fungsi Saraf dan Metabolisme Tubuh

Mungkin kamu merasa bahwa yoga merupakan olahraga yang hanya dikhususkan untuk memberikan relaksasi untuk kejiwaan seseorang. Namun, tahukah kamu kalau yoga juga cocok sebagai olahraga khusus diabetes? Yoga dapat meningkatkan fungsi saraf, meningkat kerja insulin dalam tubuh, dan menurunkan lemak dalam tubuh. Untuk kamu yang sedikit stress akibat diabetes, yoga bisa membantu menurunkan tingkat stress dalam tubuh. Tak butuh banyak alat, yoga bisa menjadi olahraga khusus diabetes yang paling ringan untuk dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Jalan Kaki, Latihan Sederhana Khusus Penderita Diabetes

Jalan Kaki, Latihan Sederhana Khusus Penderita Diabetes

Jika kamu suka dengan olahraga yang cukup mudah dan singkat, mungkin kamu bisa melakukan kegiatan jalan kaki sebagai olahraga khusus diabetes. Tanpa alat yang ribet dan sulit dicari, jalan kaki hanya membutuhkan sepasang sepatu lari yang cocok untuk mendukung gerakan jalan kakimu. Lakukan dengan gerakan yang perlahan, lalu mulailah tingkatkan kecepatannya. Gerakan bisa membantu meningkatkan kerja jantung, memaksimalkan pembakaran kalori, dan memperbaiki kinerja pankreas dalam memecah glukosa dalam tubuh.

Tai Chi, Olahraga Dari Cina yang Cocok Untuk Pembakaran Kalori dan Pemecahan Glukosa

Tai Chi, Olahraga Dari Cina yang Cocok Untuk Pembakaran Kalori dan Pemecahan Glukosa

Diantara kamu pasti pernah mendengar soal Tai Chi, bukan? Yup, Tai Chi merupakan jenis gerakan bela diri yang berasal dari negeri Tiongkok. Walaupun terkesan hanya merupakan kumpulan gerakan, Tai Chi bisa bisa membantu memperbaiki kondisi tubuh akibat diabetes. Gerakan Tai Chi bisa membantu meningkatkan kelenturan dan keseimbangan. Selain itu, Tai Chi dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah dan mengurangi kerusakan saraf. 

Jadi, olahraga khusus diabetes apa yang akan kamu lakukan, guys? 

Artikel Terkait

Mengenal Lemonilo Crush Mei 2019: Atiit Si Sustainable Lady
Sejalan dengan komitmen menciptakan Indonesia sehat, Lemonilo terus berusaha menularkan energi positif dan mengikuti per..
Shella Rafiqah Ully
16 Mei 2019
4 Langkah Menciptakan Pertemanan Sehat
Secara psikologi, penting bagi manusia untuk memiliki kedekatan dengan orang lain. Pernah bayangkan bagaimana jika kamu ..
Shella Rafiqah Ully
10 Mei 2019
4 Bahaya Alergi Makanan yang Harus Kamu Waspadai
Lemonizen tau nggak pekan ini diperingati sebagai Allergy Awareness Week? Saat mendengar kata alergi, kira-kira apa nih&..
Shella Rafiqah Ully
29 April 2019