Kandungan Gizi Beras Merah, Benarkah Lebih Baik dari Beras Putih?

15 Mei 2020 @ 05:22:47
Beras merah selalu identik dikonsumsi oleh orang yang tengah menjalani program diet. Hal ini disebabkan banyaknya anggapan bahwa beras merah dapat membantu menurunkan berat badan. Tak hanya itu, beras merah digadang-gadang mempunyai gizi yang jauh lebih baik daripada beras putih, benarkah demikian? Berikut ini merupakan informasi mengenai kandungan gizi beras merah.

5 Kandungan Gizi Beras Merah


1. Memiliki Kandungan Serat Lebih Tinggi



Beras merah menjadi salah satu jenis beras yang paling bernutrisi. Hal ini karena dalam proses produksinya tidak disertai dengan pembuangan kulit arinya. Dalam satu gelas beras merah mengandung 218 kalori, 45.8 gram karbohidrat, 4.5 gram protein, 3.5 gram serat, dan 1.8 gram lemak.

Sedangkan dalam porsi yang sama beras putih mengandung 242 kalori, 53.2 gram karbohidrat, 4.4 gram protein, 0.6 gram serat, dan 0.4 gram lemak. Dari kedua perbandingan ini terlihat jelas bahwa beras merah mempunyai kandungan serat yang lebih tinggi dengan kalori yang lebih rendah jika dibandingkan dengan beras putih.

2. Mempunyai Vitamin Lebih Banyak



Kandungan gizi yang terdapat di dalam beras juga beragam. Sumber thiamine, niacin, dan vitamin B6 yang baik terdapat di dalamnya. Pada satu porsi beras merah mengandung 2.6 mg niacin, 0.3 mg vitamin B6, dan 0.2 mg thiamine.
Jika dibandingkan beras putih, kandungan yang ada di dalam beras merah memang lebih kompleks. Pasalnya, dalam beras putih tidak terkandung vitamin B yang umumnya hilang pada masa pengolahan. Padahal, vitamin B ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

3. Kaya Akan Mineral



Kandungan gizi selanjutnya yang terdapat dalam beras merah adalah mineral. Pasalnya, setiap porsi beras merah mengandung 86 mg magnesium (dimana 22% merupakan dari anjuran asupan harian) dan 150 mg fosfor (dimana 15% merupakan anjuran asupan harian). Kandungan ini jika dibandingkan dengan beras putih hanya menyumbang 24 mg magnesium dan 69 mg fosforMagnesium sendiri penting untuk menjaga fungsi imunitas, jantung, dan saraf. Sementara fosfor, dibutuhkan untuk menjaga kesehatan fungsi ginjal, tulang, dan gigi.

4. Memiliki Indeks Glikemik yang Rendah



Indeks glikemik adalah kemampuan suatu makanan untuk meningkatkan kadar gula dalam darah, hal ini berarti jika indeksnya rendah maka makanan tersebut sehat dan aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Inilah salah satu kandungan gizi beras merah yang bisa menyelamatkan mereka penderita diabetes. Tak heran jika banyak orang di pasaran memburu beras merah sebagai makanan pokok pengganti.

Sebuah penelitian yang diterbitkan International Journal of Food Science and Nutrition tahun 2006, mengungkapkan bahwa orang yang mengkonsumsi beras merah memiliki kadar gula darah yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi beras putih. Hal ini terjadi karena indeks glikemik beras merah lebih rendah (55) jika dibanding dengan beras putih (86). Kandungan serat, polifenol dan phytic acid yang tinggilah yang menyebabkan indeks glikemik beras merah lebih rendah.

5. Memiliki Sedikit Kalori



Kandungan gizi lain yang sudah tidak asing lagi bagi banyak orang adalah bahwa beras merah mempunyai sedikit kalori. Hal ini bisa membantu menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada nasi merah juga membuat tubuh merasa lebih cepat kenyang dibandingkan dengan hanya mengkonsumsi beras putih biasa.

Rekomendasi Beras Merah Berkualitas Tinggi




Banyak sekali produk beras merah yang bisa kamu jumpai di pasaran. Salah satu rekomendasi produk yang bisa kamu gunakan adalah produk Healthy Choice Beras Merah. Produk ini merupakan beras asli Indonesia yang berbulir utuh atau whole grain. Beras merah organik dari ini tidak terpapar bahan kimia termasuk pestisida maupun bahan bahaya lainnya, sehingga aman untuk kesehatan dan sangat cocok untuk kamu konsumsi sebagai makanan pendamping diet atau pola hidup sehat yang sedang kamu jalankan.

Itulah informasi mengenai kandungan gizi beras merah yang sangat baik untuk kesehatan. Dari informasi ini, dapat diketahui jika beras merah memang lebih baik dibanding beras putih akibat kandungan nya yang sangat menyehatkan. Jadi mulai sekarang, jangan ragu menggunakan beras merah ya Lemonizen!

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020