Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Kandungan Vitamin Buah Kelengkeng Sangat Baik bagi Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Mar 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan tubuh dengan manfaat buah kelengkeng.

Mungkin masih ada segelintir orang yang belum mengetahui manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan dan kecantikan. Hal ini dikarenakan buah berbentuk bulat kecil ini memiliki beragam kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Beberapa di antaranya, yaitu zat besi, kalsium, vitamin B, C, serat, dan protein.

banner consideration shipping bg blue


Meski bentuknya mirip seperti buah leci, kelengkeng memiliki tekstur rasa yang khas. Tak hanya kenyal, tetapi juga manis dan sangat nikmat. Wajar, jika buah kelengkeng memiliki banyak penggemar dari semua kalangan. Inilah berbagai manfaat buah kelengkeng.

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh


Seperti yang sudah disebutkan di atas, buah kelengkeng kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bagus untuk daya tahan tubuh. Kedua kandungan tersebut berperan penting untuk mendukung kinerja sel darah putih, sehingga mampu melawan virus dan bakteri dengan lebih baik. Dengan demikian, kamu pun tidak akan mudah terserang penyakit.

2. Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata


Berbagai nutrisi yang ada di dalam buah kelengkeng dapat membantu proses pembentukan kolagen. Zat ini berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit, sehingga bisa mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini. Dengan demikian, kamu pun akan terlihat awet muda dan terbebas dari kerut-kerut halus.

Lebih dari itu, manfaat dari buah kelengkeng juga sangat baik untuk mata, karena bisa mencegah berbagai penyakit. Salah satunya, yaitu menekan risiko terkena penyakit mata akibat usia atau penuaan, seperti degenerasi makula dan katarak.

3. Menjaga Berat Badan


Untuk menjaga berat badan tetap stabil, maka kamu harus menghindari jenis-jenis makanan yang tinggi kalori. Sebaliknya, ganti daftar makanan tersebut dengan menu rendah kalori, seperti buah kelengkeng. Perlu diketahui, dalam 100 gram buah kelengkeng, kadar kalorinya hanya berkisar 200 kalori saja, sehingga sangat baik untuk pelaku diet.

banner consideration promotion bg blue

4. Memperkuat Tulang


Seorang wanita yang sudah masuk usia menopause dan kekurangan mineral tembaga, maka akan lebih berisiko terkena osteoporosis. Penyakit ini menyebabkan kepadatan tulang menjadi berkurang, sehingga tulang menjadi lebih rapuh.

Pada kondisi normal, seorang wanita dewasa memerlukan asupan mineral tembaga sebanyak 900 mikrogram per hari. Jika diaplikasikan ke dalam buah kelengkeng, maka porsi tersebut setara dengan 3.5 ons setiap hari.

5. Sebagai Anti Peradangan


Pada lapisan luar dan pulp buah kelengkeng mengandung asam galat, ellagic acid, dan epicatechin. Senyawa-senyawa tersebut mampu menghambat proses produksi bahan-bahan kimia proinflamasi. Itu artinya, buah kelengkeng juga bisa dimanfaatkan sebagai anti inflamasi atau peradangan di dalam tubuh.

6. Meningkatkan Memori


Selain berfungsi sebagai anti peradangan pada tubuh, senyawa di dalam kelengkeng juga mampu mengatasi peradangan otak. Lebih dari itu, kandungan polifenolnya juga mampu meningkatkan daya ingat serta melindungi bagian neuron dopamin di otak.

7. Manfaat untuk Ibu Hamil


Buah kelengkeng memang bagus untuk dikonsumsi oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga lansia, termasuk ibu hamil. Bagi wanita hamil, kelengkeng akan memberikan manfaat yang tak kalah besar. Beberapa di antaranya, yaitu meningkatkan stamina, mengatasi masalah pencernaan, mengobati retensi urin, sebagai sumber vitamin, dan lain-lain.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikian sederet manfaat buah kelengkeng dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, agar buah terbebas dari kotoran dan kuman. Selain itu, bagi Lemonizen yang punya masalah kesehatan khusus seperti diabetes, maka akan sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dahulu terhadap dokter sebelum mengkonsumsinya ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.