Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Kapan Waktu yang Tepat Memberikan Camilan untuk Anak? Ini Penjelasan Dokter

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
08 Jul 2021
Clock Icon
4 menit
Camilan anak

Lemoparents masih bingung kapan waktu ngemil (snack time) yang direkomendasikan untuk anak? Jangan khawatir, simak penjelasan lengkap dr. Rizqii Nurdiinii dari Tim Dokter Mamanesia berikut.


Snack time atau waktu ngemil pada anak biasanya sengaja diberikan agar mereka tidak terlalu lapar saat menunggu jadwal makan besar selanjutnya (dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti makan besar). Dengan menjadwalkan makan besar dan ngemil yang teratur, diharapkan dapat membantu melatih konsentrasi, daya ingat, serta aktivitas anak saat di sekolah maupun di rumah.

banner consideration shipping bg blue


Snack time biasanya dijadwalkan 3-4 jam setelah makan besar. Ini karena pengosongan lambung terjadi selama 2-4 jam setelah anak makan, sehingga saat camilan disajikan, keadaan lambung anak sudah kosong. Di saat yang sama, makanan yang dimakan saat makan besar tadi sudah menuju usus untuk kemudian diserap nutrisinya oleh tubuh.


Snack time dapat dilakukan 2-3 kali sehari dengan jadwal yang Lemoparents bisa atur sendiri. Contohnya, jika biasa jadwal sarapan anak pada pukul 7 pagi, maka Lemoparents bisa mengatur jadwal ngemil pertama pada pukul 10 pagi. Lalu jika jadwal makan siang si kecil pukul 12-1 siang, maka jadwal ngemil kedua sebaiknya pukul 3-4 sore.




Perhatikan Hal Berikut Saat Memberikan Camilan Pada Anak

Beberapa hal berikut perlu menjadi perhatian orang tua saat akan memberikan camilan kepada anak.

1. Porsi

Lemoparents harus ingat bahwa waktu ngemil atau snack time adalah waktu makan selingan di sela-sela makan besar, oleh sebab itu porsinya juga harus lebih sedikit dari porsi makan besar. Ini penting agar tak membuat anak terlalu kenyang dan mencegah mereka menolak makan di jadwal makan besar berikutnya.


Perhatikan pula jika anak makan banyak saat jadwal makan besar, mungkin saja mereka akan mengonsumsi lebih sedikit atau bahkan tidak mau makan saat snack time. Bila hal ini terjadi, Lemoparents tidak perlu memaksakan anak tetap ngemil ya. 


2. Bentuk

Lemoparents dapat memilih bentuk camilan atau snack yang mudah dan ringkas agar anak tidak membutuhkan waktu lama untuk menghabiskannya. Lemoparents juga dapat mencoba memberikan snack dengan berbagai tekstur pada anak, mulai dari yang padat hingga cair (jus atau homemade ice cream), snack basah (setup pisang), hingga camilan kering seperti crackers.


banner consideration promotion bg blue

3. Nutrisi

Saat memilih snack atau camilan untuk anak, pastikan selalu memerhatikan kandungan kalori, gula, garam, dan lemaknya. Untuk camilan anak, usahakan kalorinya berada di sekitar 100-150 kalori. Perlu diingat juga, snack time pada anak tujuannya bukan untuk membuat mereka kenyang melainkan untuk membuat mereka lebih tenang saat menunggu jadwal makan besar berikutnya. 


Perhatikan juga jenis makanan yang diberikan. Penuhi kebutuhan mikro gizi anak yaitu dengan makanan-makanan tinggi vitamin dan mineral. Snack time juga bisa menjadi momen yang tepat untuk memberikan tambahan nutrisi yang kurang saat makan besar pada anak. Misal, jika biasanya anak tidak mau makan sayur saat makan besar, Lemoparents dapat memberikan jenis camilan yang memiliki potongan kecil sayur di dalamnya. 


4. Waktu

Waktu ngemil sebaiknya djadwalkan 3-4 jam setelah makan besar. Pastikan membuat jadwal makan yang teratur agar jadwal makan besar dan ngemil tidak saling bertabrakan serta agar metabolisme anak tetap baik dan terjaga. Jika waktu makan besar terlalu lama dan jadwal makan anak jadi 1 jam sebelum jadwal makan biasanya, sebaiknya tidak memaksakan snacking time pada anak. Sebab dikhawatirkan anak akan menolak karena merasa masih kenyang. 


Jika anak sedang bosan dengan masakan rumah atau jika keluarga sedang bepergian, biasanya Lemoparents akan sulit mengajak si kecil snacking time. Ini dapat disiasati dengan sesekali memberikan camilan instan seperti crackers atau cookies. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Namun, Lemoparents harus tetap memastikan semua camilan instan tersebut tidak tinggi natrium, mengandung pengawet atau monosodium glutamat (gsm). Lemoparents juga sebaiknya menghindari cemilan yang mengandung minyak atau digoreng dengan banyak minyak.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.