Kapan Waktu yang Tepat Mengajarkan Anak Makan Sendiri Menggunakan Alat Makan?

08 Jan 2020 @ 14:26:28
Memasuki usia 6 bulan, si kecil sudah menunjukkan perkembangan fisik dan motorik yang cukup pesat. Selain tubuhnya sudah mampu untuk duduk tanpa bantuan, pencernaannya juga sudah siap untuk menerima makanan lain selain ASI. Pada fase ini anak-anak masih perlu bantuan untuk menyantap makanannya, namun seiring bertambahnya usia ia juga harus diajarkan untuk menggunakan sendok dan garpu sendiri.

Meski terlihat mudah, namun melatih anak untuk makan sendiri sebenarnya butuh proses yang panjang. Untuk itu, sebaiknya orang tua mulai mengajarkan anak makan sendiri secara bertahap sesuai usia dan masa perkembangannya.

Perkembangan Anak Menggunakan Alat Makan Sesuai Usia

Dilansir dari laman The Bump, Eileen Behan, RD, LD penulis buku The Baby Food Bible menjelaskan bahwa di usia 6-9 bulan anak sudah bisa menggenggam makanan dengan telapak tangan. Anak-anak juga mulai bisa menjumput makanan dengan jemari mungilnya. Pada usia ini anak mungkin sudah bisa menggenggam sendok dengan baik, namun belum bisa mengarahkannya ke mulut. 

Di usia 9-13 bulan anak-anak sudah mulai lebih leluasa dalam menggerakkan pergelangan tangannya. Lemomoms dapat melatih kemampuan anak menyendok dengan memberikan makanan yang dicincang kasar agar lebih mudah bagi anak untuk menyendok. Selingan makanan berupa finger food seperti sayuran rebus juga bisa Lemomoms berikan 1-2 kali sehari.  

Menginjak usia 14 bulan, umumnya anak lebih lancar menyendok dan memasukkan makanan ke dalam mulut meskipun masih berantakan. Terkadang anak-anak juga sering memainkan sendok atau menyembur makanan sehingga banyak yang tercecer. Tak perlu khawatir ya Lemomoms, fase ini pertanda si kecil sedang mengeksplorasi kemampuan barunya.

Tips Melatih Anak Makan Menggunakan Alat Makan 

Tak ada hasil yang instan dalam tahapan tumbuh kembang anak. Membiasakan anak untuk makan sendiri menggunakan alat makan seperti sendok dan garpu membentuk mereka jadi lebih mandiri dan bertanggung jawab dengan dirinya sejak usia dini. Makanya membentuk kebiasaan dan melatih kemampuan motorik anak sudah pasti membutuhkan waktu lama. Yuk, kenali beberapa yang perlu diperhatikan saat mengajari anak makan menggunakan sendok.

1. Buat Si Kecil Merasa Nyaman Saat Belajar 

Melatih anak makan sendiri berarti melatih anak untuk mandiri. Dudukkan anak di high chair atau baby chair agar anak mengenali waktu makan. Dengan menempatkan anak di kursinya sendiri, ia akan merasa lebih percaya diri untuk belajar makan sendiri. Lemomoms dan Lemodad juga bisa meletakkan mainan kesayangan si kecil di meja makan untuk membuat suasana makan semakin nyaman. 

2. Pilih Alat Makan yang Aman

Gunakan alat makan seperti piring, sendok, garpu dan gelas yang terbuat dari bahan plastik untuk mengurangi risiko pecah dan melukai si kecil. Lemomoms  juga bisa menggunakan alat makan bergambar karakter favorit si kecil untuk membuatnya makin semangat. Latih anak untuk menggunakan sendok terlebih dahulu. Jika sudah lancar, baru ajari anak menggunakan sendok dan garpu. 

3. Makan Bersama dengan Anggota Keluarga

Anak adalah peniru yang baik. Jadi, dengan seringnya mereka melihat orang dewasa makan di depannya, ia akan lebih mudah meniru cara makan sendiri yang baik. Makan bersama juga baik untuk meningkatkan ikatan antara keluarga. 

4. Bersabar Selama Proses Mengajari Mereka Makan Sendiri

Menurut laman NHS Greater Glasgow anc Clyde, anak baru akan lancar makan sendiri menggunakan alat makan ketika berumur 7 tahun, dan tak menutup kemungkinan akan terus berproses hingga remaja. Selama menuju usia tersebut, orang tua perlu bersabar jika baju anak dan meja makan kotor terkena makanan yang tumpah, atau anak tiba-tiba enggan menyelesaikan makanannya. Jika dilakukan dengan penuh ketekunan, lambat laun si kecil pasti akan lancar makan sendiri.

Nah, semangat ya Lemomoms dan Lemodad untuk mengajari si kecil kesayangan makan sendiri. Kalau ada yang punya pengalaman menarik saat proses mengajari si buah hati, boleh share ke Moni ya!

Artikel Terkait

5 Manajemen ASIP untuk Ibu Bekerja Agar Stok ASI Tercukupi
Memerah ASI juga membutuhkan manajemen yang baik agar jumlah yang diproduksi mencukupi kebutuhan bayi..
Shella Rafiqah Ully
18 September 2020
Perempuan Mandiri Secara Finansial? Ini 3 Keuntungannya!
Kamu bisa bergabung di program Wiranilo untuk mendapatkan penghasilan sendiri dan mandiri secara finansial..
Shella Rafiqah Ully
17 September 2020
Ulang Tahun Rafathar, Nagita Slavina Ajarkan Pola Hidup Sehat untuk Sang Buah Hati
Harapan Gigi dan Raffi, Rafathar bisa tumbuh meenjadi anak yang sehat dan bahagia..
Shella Rafiqah Ully
04 September 2020