Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Kasus Pasien Anak Akibat COVID-19 Tinggi, Orang Tua Harus Bagaimana?

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
23 Jun 2021
Clock Icon
6 menit
covid pada anak

Angka kasus COVID-19 kembali melonjak tajam di Indonesia. Selain muncul dengan varian baru, COVID-19 juga dapat menyerang siapa pun tanpa memandang usia. Mulai dari lansia, dewasa hingga anak-anak. 


Kabar terbaru menyebutkan bahwa kasus paparan COVID-19 pada anak-anak cukup tinggi. Dilansir dari CNBC Indonesia, Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr Aman Pulungan mencatat kasus positif COVID-19 anak usia 0-18 tahun mencapai 12,5%.

banner consideration shipping bg blue


Sementara saat ini untuk kasus kematian anak, Indonesia tercatat sebagai negara dengan angka kematian anak paling tinggi di dunia yakni 3-5%. Kasus kematian ini pun diketahui banyak terjadi pada anak dengan usia balita. Bahkan saat ini diketahui satu dari delapan pasien COVID-19 di Indonesia adalah anak-anak.


Namun, Lemoparents jangan buru-buru panik usai mendengar kabar ini ya. Paparan virus COVID-19 pada kenyataannya tetap bisa dicegah, kok. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan lengkap dokter di bawah ini.

Bagaimana Penularan COVID-19 Bisa Terjadi pada Anak?


Menurut dr. Pritta Diyanti dari Tim Dokter Mamanesia, penularan COVID-19 pada anak juga bisa terjadi karena mobilitas orang dewasa yang tinggi (karena masih sering beraktivitas di luar rumah).


Selain itu, anak juga bisa tertular bila masih ikut bepergian ke luar rumah dan orang tua lengah terhadap protokol kesehatan atau malah tidak menerapkan protokol kesehatan secara maksimal pada anak. 


Orang tua harus lebih ketat mengawasi anak saat harus mengajak mereka beraktivitas di luar rumah, termasuk di saat-saat tertentu seperti:


  • Anak memegang berbagai benda tanpa pengawasan, lalu orang tua abai atau lupa mencuci tangan anak setelah memegang benda tersebut.

  • Anak bermain atau melakukan kontak langsung tanpa menggunakan masker (misalnya saat bermain dengan teman di komplek rumah).

  • Anak dibiarkan menerima atau memberi pelukan serta ciuman kepada orang lain

  • Masih sering bepergian dengan urgensi yang rendah atau ke tempat keramaian yang minim protokol kesehatan bahkan makan di luar dan membuka masker terlalu lama.


Seperti Apa Gejala COVID-19 Pada Anak?

Infeksi COVID-19 pada anak maupun orang dewasa sebenarnya dapat menimbulkan gejala yang tidak jauh berbeda. Bila terinfeksi virus ini, secara umum anak akan mengalami batuk atau demam.


Namun di samping itu, gejala lain juga dapat muncul seperti:


  • Diare

  • Kelelahan

  • Sakit kepala

  • Mual

  • Muntah

  • Sesak napas

  • Sakit tenggorokan 

  • Gangguan pada indera penciuman

banner consideration promotion bg blue


Namun tidak sedikit juga anak yang tidak menunjukan gejala setelah terinfeksi COVID-19. Secara ilmiah, kasus seperti ini disebut sebagai asimptomatik. 

Tips Agar Anak Terlindungi dari Paparan COVID-19

Menurut siaran pers dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, hal utama yang perlu dilakukan agar anak terlindungi dari paparan COVID-19 adalah dengan berdiam diri di rumah. 


Namun bila ada urusan yang mendesak dan anak perlu keluar rumah, protokol kesehatan perlu diterapkan secara lebih hati-hati.


Berikut tips pencegahan penularan COVID-19 saat anak harus keluar rumah yang dikutip dari siaran pers IDAI:


1. Anak perlu selalu didampingi orangtua

2. Anak harus menjaga jarak fisik sejauh 2 meter

3. Anak usia 2-18 tahun dan orang dewasa dianjurkan menggunakan masker. Jika dirasakan penggunaan masker tidak bisa dilakukan secara maksimal, maka dapat ditambahkan penggunaan face shield.

4. Menggunakan barrier atau penghalang sesuai alat yang sedang dipakai saat bepergian seperti menggunakan kereta dorong dengan penutup untuk anak di bawah usia 2 tahun

5. Menjauhi orang sakit

6. Melakukan cuci tangan atau kebersihan tangan sesering mungkin

7. Menghindari memegang mulut, mata dan hidung

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Nah itu tadi informasi seputar kasus COVID-19 pada anak yang kini sedang hangat diperbincangkan. Untuk menghadapi situasi pandemi, Lemoparents tidak perlu panik ya. Namun pastikan semua anggota keluarga menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan menjaga pola hidup yang sehat. 

Artikel kesehatan ini telah di-review oleh Tim Dokter Mamanesia.


Referensi:
CDC. (2021). COVID-19 Information for Pediatric Healthcare Providers 
IDAI. (2021). Anjuran Ikatan Dokter Anak Indonesia Mengenai Aktivitas Anak di Luar Rumah Selama Masa Pandemi COVID-19 
CNBC Indonesia. (2021). Ikatan Dokter Anak: 12,5% Pasien Covid-19 Adalah Anak-Anak
Healthline. (2021). What to Know About COVID-19, Variants, and Children 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.