Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Kaya Gizi! dan 6 Manfaat Mangga Baik untuk Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
29 Jan 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak manfaat mangga yang penting untuk tubuh.
Buah mangga merupakan buah yang cukup populer dan menjadi favorit kebanyakan orang. Selain memiliki rasa manis asam yang memanjakan lidah, manfaat mangga juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat mangga juga dapat menyehatkan kulit dan sistem pencernaan di dalam tubuh.

Selain itu juga mangga memiliki kandungan berbagai nutrisi yang tinggi seperti protein, serat, asam folat, tiamin, magnesium, riboflavin, dan vitamin C, A, B6, E, K yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu juga di dalam mangga juga terdapat zat besi, fosfor, asam pantotenat, selenium, dan kalsium dalam jumlah lebih kecil.
banner consideration shipping bg blue

Mangga seberat 155 gram mengandung hampir 70 persen kebutuhan vitamin C pada tubuh. Selain mengandung nutrisi di atas, mangga juga mengandung polifenol yang bermanfaat sebagai antioksidan, yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Tingginya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya membuat mangga menjadi buah yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit.

Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat menghambat dan mengurangi tanda-tanda kerusakan pada kulit. Inilah berbagai manfaat dari mengkonsumsi mangga:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh



Tingginya kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada di dalam buah mangga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Vitamin C dan antioksidan memiliki peran dalam proses pembentukan sel darah putih yang bertugas untuk melawan penyakit infeksi.

2. Dapat Mencegah Jerawat



Manfaat mangga selanjutnya yaitu dapat mencegah jerawat pada wajah. Mengoleskan mangga ke kulit wajah juga dapat membantu membersihkan pori-pori dan mencegah timbulnya jerawat dan komedo di area wajah. Ekstrak mangga juga sangat baik untuk kesehatan kulit yang dapat membantu kulit menjadi lebih sehat karena dapat membersihkan bakteri pada kulit wajah.

3. Meningkatkan Kadar Kolagen



Telah diketahui juga bahwa mangga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C memiliki peran dalam proses pembentukan kolagen. Kolagen merupakan protein asam amino yang berperan penting untuk pertumbuhan sel-sel kulit. Kolagen dan keratin bertugas membentuk jaringan kulit yang lebih indah seperti meningkatkan elastisitas, menghaluskan, dan mencegah kerutan pada kulit.
banner consideration promotion bg blue

4. Membantu Sistem Pencernaan



Di dalam buah mangga mengandung enzim amilase yang merupakan enzim yang bertugas memecah molekul makanan menjadi lebih kecil sehingga usus dapat dengan mudah menyerap nutrisi yang ada di dalam makanan tersebut. Enzim amilase biasanya ditemui pada buah mangga yang sudah matang. Selain itu juga, mengkonsumsi buah mangga dapat mencegah seseorang mengalami gangguan pencernaan seperti diare dan konstipasi.

5. Menjaga Kesehatan Mata



Mangga juga mengandung vitamin A dan antioksidan yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Antioksidan yang terkandung dari buah mangga yaitu lutein dan zeaxanthin yang juga berperan dalam menjaga kesehatan mata.

6. Mengurangi Efek Buruk Panas Matahari



Kandungan antioksidan yang ada di dalam buah mangga disinyalir memiliki potensi dalam mengurangi efek buruk matahari, seperti tanda kerusakan pada kulit. Dengan proses mengurangi oksidasi sel kulit. Sebuah studi penelitian yang dilakukan di Korea menguji khasiat buah mangga terhadap efek buruk dari paparan sinar matahari dengan menggunakan tikus tanpa bulu.

Pada tubuh tikus tersebut diberi plasebo atau air dengan ekstrak buah mangga setiap harinya. Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa tikus yang diberikan plasebo ekstrak buah mangga memiliki kerutan yang lebih kecil dan mengalami lebih sedikit efek buruk dari paparan sinar matahari.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, itulah tadi beberapa manfaat mangga yang perlu kamu ketahui. Mengkonsumsi buah mangga selain menyegarkan mulut karena rasanya yang enak dan segar dapat juga menjaga kesehatan bagian-bagian tubuh, mulai dari kulit, mata, hingga sistem pencernaan. Sehingga sangat baik dikonsumsi setiap hari dengan porsi yang sesuai dan tidak berlebihan.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.