Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Benarkah KB Suntik Pengaruhi Berat Badan dan Siklus Menstruasi? #CurhatSehat

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
04 Mar 2021
Clock Icon
4 menit
Efek samping KB suntik

Hai Lemonizen, selamat datang di #CurhatSehat bersama Lemonilo. #CurhatSehat adalah ruang di mana kamu bisa menanyakan semua masalah kesehatan yang kamu alami dan nantinya akan dijawab langsung oleh Tim Dokter Mamanesia (dr. Rizqii Nurdini).banner consideration shipping bg blue

#CurhatSehat edisi kali ini, Lemonilo memilih 3 pertanyaan dari Lemonizen yang ditanyakan melalui akun instagram Lemonilo pada 25 Februari - 3 Maret. Yuk, simak jawaban lengkap dokter untuk setiap pertanyaan tersebut!



1. Apa itu KB suntik 3 bulan?

KB suntik per 3 bulan merupakan pilihan alat kontrasepsi yang tepat bagi Lemomoms yang enggan untuk menggunakan alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR). KB suntik ini berisi progestin, yakni zat yang berupa hormon progesterone dan punya efek serupa dengan hormon tersebut. 

Sebagian besar perempuan memilih kb suntik 3 bulan karena  alat kontrasepsi dalam rahim cenderung memiliki efek samping seperti nyeri saat haid, perdarahan haid yang lebih panjang dan lama, atau khawatir akan lupa jika harus minum obat rutin setiap hari 


2. Bagaimana cara kerja KB suntik?


KB suntik mengandung progestin, senyawa sintetik menyerupai progesterone alami tubuh. Nantinya senyawa ini akan menduduki reseptor hormon progesterone dalam tubuh kemudian menimbulkan efek yang serupa dengan hormon tersebut. 

Progestin akan menghambat pelepasan sel telur, sehingga menghindari terjadinya pembuahan. Selain itu, hormon ini juga mencegah sperma untuk mencapai sel telur dengan cara menebalkan cairan vagina dan mencegah pertumbuhan janin dengan menipiskan dinding rahim sehingga sel telur yang dibuahi tidak dapat menempel pada dinding rahim.

banner consideration promotion bg blue

3. Untuk siapa KB suntik dipergunakan?


KB suntik per 3 bulan ini cocok untuk perempuan yang ingin memberi jarak yang cukup pada kehamilannya. Sebab, efek progestin yang berada di dalam tubuh bertahan cukup lama. Kemungkinan terjadinya kehamilan minimal 10 bulan sejak terakhir kali suntik.

Perempuan yang punya masalah haid seperti perdarahan yang banyak atau nyeri yang sangat saat haid juga dianjurkan untuk memilih metode ini karena mampu untuk mengurangi gejala-gejala di atas.

Perempuan yang tidak bisa mengonsumsi senyawa estrogen karena kondisi medis tertentu juga dapat menggunakan jenis kontrasepsi yang satu ini karena didalamnya hanya terkandung progestin murni tanpa ada senyawa lain yang menyerupai estrogen. Metode ini juga bisa langsung digunakan setelah melahirkan serta aman untuk ibu yang sedang menyusui. 

4. Apakah benar efek samping KB suntik itu kenaikan berat dan perubahan siklus haid? 


Selain manfaat yang cukup banyak, KB suntik juga punya efek samping. Efek samping KB suntik ini dapat bertahan cukup lama sehingga Lemomoms yang ingin segera hamil kembali, sebaiknya tidak memilih metode ini.

Beberapa perempuan juga mengeluhkan kenaikan berat badan. Hal ini bisa terjadi akibat retensi cairan yang merupakan salah satu efek dari progestin. Meski begitu, penelitian menunjukkan bahwa kenaikan berat badan biasanya kurang dari 2kg per tahun.

Di samping itu, efek lainnya adalah haid yang menjadi tidak teratur atau tidak haid sama sekali.  Sekitar 1 dari 10 wanita, mengalami haid yang tidak teratur, hanya sedikit sekali haidnya atau sama sekali tidak mengalami  haid setelah 1 tahun menggunakan metode ini.

5. Apakah KB suntik boleh digunakan untuk siapa saja?


Nggak semua perempuan bisa menggunakan metode suntik KB ini. Perempuan lansia, pemilik penyakit diabetes mellitus, penyakit stroke, penyakit jantung koroner, hipertensi serta  penyakit pembuluh darah lainnya tidak disarankan menggunakan metode ini.

Pasalnya KB suntik punya risiko meningkatkan atau memperparah kondisi penyakit-penyakit tersebut. Perempuan yang punya risiko osteoporosis juga tidak dianjurkan untuk menggunakan metode kontrasepsi yang satu ini karena KB suntik kemungkinan dapat menurunkan kepadatan tulang.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, gimana Lemonizen? Semoga terbantu ya dengan jawaban yang diberikan oleh Tim Dokter Lemonilo. Tulis di kolom komentar, kalau kamu punya keluhan atau masalah kesehatan lainnya yang ingin dicurhatin!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.