Kebiasaan Ngemil Berbahaya Untuk Penderita Diabetes?

07 Sep 2018 @ 11:28:31
Diabetes masuk dalam jajaran penyakit mematikan di dunia, bersanding dengan kanker dan penyakit jantung (data WHO). Diabetes muncul akibat ketidakmampuan insulin yang dihasilkan oleh pankreas untuk memecah glukosa dan gula yang ada di dalam tubuh. Hasilnya, kadar gula darah menjadi tinggi dan menimbulkan diabetes. Dalam keadaan ini, seorang penderita diabetes akan dibatasi aktivitasnya, termasuk ngemil. 

Ada sebuah anggapan di masyarakat bahwa kebiasaan ngemil tidak baik atau bahkan berbahaya untuk penderita diabetes. Kebiasan ngemil dianggap dapat menaikkan kadar gula darah secara drastis di dalam tubuh. Padahal, penderita diabetes masih diperbolehkan ngemil. Hanya, beberapa pilihan cemilan untuk penderita diabetes perlu dipilih dan diperhatikan dengan betul-betul. 

1. Veggie Hummus, Cemilan Sehat Untuk Diabetes Dengan Tekstur Creamy

Veggie Hummus, Cemilan Sehat Untuk Diabetes Dengan Tekstur Creamy

Beberapa dari kamu mungkin masih asing dengan sebuah cemilan bernama Hummus, yaitu satu jenis makanan yang punya tekstur kental dan padat (persis selai) yang dibuat dari kacang buncis atau chickpeas. Umumnya, hummus dikonsumsi dengan chips atau sayuran yang buat rasanya makin kaya. Hummus kaya akan protein, serat, vitamin, dan mineral. Healthline mengutip sebuah studi yang menyebutkan bahwa penelitian menyebutkan mereka yang mengonsumsi sarapan dengan hummus punya kadar gula darah 4x lebih rendah daripada mereka yang tidak atau hanya mengonsumsi roti saja.  

2. Telur Rebus Matang, Cemilan Kaya Protein Untuk Penderita Diabetes

Telur Rebus Matang, Cemilan Kaya Protein Untuk Penderita Diabetes

Untuk memilih cemilan untuk penderita diabetes, tentunya kamu bisa mencoba memberikan telur rebus sebagai cemilan sehat. Telur rebus matang kaya akan protein yang baik untuk kebiasaan ngemil para penderita diabetes karena mampu menahan gula darah untuk naik terlalu tinggi sehabis makan. Studi yang dikutip oleh Healthline, menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi telur rebus matang punya kadar gula darah yang cenderung stabil dibandingkan mereka yang tidak. Telur rebus matang ini bisa dimakan langsung atau sebagai pelengkap dalam salad. 

3. Yogurt Dengan Topping Berries, Cemilan Sehat Untuk Penderita Diabetes yang Punya Kebiasan Ngemil

Yogurt Dengan Topping Berries, Cemilan Sehat Untuk Penderita Diabetes yang Punya Kebiasan Ngemil

Gula darah yang cepat naik pada penderita diabetes biasanya disebabkan oleh proses metabolisme yang cenderung lambat. Untuk mengatasinya, cobalah mulai untuk ngemil yogurt dengan beberapa butir berry di dalamnya. Antioksidan dalam berry memberikan kandungan antioksidan yang baik untuk cegah inflamasi dan mencegah kerusakan pada organ pankreas, organ yang memproduksi insulin. Selain itu, berry dan yogurt baik untuk meningkatkan kerja pencernaan karena masing-masing mempunyai kadar serat dan probiotik yang tinggi untuk mengaktifkan sistem pencernaan yang lebih optimal.

4. Alpukat, Buah Kaya Lemak yang Baik Untuk Kebiasaan Ngemil Penderita Diabetes

Alpukat, Buah Kaya Lemak yang Baik Untuk Kebiasaan Ngemil Penderita Diabetes

Jika kreasi cemilan yang sebelumnya terasa kurang cocok, mungkin kamu bisa beralih ke yang alami, yaitu buah-buahan. Salah satu jenis buah yang ramah terhadap penderita diabetes adalah alpukat. Secara umum, buah ini rendah gula dan kaya akan lemak baik yang bantu jaga organ-organ penting tubuh. Selain itu, lemak tak jenuh tunggal dalam buah alpukat dapat membantu menahan kadar gula darah dalam tubuh kamu tidak naik begitu tinggi sehabis makan. 

5. Cottage Cheese, Keju yang Sehat dan Ramah Untuk Penderita Diabetes

Cottage Cheese, Keju yang Sehat dan Ramah Untuk Penderita Diabetes

Untuk topping atau bahan makanan, kamu bisa coba untuk mengonsumsi cottage cheese sebagai keju yang baik dan ramah untuk penderita diabetes. Lemak baik dan kandungan probiotik dalam keju memberikan kesehatan pencernaan bagi tubuh penderita diabetes dan mencegah gula darah melonjak sehabis makan. Biar begitu, kamu perlu cermat dalam memilih brand atau merk cottage cheese karena beberapa produsen memasukkan gula tambahan di dalam keju buatan mereka.

Sudah ngemil apa hari ini, Lemonizen?


Artikel Terkait

Stunting itu Berbahaya Lho, Bunda! Kenali Gejala, Bahaya, dan Penanganannya Sejak Dini!
Pernah nggak sih Bunda ngelihat anak-anak yang tingginya kurang? Di beberapa daerah, anak-anak seperti ini ser..
Andesma. W
18 Oktober 2018
Sering Stuck dan Telat Mikir? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya!
Stuck dan telat mikir seringkali mengganggu aktivitas ya, guys? Ketika pekerjaan lagi banyak-banyaknya, otak kamu m..
OT Handoko
17 Oktober 2018
Lebih Dekat Dengan Abigail Cantika & Kebiasaan Sehatnya
Sebagai tech-based healthy lifestyle brand, tidak ada kata bosan untuk Lemonilo dalam memberikan edukasi dan membentuk h..
OT Handoko
17 Oktober 2018