Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Kembalikan Semangat dan Energi, Ini 7 Makanan yang Bisa Memperbaiki Mood

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
24 Feb 2021
Clock Icon
9 menit
Makanan yang bisa meningkatkan mood

Punya pekerjaan yang menumpuk, lingkungan kerja yang toxic, bermasalah dengan pasangan, dan beberapa hal lain bisa membuat harimu terasa sangat melelahkan. Jika sudah demikian, kamu menjadi lebih emosional, sensitif, dan tidak bersemangat untuk melanjutkan aktivitas.

banner consideration shipping bg blue


Tapi tenang, untuk memperbaiki mood di hari yang kacau, makanan bisa menjadi obat yang ajaib. Tentu saja makanan yang dimaksud adalah asupan sehat seperti buah, sayur, dan biji-bijian.


Bagi yang ingin mencerahkan hari dengan memperbaiki mood, berikut adalah 7 makanan yang mampu meningkatkan mood, dilansir dari Good House Keeping dan Healthline.

1. Pisang



Pisang merupakan buah yang mengandung vitamin B6 yang dapat membantu mencegah penurunan kognitif.


Selain itu, vitamin B6 dalam pisang juga bisa meredakan gejala Premenstrual syndrome (PMS) yang berkaitan dengan mood dan emosi. Ditambah lagi, setiap buah pisang menawarkan sekitar 12 persen dari kebutuhan serat harian. Sehingga konsumsi pisang sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

2. Cokelat hitam



Sudah bukan rahasia lagi bahwa cokelat hitam adalah makanan yang dapat meningkatkan mood. Gula di dalamnya mampu memperbaiki mood karena merupakan bahan bakar yang cepat untuk otak.

Cokelat hitam juga kaya akan flavonoid yang telah terbukti mampu meningkatkan aliran darah ke otak, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan otak yang semuanya dapat mengatur suasana hati.

3. Bayam



Bayam menjadi salah satu sayuran yang sangat sehat berkat kandungan nitratnya. Bayam mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan risiko penyakit jantung.

Selain itu, nitrat dalam bayam juga membantu meningkatkan kondisi fisik. Dengan demikian, mengonsumsi bayam tidak hanya akan memperbaiki mood tetapi juga menambah kekuatan fisik.

4. Oat



Oat merupakan biji-bijian padat nutrisi yang tidak hanya menyehatkan, tetapi juga bisa membuatmu lebih bersemangat.

Termasuk sumber serat yang baik, oat dapat memperlambat pencernaan karbohidrat yang memungkinkan pelepasan gula ke aliran darah secara bertahap.

banner consideration promotion bg blue

Bahkan dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi 1,5-6 gram serat saat sarapan ditemukan memiliki suasana hati dan energi yang lebih baik, lho.

5. Selai kacang



Suka sarapan dengan roti gandum? Coba tambahkan olesan selai kacang di atas roti gandum panggang untuk mencerahkan harimu.

Protein penambah energi dan lemak sehat yang terdapat dalam dua sendok makan selai kacang mampu membantumu lebih kenyang dan mengurangi dorongan untuk makan makanan yang tidak bergizi.

Rasa selai kacang yang manis dengan tekstur yang sedikit crunchy akan memanjakan dirimu sebelum kembali menjalani hari.

6. Makanan fermentasi



Ada banyak makanan yang diproses secara fermentasi, di antaranya adalah kimchi, yogurt, kombucha, dan kefir. Tak hanya mampu meningkatkan kesehatan usus, makanan fermentasi juga memungkinkan suasana hati yang lebih baik.


Probiotik dalam makanan fermentasi dapat meningkatkan kadar serotonin, neurotransmitter yang memengaruhi aspek perilaku seperti suasana hati, respons, nafsu makan, dan dorongan seksual. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua makanan atau minuman fermentasi merupakan sumber probiotik yang baik.

7. Semangka



Mood yang buruk akan membuatmu kehilangan energi dan tidak semangat untuk menuntaskan pekerjaan. Untuk mengatasinya, cobalah mengonsumsi semangka, buah segar dan manis yang akan membantumu menghidrasi tubuh. Mengonsumsi satu porsi semangka mampu membuatmu lebih semangat, menambah energi, dan mengusir kantuk.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah Lemonizen, diantara pilihan makanan di atas, mana nih makanan favorit kamu?

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.