Kempesin Jerawat dengan Masker Tomat, Kamu Bisa Bikin dengan Gampang!

14 Des 2019 @ 17:57:46
Jerawat bukan akhir dari segalanya, girls! Mungkin kehadirannya memang mengganggu dan sering bikin bete, tapi sebenarnya jerawat yang tumbuh di permukaan kulit terutama wajah adalah hal yang wajar. 

Dilansir dari Alodokter, dr. Tjin Willy membenarkan kalau jerawat itu sebenarnya bisa timbul karena banyak faktor mulai dari perubahan hormon, sebum (kelenjar minyak) berlebih dan folikel rambut yang tersumbat. 80% jerawat yang timbul pada wanita bahkan rata-ratanya karena perubahan hormon pada masa tertentu seperti saat-saat jelang menstruasi atau tiga bulan pertama masa kehamilan.

Jadi, please mulai sekarang kamu nggak perlu khawatir dan minder lagi kalau lagi jerawatan ya. Kamu hanya harus terus menjaga asupan makanan, mengontrol stres dan tidur cukup demi keseimbangan hormon, dan rajin cuci muka serta pakai bahan-bahan alami yang bisa membantu mengempeskan jerawat. 

Kecuali tipe kulitmu memang yang rentan jerawatan, ya kamu sebaiknya langsung menghubungi dermatologist agar mendapat penanganan yang tepat.
Salah satu bahan alami yang bisa membantu menyembuhkan jerawatmu adalah masker tomat. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan gampang di rumah. Siapkan perasan air tomat dan oatmeal atau yoghurt tawar. Campur air tomat dengan salah satu bahan hingga kental seperti pasta. Oleskan masker tomat di wajah secara merata dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Setelah kering bilas wajah dengan bersih.



Kamu juga bisa mencoba alternatif lain yaitu mengompres wajah dengan kapas yang dicelupkan perasan air tomat. Cara membuatnya, peras atau cacah tomat hingga menghasilkan banyak air lalu saring. Celupkan kapas pada air tomat lalu tempelkan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat hingga bersih.

Nggak Cuma Ampuh Usir Jerawat, Tomat Punya Banyak Manfaat Lain Buat Kesehatan Kulit

Tomat dikenal sebagai sumber vitamin A dan vitamin C juga kaya akan mineral seperti potassium dan magnesium. Beberapa manfaat lain dari tomat diantaranya:

1. Kandungan Lycopene pada tomat berfungsi sebagai antioksidan

Kulit yang terpapar matahari memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker kulit nonmelanoma. Dilansir dari laman Skin Cancer, dua jenis kanker kulit nonmelanoma yang paling sering terjadi adalah basal cell carcinoma (BCC) dan squamous cell carcinoma (SCC) yang terjadi akibat pertumbuhan abnormal sel basal dan sel sqoamous. Kandungan lycopene dalam tomat termasuk dalam golongan antioksidan kuat yang dapat mencegah dan memperlambat beberapa jenis kanker, termasuk salah satunya kanker kulit. 


2 Tomat juga dapat membantu mengurangi sunburns

Penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi tomat yang kaya lycopene menunjukkan bahwa kadar sensitivitas kulitnya pada sinar UV menurun. Hal ini diduga karena lycopene juga mengandung photo-protective effect yang membantu melindungi kulit dari sinar matahari. 

Meskipun kandungan tomat dapat membantu mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari, peneliti tidak menyarankan untuk mengoleskan tomat sebagai pengganti sunscreen. Sebaiknya tetap gunakan sunscreen sebagai pelindung kulit saat beraktivitas di luar rumah. 

3. Vitamin C yang banyak pada tomat dapat merangsang produksi kolagen

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tomat adalah salah satu sumber vitamin C yang baik. Selain membantu meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C dalam tomat juga dapat merangsang produksi kolagen. Bagi kulit wajah, kolagen dapat membantu mengurangi keriput dan garis halus di sekitar mata, dahi dan bibir.  

Nah, itu dia manfaat masker tomat secara alami bagi kesehatan kulit. Tapi, ngomongin masalah perawatan kulit sebenarnya ada satu hal yang penting sekali untuk diperhatikan. Bahwa kulit manusia sebenarnya berbeda-beda tingkat sensitivitasnya dan efek dari sari tomat juga akan berbeda reaksinya pada masing-masing kulit.

Kalau kulitmu adalah tipikal kulit sensitif, sebaiknya lakukan patch test lebih dulu di bagian kulit yang lain (rahang atau tangan) sebelum mengaplikasikan masker tomat di wajah untuk menghindari reaksi gatal-gatal, kemerahan ataupun iritasi. Selamat mencoba, kasih tau Moni hasilnya ya!

Artikel Terkait

Punya Masalah Kulit Wajah Kering? 7 Rekomendasi Buah Ini Bantu Kulit Lebih Sehat
Inilah beberapa pilihan buah yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi kulit wajah yang kering...
Shella Rafiqah Ully
30 September 2020
Ketahui 6 Manfaat Masker Putih Telur dan Cara Membuatnya
Ada banyak sekali manfaat masker putih telur untuk kesehatan kulit wajah dan kecantikan kamu..
Rizki Indra
17 September 2020
7 Manfaat Air Mawar yang Bukan Hanya Untuk Hiasan Ruangan
Ada 7 manfaat air mawar yang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit kamu, apa aja sih?..
Rizki Indra
17 September 2020