Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Kenali 4 Manfaat Vitamin K yang Baik Untuk Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
11 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat vitamin K yang penting untuk tubuh.

Meski namanya tidak sepopuler vitamin A, B, dan C, namun sesungguhnya vitamin K termasuk zat penting yang harus diperoleh tubuh. Manfaat Vitamin K sangat banyak untuk tubuh dan memegang peranan penting dalam proses pembekuan darah, selain itu zat ini juga memiliki manfaat yang lain. 

banner consideration shipping bg blue

Vitamin K dapat Anda temui pada berbagai jenis sayuran hijau dan produk hewani. Terdapat banyak manfaat yang bisa Anda peroleh bila mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K secara rutin. Berikut adalah beberapa manfaat vitamin K bagi tubuh:

1. Membantu Proses Pembekuan Darah Secara Normal


Di dalam tubuh, vitamin K berperan dalam pembentukan protrombin, yaitu protein yang sangat penting dalam proses pembekuan darah. Kekurangan protrombin membuat tubuh mudah mengalami memar meski terkena cedera ringan. Darah akan terus mengalir dan sulit membeku walaupun tubuh hanya terkena goresan kecil.

Vitamin K sangat berperan untuk menghentikan perdarahan pada tubuh, baik secara internal maupun eksternal. Para wanita diharapkan untuk rutin mengkonsumsi vitamin K karena baik untuk menghentikan pendarahan berlebihan saat menstruasi. Mengonsumsi vitamin K juga diyakini dapat mengurangi gejala nyeri yang ditimbulkan oleh menstruasi.

2. Menjaga Tulang Agar Tetap Sehat


Vitamin K berfungsi dalam proses pembentukan protein Osteokalsin di dalam tulang yang memengaruhi penyerapan Kalsium. Osteokalsin, Kalsium, dan mineral lain di dalam tubuh berguna dalam proses pengerasan tulang. Osteokalsin juga berperan dalama mengatur ukuran dan bentuk tulang.

Osteokalsin tidak dapat terbentuk pada tubuh yang defisit vitamin K. Kepadatan tulang akan menurun karena proses pengerasan tulang tidak berjalan dengan baik. Tubuh akan rentan mengalami gejala osteoporosis. Agar terhindar dari osteoporosis, wanita yang telah memasuki masa menopause dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin K secara rutin.

3. Melancarkan Aliran Darah dan Menjaga Kesehatan Jantung

Vitamin K di dalam tubuh bertugas mengontrol mineral Kalsium agar tetap berada di dalam tulang. Vitamin K menjaga Kalsium agar tidak sampai menumpuk di pembuluh darah karena mineral ini dapat menyumbat pembuluh darah. Kalsium yang menumpuk dapat menyebabkan pengapuran dan penyempitan di pembuluh darah (arteriosklerosis).

banner consideration promotion bg blue

Vitamin K bertugas menggiring Kalsium dari darah hingga tulang supaya tidak menumpuk di pembuluh darah. Aliran darah menjadi lancar dan fleksibilitas arteri tetap terjaga. Aliran darah yang lancar mengakibatkan tekanan darah tetap berada di batas normal. Artinya mengonsumsi vitamin K secara teratur dapat mengontrol tekanan darah.

Kondisi pembuluh darah yang tidak tersumbat dan menyebabkan aliran darah menjadi lancar akan membuat jantung tetap bekerja secara normal. Itulah sebabnya mengkonsumsi vitamin K dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan resiko penyakit kardiovaskular.

4. Menjaga Fungsi Otak


Sejumlah penelitian dilakukan terhadap lansia mengenai pengaruh vitamin K terhadap fungsi kognitif otak. Kemampuan kognitif antara lain mencakup kemampuan berpikir, mengingat, menganalisa, dan mengambil keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lansia dengan kadar vitamin K paling tinggi di dalam darah memiliki daya ingat yang paling baik.

Hal ini berarti mengonsumsi vitamin K secara teratur akan menjaga kemampuan kognitif pada otak. Pemberian vitamin K pada lansia dapat membantu menurunkan resiko kepikunan. Tidak hanya pada lansia, vitamin K juga baik untuk perkembangan fungsi otak pada anak-anak dan remaja.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah manfaat vitamin K yang dapat diulas kali ini. Anda dapat mengolah sayuran hijau, daging sapi, ayam atau sumber vitamin K lain dengan cara yang benar untuk mendapatkan manfaatnya. Dengan begitu, manfaat dari vitamin ini bisa diserap maksimal untuk tubuh.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.