Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Kenali 5 Jenis-jenis Penjualan yang Bikin Cuan!

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Jenis-jenis penjualan penting diketahui pengusaha pemula.

Penjualan merupakan salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan dan selalu terjadi setiap saat. Salah satu cara orang untuk mendapatkan penghasilan dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari adalah melalui berjualan. Lalu, tahukah kamu apa saja jenis-jenis penjualan yang umum dilakukan? Jika belum, inilah beberapa jenis penjualan yang harus kamu pahami:

1. Trade Selling


Jenis penjualan yang pertama merupakan penjualan di mana produsen memberikan kebebasan pada pengecer untuk melakukan perbaikan distribusi pada produknya. Titik berat penjualan ini berada pada distributor yang melakukan pemasaran untuk memaksimalkan penjualan.

2. Missionary Selling


Penjualan jenis kedua, adalah penjualan yang terjadi pada produsen yang mempunyai penyalur produk sendiri. Penjualan ini dilakukan dengan membuat pembeli terdorong untuk melakukan pembelian produk pada penyalur.

3. Technical Selling


Artinya penjual melakukan penjualan sebuah produk yang dibutuhkan konsumen untuk memecahkan masalah yang dimiliki para konsumen tersebut. Jadi penjualan jenis ini mempunyai orientasi pasar sendiri.

4. New Business Selling


Bentuk dari penjualan jenis ini adalah perusahaan asuransi. Intinya jenis penjualan ini dilakukan untuk menaikkan penjualan dengan mencari konsumen atau pelanggan baru.

5. Responsive Selling


Jenis penjualan yang terakhir ini mempunyai orientasi pada kepuasan konsumennya. Penjual akan memberikan pelayanan terbaik dengan cara memberikan respon yang baik pada reaksi yang dibuat pembeli. Dari penjualan ini akan tercipta hubungan dengan kepercayaan yang kuat antara pembeli dan penjual.

Bentuk-bentuk Penjualan

Selain jenisnya, penjualan juga terbagi atas beberapa bentuk. Inilah beberapa bentuk penjualan yang umum dilakukan:

1. Penjualan Tunai

Bentuk penjualan tunai artinya penjualan yang pembayarannya hanya secara tunai. Pada pembelian secara tunai, pembeli harus langsung membayar dan melunasi produk yang dibeli sesuai dengan harga yang sudah disepakati. Penjualan tunai ini bisa dilakukan secara online maupun offline. Tentunya penjualan jenis ini yang lebih banyak berlaku dan dilakukan masyarakat.

2. Penjualan Kredit

Bentuk penjualan kredit ini bertolak belakang dengan penjualan tunai. Dalam penjualan kredit, pembelian membayar produk yang dibeli dengan mencicil atau mengangsur sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli. Sekarang jenis penjualan ini sudah bisa dilakukan dengan cara online.

3. Penjualan Tender

Bentuk yang ketiga ada penjualan tender yang artinya dilakukan dengan cara lelang. Penjual di sini mempresentasikan produk pada pembeli, dan pembeli yang mampu membayar dengan harga tertinggi yang akan mendapatkan barang terbaik yang diinginkan.

4. Penjualan Ekspor

Lalu ada juga penjualan ekspor, ini merupakan penjualan yang biasa dilakukan antar negara. Produk yang dihasilkan langsung oleh satu negara atau dalam satu negara, akan dijual ke negara lain dan negara yang memproduksi barang akan mendapatkan keuntungan.

5. Penjualan Konsinyasi

Sebuah penjualan yang dilakukan pada perantara misalnya penjualan kepada seorang reseller. Artinya penjual nanti menjual barang pada reseller yang akan diteruskan lagi penjualan barang tersebut pada orang lain. Biasanya jika barang tidak habis, maka bisa dikembalikan pada penjual pertama.

6. Penjualan Grosir

Ini merupakan penjualan yang dilakukan dalam jumlah yang besar. Penjualan grosir ini biasanya jauh lebih murah dan barang yang dijual tadi memang untuk dijual kembali oleh pembelinya.


Ternyata jenis-jenis penjualan sangat banyak dan semuanya ada di tengah masyarakat. Penjualan dengan bentuk dan jenis apa saja memiliki tujuan yang sama yaitu mendapatkan keuntungan. Semoga dengan mengetahui informasi, kamu bisa membedakan berbagai jenis penjualan yang umum digunakan, ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.