Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Kenali 5 Manfaat Eksfoliasi Wajah yang Jarang Diketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
18 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat eksfoliasi wajah yang penting untuk kecantikan.

Banyak orang belum mengetahui manfaat eksfoliasi wajah, sehingga masih sering enggan melakukannya. Padahal metode pengelupasan sel kulit mati ini seharusnya menjadi langkah perawatan rutin. Setidaknya, perawatan ini merupakan rutinitas, dua kali dalam seminggu.


Pada dasarnya, eksfoliasi merupakan suatu metode pengelupasan kulit dengan tujuan untuk mengangkat kotoran dan sel pada lapisan terluar yang sudah mati. Kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk akan membuat wajah tampak kusam dan terlihat lelah. Ketahui beberapa manfaat eksfoliasi wajah berikut ini:

1. Membuat Wajah Lebih Bersih


Manfaat pertama dari eksfoliasi adalah membuat wajah lebih cerah. Hal ini karena proses tersebut mengikis bagian terluar kulit, termasuk sel yang mati dan kotoran penyumbat pori. Efeknya, wajah akan tampak lebih bersih. Warna kulit pun terlihat makin cerah dan tidak kusam lagi.

2. Menjaga dan Meningkatkan Elastisitas Kulit


Selanjutnya, eksfoliasi juga bermanfaat dalam membuat kulit lebih kenyal dan elastis. Pengelupasan ini mendorong kulit untuk segera melakukan regenerasi sel dengan yang baru dan sehat. Selain itu, manfaat lain dari rutinitas perawatan kulit ini adalah memicu produksi kolagen lebih banyak.


Sebagaimana kita tahu, manfaat kolagen bagi kulit adalah untuk meningkatkan elastisitas dan mengencangkannya. Dengan demikian, kerutan pun akan berkurang. Jadi, jika melakukan eksfoliasi setidaknya dua kali seminggu, kulit akan tampak lebih muda, segar, dan glowing.

3. Membantu Mengoptimalkan Kerja Skincare


Rutinitas perawatan kulit wajah, memang banyak langkahnya. Tujuannya adalah menjaga kesehatannya dan membuat tampil lebih cantik. Melalui eksfoliasi ini, pori-pori kulit yang tadinya tersumbat, menjadi bersih dan terbuka. Ini akan membantu produk skincare meresap lebih baik ke dalam lapisan kulit, sehingga lebih optimal.

4. Menghaluskan Kulit


Kulit yang kasar, bisa terjadi akibat regenerasi yang tidak sempurna. Meskipun sel kulit mati bisa mengelupas dengan sendirinya, tetapi pasti masih ada sisanya. Tentu saja, eksfoliasi bisa membantu membersihkannya. Tidak hanya pada kulit wajah, pengelupasan ini perlu untuk kulit di seluruh tubuh, terutama lutut, siku, dan mata kaki.

5. Mencegah Timbulnya Jerawat


Manfaat eksfoliasi wajah lainnya adalah mencegah timbulnya jerawat. Apabila kulit wajah tertutup dengan adanya tumpukan kotoran, maka pori-pori akan tersumbat. Akhirnya sebum pada wajah pun akan terkumpul dan menimbulkan bintik jerawat. Apabila tidak mendapatkan perawatan tepat, hal ini bisa mengakibatkan infeksi yang lebih parah.

Batasi Melakukan Eksfoliasi

Proses pengelupasan ini bisa dengan menggunakan scrub, loofah, atau produk dengan kandungan asam (acid) AHA, PHA, dan BHA. Namun, perawatan kulit ini tidak bisa terlalu sering, tergantung pada kondisi wajah setiap orang. Jadi, harus memahami jenis kulit masing-masing agar bisa menentukan tingkat keseringan yang paling tepat.


Bagi kulit kering, sebaiknya tidak terlalu sering melakukan eksfoliasi. Lakukan satu kali dalam seminggu saja sudah cukup. Hal ini untuk menghindari iritasi. Berbeda halnya dengan pemilik kulit berminyak. Pengelupasan kulit ini sebaiknya lebih sering, yaitu tiga sampai lima kali dalam seminggu, agar terhindar dari risiko munculnya jerawat.


Pilihan produknya juga tidak boleh sembarangan. Sesuaikan dengan jenis kulit. Contohnya, pemilik kulit sensitif, sebaiknya tidak menggunakan loofah, scrub, atau sikat halus. Hal ini karena bisa memicu timbulnya iritasi. Penggunaan produk kimia juga harus berhati-hati. Pastikan produk sudah terdaftar BPOM agar terjamin keamanannya.


Melihat manfaat eksfoliasi wajah ini, sebaiknya jangan sampai kamu melewatkan rutinitas perawatan kulit yang satu ini. Mengingat kulit merupakan pertahanan terluar dari tubuh, sudah seharusnya menjaga kesehatan dan selalu merawatnya. Terutama wajah yang memang lebih sering mengalami keluhan dibandingkan kulit pada bagian tubuh lainnya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.