Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Kenali 6 Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Dihindari

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Makanan penyebab jerawat penting diketahui dan tidak boleh dikonsumsi berlebihan.

Jerawat seringkali menjadi masalah kulit yang cukup meresahkan. Ada banyak faktor yang menyebabkan jerawat muncul, seperti skincare yang tidak cocok, kurang menjaga kebersihan, polusi, paparan sinar matahari, hingga makanan. Makanan dan minuman yang tidak sehat dapat menimbulkan jerawat pada wajah. Maka dari itu, Anda perlu menghindari makanan penyebab jerawat, seperti berikut ini.

1. Cokelat


Makanan manis satu ini memang sangat berpotensi menimbulkan jerawat apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Coklat memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Kandungan gula inilah yang memicu meningkatnya hormon penyebab jerawat. Meski rasanya manis dan lezat, coklat perlu dihindari agar tidak memicu kemunculan jerawat pada wajah. banner consideration shipping bg blue

2. Kacang


Sama seperti coklat, kacang sudah dikenal sejak dulu sebagai makanan yang dapat memicu muncul jerawat pada wajah. Sebagian orang bahkan enggan untuk memakan kacang meskipun hanya sesekali. Kacang memiliki kandungan atau zat yang dapat meningkatkan hormon penyebab timbulnya jerawat. Hal inilah yang membuat banyak orang ‘sensitif’ terhadap kacang dan memilih untuk menghindarinya.

3. Permen


Anda suka makan permen? Sebaiknya segera hindari kebiasaan ini agar tidak ada jerawat yang berkeliaran di wajah. Pasalnya, permen memiliki kandungan gula yang tinggi. Hal inilah yang membuat permen dapat memicu meningkatnya hormon penyebab jerawat. Kandungan gula pada permen dinilai lebih tinggi daripada kandungan gula dalam coklat.
banner consideration promotion bg blue

Tidak hanya meningkatkan produksi hormon penyebab jerawat, kandungan gula di dalam permen dapat merusak kerja kolagen dan elastin kulit. Akibatnya, tanda-tanda penuaan seperti keriput dan kulit kendur akan muncul.

4. Sereal


Makanan yang biasa dijadikan menu sarapan ini berpotensi membuat hormon penyebab jerawat meningkat. Sereal memiliki kandungan gluten yang tinggi. Hal inilah yang memicu peningkatan hormon penyebab jerawat. Meski memiliki rasa yang manis dan ideal untuk sarapan, sebaiknya batasi konsumsi sereal agar jerawat tidak muncul.

5. Gorengan


Anda suka makan gorengan? Sebaiknya, batasi konsumsi makanan ini jika ingin jerawat tidak mudah muncul. Gorengan memang menjadi godaan yang sulit untuk ditahan. Namun kandungan minyak yang tinggi pada gorengan dapat meningkatkan produksi minyak pada wajah. Sebum atau minyak yang berlebih dapat menimbulkan jerawat di wajah. Kemunculan jerawat bisa semakin parah apabila mengkonsumsi gorengan dalam jumlah yang banyak.

6. Junk Food


Makanan penyebab jerawat yang terakhir adalah junk food. Berbeda dengan fast food yang masih memiliki sedikit nutrisi, junk food justru sama sekali tidak memilikinya. Junk food seringkali disamakan dengan fast food, padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas. Fast food masih memiliki sedikit nutrisi di dalamnya, sedangkan junk food sama sekali tidak memilikinya.

Junk food justru penuh dengan kandungan kolesterol, lemak, garam, dan bahan pengawet yang tinggi. Kandungan dalam junk food inilah yang membuatnya harus dihindari. Selain dapat menimbulkan jerawat, junk food juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Terlebih jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Sebaiknya hindari junk food dan beralih pada makanan sehat seperti buah dan sayur.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah daftar makanan penyebab jerawat yang sebaiknya Anda hindari. Selain dapat menimbulkan jerawat, nutrisi dalam makanan ini cukup rendah sehingga tidak baik untuk dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Jadi, bijaklah dalam mengkonsumsi berbagai makanan ini agar jerawat tidak muncul.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.