Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Kenali 7 Makanan Berkarbohidrat Dapat Membantu Diet Anda

Rizki Indra
Rizki Indra
28 Feb 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak jenis makanan berkarbohidrat yang wajib dicoba.
Meskipun sedang diet Anda tidak perlu memusuhi karbohidrat. Justru makanan karbohidrat dapat membantu diet. Hal ini karena konsumsi karbohidrat yang kompleks, kaya serat, dan vitamin B dapat membuat Anda dapat dengan mudah mewujudkan bentuk tubuh ideal. Inilah beberapa makanan berkarbohidrat untuk diet yang bisa Anda konsumsi:

1. Oatmeal



Oatmeal merupakan bahan makanan yang terbuat dari serat gandum pilihan yang di dalamnya mengandung karbohidrat yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, oatmeal juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh dan menurunkan kadar gula di dalam darah.
Lebih dari itu, oatmeal bisa dikonsumsi dengan makanan penunjang lainnya, baik yang memiliki rasa asin maupun manis. Misalnya, mencampurkan oatmeal dengan pisang dan susu ataupun dengan makanan yang kaya protein seperti telur.

2. Ubi Jalar



Ubi jalar cukup populer di Indonesia karena hampir seluruh daerah dataran tinggi menghasilkan hasil panen ubi jalar dengan berbagai warna seperti warna ungu dan kuning. Kandungan gizi yang terdapat di dalam semua ubi ini sama, yaitu dalam 1 ubi jalar dengan ukuran sedang memiliki kandungan 100 gram kalori, vitamin A, dan 25 gram karbohidrat yang bisa membantu diet harian Anda.

3. Kentang



Kentang merupakan sumber karbohidrat yang banyak diketahui. Bagi Anda yang sedang diet, cobalah mengganti nasi Anda dengan kentang. Hal ini karena kentang memiliki kandungan pati resisten (pati yang tidak dapat tercerna) sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Namun, kentang sebaiknya dikonsumsi bersama kulitnya karena di dalam kulit kentang mengandung banyak serat yang bermanfaat. Kentang juga jangan digoreng karena akan menjadi lemak. Masaklah kentang dengan cara dikukus atau direbus.

4. Beras Merah



Beras merah mengandung serat yang tinggi, lebih tinggi daripada beras putih. Jika Anda tidak bisa lepas dari nasi, mungkin bisa mencoba nasi merah untuk program diet.  Selain baik untuk menurunkan berat badan, nasi merah juga bisa menjadi makanan untuk para penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi dalam nasi merah dapat membantu mengontrol gula darah dalam tubuh.banner consideration promotion bg blue

5. Buah Mangga



Meski jarang dijumpai yang mengganti nasi dengan mangga, tetapi mangga merupakan jenis makanan berkarbohidrat yang baik bagi tubuh. Pada satu cangkir buah mangga terdapat 25 ml karbohidrat dengan 100 gram kalori. Buah ini juga mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Anda bisa menggunakan buah mangga sebagai kudapan sehat tanpa pemanis pelengkap menu diet.

6. Buah Pisang



Sudah umum bagi orang diet untuk menambahkan buah pisang ke dalam menu dietnya. Alasannya adalah karena buah pisang dapat mengenyangkan tubuh lebih lama karena mengandung 25 gram karbohidrat dan juga 100 kalori.  Selain itu, serat yang ada di dalam buah pisang dapat membantu melancarkan pencernaan karena zat pati di dalam pisang dapat meningkatkan kesehatan usus dan mengendalikan kadar gula.

7. Jagung



Sudah terkenal sejak lama bahwa jagung mengandung banyak karbohidrat yang dapat menggantikan posisi nasi. Karenanya, tak sedikit masyarakat yang mengganti nasi dengan konsumsi jagung rebus.  Kandungan serat yang jauh lebih tinggi, membuat keberadaan jagung menjadi jauh lebih baik dibandingkan nasi. Maka, Anda bisa konsumsi jagung sebagai menu diet setiap hari.

Itulah makanan berkarbohidrat yang dapat membantu diet Anda. Proses diet memang memerlukan usaha dan konsistensi perihal jenis makanan yang Anda konsumsi agar bisa meraih hasil diet yang optimal namun tetap sehat. Dengan berbagai rekomendasi ini, diharapkan Anda bisa tetap mendapatkan asupan karbohidrat yang optimal meski sedang menjalani diet ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.