Kenali Arti dari Introvert Secara Mendalam di Sini

Introvert adalah tipe kepribadian yang bertolak belakang dari ekstrovert. Biasanya, orang dengan kepribadian introvert lebih memilih berkonsentrasi pada pikiran, perasaan dan suasana hatinya dibanding pada sumber rangsangan dari luar. Namun kepribadian introvert seringkali disalahartikan sebagai pemalu.

Seorang pribadi introvert cenderung lebih pendiam, tenang, dan berkesan introspektif. Jika menghadapi sebuah interaksi sosial, pribadi introvert harus mengeluarkan energi yang banyak. Anda akan sering melihat mereka menghabiskan waktu sendirian usai menghadiri sebuah acara, karena introvert membutuhkan “me time” untuk mengisi ulang energinya.

Banyak orang menganggap introvert sebagai pribadi yang tertutup dan lebih memilih berdiam diri di rumah daripada bersosialisasi di luar. Namun, sesungguhnya banyak introvert yang senang bersosialisasi. Anda pasti terkejut saat tahu banyak orang yang aktif secara sosial sebenarnya adalah introvert. Berikut adalah tanda yang bisa Anda lihat untuk mengetahuinya:

1. Merasa Kehabisan Energi Setelah Berinteraksi

Ketika Anda atau seseorang mengeluh kelelahan setelah menghabiskan waktu dengan banyak orang, biasanya itu merupakan tanda pribadi introvert. Dalam kondisi seperti ini, pribadi introvert perlu menyendiri di tempat yang tenang untuk mengisi ulang energinya. Mereka akan menggunakan waktu ini untuk merenungi makna kegiatan yang dilakukannya hari ini.

Banyak introvert yang menikmati waktunya bersama orang lain. Namun, mereka cenderung lebih suka jika bersama dengan teman dekat. Daripada ke pesta mencari teman baru, Seorang introvert lebih suka menghabiskan waktu bersama teman baik. Misalnya, mereka akan memilih berbincang bersama sambil menikmati minuman hangat Michoco dari Lemonilo.

2. Menyukai Kesendirian

Waktu yang terbaik bagi seorang introvert adalah hari yang tenang hanya untuk diri sendiri sambil menjalankan hobi. Berjam-jam duduk sambil membaca buku atau berjalan-jalan sendirian ke sebuah tempat favorit terdengar sebagai sebuah ide yang bagus bagi mereka. Kegiatan ini merupakan cara yang bagus untuk mengembalikan energi mereka.

Meski demikian, hal ini bukan berarti seorang introvert ingin selalu sendiri sepanjang waktu. Mereka juga suka menghabiskan waktu dengan orang-orang yang akrab. Setelah menghabiskan waktu untuk berinteraksi sosial, introvert akan menarik diri ke tempat yang tenang. Hal ini dilakukan untuk merenung, berpikir, dan mengisi ulang energinya.

3. Sering Dianggap Pendiam

Introvert sering digambarkan sebagai seseorang yang pendiam, tenang, hingga disalahartikan sebagai pemalu. Meski beberapa introvert memang pemalu, akan tetapi dalam banyak kejadian mereka sebenarnya memilih untuk berhati-hati dalam berbicara. Pribadi introvert menyusun kata-kata yang hendak diucapkan untuk menghindari obrolan yang tidak perlu.

4. Memiliki Sekelompok Teman Dekat

Banyak yang salah paham dengan menyebutkan bahwa seorang introvert adalah pribadi yang tidak menyukai pertemanan. Introvert memang kurang menikmati kegiatan sosialisasi dengan banyak orang. Akan tetapi sesungguhnya mereka sangat menyukai kebersamaan dengan sekelompok kecil teman yang dekat.

Introvert lebih memilih sebuah hubungan yang akrab, intim, dan tahan lama dibandingkan memiliki lingkaran sosial yang besar namun tidak dekat. Introvert biasanya memilih teman dengan hati-hati dan memiliki hubungan yang dalam. Mereka lebih suka berinteraksi dengan orang-orang secara pribadi dibanding dalam sebuah kelompok besar.

5. Kehilangan Fokus Jika Terlalu Banyak Mendapat Stimulus

Jika seorang introvert berada di lingkungan yang ramai dan keadaan yang sibuk, mereka bisa mengalami kehilangan fokus dan kewalahan. Situasi yang ramai akan membuat mereka lebih mudah terganggu. Itulah alasannya mengapa mereka lebih memilih pekerjaan dan pengaturan yang tenang dan tidak terburu-buru.

Introvert adalah sebuah kepribadian yang normal. Jika Anda seorang introvert, temukan cara untuk mengatasi jika mulai terganggu oleh rangsangan dari luar, yaitu dengan menyendiri sebentar.

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami