Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Kenali Beberapa Tingkatan Stres yang Wajib Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
19 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Kelola stres dengan baik dengan mengetahui tingkatan stres.

Segala sesuatu yang terjadi di dalam diri seseorang bisa memicu tingkatan stres berbeda-beda. Entah itu berupa beban pekerjaan, ancaman, tekanan, hingga hubungan dengan orang lain. Selain faktor eksternal, stres juga bisa dipicu oleh kondisi di dalam dirinya sendiri. Tidak hanya overthinking, sifat perfeksionis dan keinginan untuk multitasking bisa memicu stres berlebih, lho.


Dengan mengenal tingkatan atau level stres, kamu bisa berjaga-jaga untuk segera mengatasinya. Sebab, stres yang berlanjut bisa memicu gangguan kesehatan mental dan depresi.

Stres Tingkatan Pertama


Dalam tingkatan ini stres masih bisa dibilang normal, sehingga tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Contoh dari tingkatan stres ini adalah saat kamu merasa gugup untuk presentasi di hadapan audience. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencari cara agar lebih santai. Misalnya dengan berolahraga ringan, memakan permen atau coklat ataupun minum secangkir kopi.


Tak hanya itu, stres level pertama ini juga bisa muncul saat kamu dihadapkan pada situasi yang baru. Entah itu berupa pekerjaan, lingkungan, tanggung jawab, ataupun perubahan status, seperti menjadi ibu baru.


Pada tahap ini, biasanya stres dipicu oleh semangat yang berlebih, seolah mampu menyelesaikan semua sendiri. Tanpa sadar, kondisi seperti ini justru menguras energi dan memicu stres, lho.

Stres Tingkatan Kedua


Di tingkatan ini, stres sudah mulai mengganggu keseharian dan aktivitas. Misalnya, saat kamu merasa sakit hati terhadap seseorang atau terjadi masalah di dalam keluarga. Kondisi tersebut akan memunculkan beragam emosi negatif, seperti kecewa, marah, terluka, maupun putus asa. Emosi ini memang ada di dalam diri setiap orang, tetapi tanpa pengendalian yang tepat maka akan berubah menjadi stres.


Akibatnya, kamu akan merasa kurang bersemangat dalam menjalani hari, lesu, jantung berdebar, hingga memicu ketegangan otot. Untuk mengatasinya, cobalah berbagi cerita dengan orang yang terpercaya atau kompeten.


Seseorang yang mampu menenangkan hatimu serta bisa membantu untuk mencari jalan keluar. Kamu juga bisa melakukan hal-hal yang disukai untuk menyalurkan energi negatif dari pikiran dan emosi.

Stres Tingkatan Ketiga


Stres pada tingkatan ketiga ini sudah memiliki ciri khas tersendiri, yakni terjadinya perubahan pada fungsi tubuh. Mulai dari gangguan pencernaan, asam lambung, insomnia (gangguan tidur), dan lain-lain.


Kondisi tersebut dipicu oleh emosi negatif yang tidak segera terselesaikan atau tersalurkan dengan baik. Obat-obatan kimia mungkin bisa meredakan gejala, tetapi tidak benar-benar menyembuhkan.


Oleh karena itu, kamu tetap harus mengatasi sumber stres terlebih dahulu, kemudian memperbaiki pola hidup. Dengan demikian, kondisi kesehatanmu pun akan membaik secara perlahan.

Stres Tingkatan Keempat


Bagaimana jika stres tetap terabaikan atau tidak segera ditangani? Jawabannya ialah hari-harimu akan terasa semakin sulit, karena emosi negatif bisa muncul kapan saja. Dalam hal ini, kamu kehilangan kendali atau kontrol atas diri sendiri, sehingga memicu perbuatan kurang baik. Mulai dari serangan panik, depresi, gangguan kecemasan, hingga bipolar.


Tak hanya itu, kamu pun akan mengalami kesulitan untuk fokus pada aktivitas yang sedang dikerjakan hingga mengganggu fungsi kognitif tubuh. Stres tingkat empat juga bisa mendorong seseorang untuk bunuh diri, lho.

Stres Tingkatan Kelima


Sayangnya, tidak sedikit orang yang peduli dengan stres tingkatan awal, sehingga terus memicu peningkatan level. Jika sudah sampai di level tinggi, justru orang menganggapnya sebagai aib, karena memiliki gangguan jiwa.


Stigma inilah yang memicu seseorang berada di stres tingkatan kelima, yakni menarik diri dari lingkungan sosial. Aktivitas hariannya benar-benar sudah terganggu serta kesehatan fisik pun semakin menurun.


Itulah berbagai tingkatan stres yang harus kamu pahami. Stres yang dialami seseorang memiliki dampak atau gejala berbeda-beda, sehingga penting untuk mempelajari tandanya agar segera memperoleh penanganan. Selain itu, jangan pernah meremehkan gejala-gejala yang ada, agar tingkatan stres tidak terus meningkat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.