Kenali Biji Klabet, yang Mempunyai Manfaat Mengencangkan Payudara dan ASI

Klabet adalah tanaman herbal yang termasuk ke dalam keluarga Fabaceae. Nama ilmiah tanaman ini  adalah Trigonella foenum-graecum. Klabet dikenal juga dengan nama biji klabet. Akan tetapi, di Indonesia, orang-orang juga menyebut biji dari klabet dengan istilah kelabat atau klabat. Tanaman ini berasal dari kawasan Timur Tengah dan Mediterania. Biji dari klabet biasanya dimanfaatkan untuk menambah nikmat citarasa masakan seperti kari. banner consideration shipping bg blue 

Kandungan yang Ada Pada Klabet

Terdapat segudang manfaat menakjubkan yang melekat pada biji klabet. Manfaatnya sangat erat kaitannya dengan kandungan zat yang ada di dalamnya. Klabet mengandung zat-zat yang sangat komplit baik zat gizi makro maupun mikro. Kandungan yang ada pada biji ini adalah serat, karbohidrat, protein, lemak tidak jenuh, vitamin B kompleks, dan beberapa mineral. 
Vitamin B kompleks yang ada di dalam biji ini di antaranya adalah vitamin B1, B2, B3, B6, dan B9 (folat). Beberapa kandungan mineral pada klabet ini diantaranya  adalah kalsium, potasium, fosfor, zat besi, magnesium, seng, mangan, tembaga, dan selenium. Biji ini juga mengandung saponin yang kaya manfaat untuk kesehatan. 
Satu lagi kandungan penting yang ada di dalam klabet adalah antioksidan. Biji ini mengandung beberapa jenis antioksidan, di antaranya adalah kolin, trigonelline, apigenin, luteolin, gitogenin, yamogenin, diosgenin, dan tigogenin.Dengan kandungan yang sangat banyak tersebut, tidak heran jika biji ini dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dikonsumsi demi kesehatan tubuh. 

banner consideration promotion bg blue

Baik untuk Memperlancar ASI Pada Ibu Menyusui dan Mengencangkan Payudara

Selain baik untuk kesehatan, klabet juga baik untuk membantu ibu memperlancar asi dan mengencangkan payudara wanita.  Sebuah penelitian tentang biji klabet sudah dipublikasikan di US National Library of Medicine, Toxicology Data Network. Di dalam studi ini, yang dilakukan dengan beberapa sampel telah menemukan hubungan antara klabet dan meningkatnya laktasi yang terdapat pada air susu. 
Ditemukan juga dalam beberapa kasus, klabet juga diklaim menjadi biji yang sangat efektif untuk meningkatkan kuantitas atau jumlah ASI, sehingga anak dari ibu yang mengkonsumsi klabet bisa tumbuh sehat. Selain itu juga berat badannya akan bertambah baik. 
Untuk mengkonsumsi biji klabet ini, kamu hanya perlu mengkonsumsinya dalam bentuk bubuk super food atau bahkan dalam bentuk teh herbal. Akan tetapi jika mengkonsumsi biji klabet, kamu harus rutin dan agar mendapatkan hasil yang baik dan maksimal tentunya. Ini juga agar kamu bisa merasakan manfaat dan khasiatnya secara nyata. 
Biji klabet mengandung phytoestrogen, yaitu komponen yang mirip dengan estrogen. Komponen ini yaitu hormon yang dihasilkan secara natural oleh tubuh wanita. Pada seorang wanita, kandungan estrogen meningkatkan kepadatan sel-sel di payudara, dan mempersiapkannya untuk laktasi. Phytoestrogen yang ada di dalam biji klabet, beraksi seperti estrogen sehingga efektif menstimulasi payudara untuk menghasilkan ASI pada ibu. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Dilansir dari Mom Junction, ternyata tidak ada stkamur batas konsumsi biji klabet yang aman untuk wanita menyusui. Akan tetapi, beberapa pakar laktasi merekomendasikan dosis maksimal sebanyak 4.9 gram per hari untuk dikonsumsi. Namun, apabila ibu dan bayi tidak menunjukkan adanya reaksi alergi setelah mengkonsumsi biji ini, maka kadar untuk dikonsumsi bisa ditambah menjadi maksimal 6 gram per hari untuk benar-benar meningkatkan produksi pada ASI. 
Nah, itu dia beberapa manfaat biji klabet yang bisa membantu mengencangkan payudara kamu dan juga bermanfaat untuk meningkatkan ASI ibu. Sehingga anak tidak akan kekurangan dalam mengkonsumsi ASI dan tentunya kebutuhan ASI akan terpenuhi. Semoga artikel ini bermanfaat ya! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami