Kenali Ikan Salmon yang Mengandung Banyak Gizi, Ini 6 Manfaatnya

12 Jun 2020 @ 18:10:59
Ikan salmon sudah menjadi makanan yang banyak digemari masyarakat. Jenis ikan ini dijual banyak di pasar tradisional maupun swalayan. Olahannya yang mudah serta rasanya yang menggoyangkan lidah menjadi daya tarik tersendiri untuk memasaknya. Selain kelebihannya itu, Salmon ternyata dikenal sebagai satu makanan paling bernutrisi sedunia. Apa saja kandungannya? 

1. Menyehatkan Kulit dan Rambut 



Manfaat ikan salmon dapat dirasakan ketika sedang menjalani diet rendah lemak yang menyebabkan kulit dan rambut kekurangan lemak, jadi salmon dapat menjadi solusi terbaik. Jenis ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang akan membantu mencukupi keperluan lemak tubuh sehingga kulit tidak berubah kusam dan rambut senantiasa sehat berkilau. Selain bermanfaat untuk kulit, asam lemak omega-3 juga sedang dites untuk pengobatan psoriasis. 

2. Menyehatkan Organ Jantung 



Kandungan yang ada pada salmon selanjutnya yang tak kalah penting untuk kesehatan jantung adalah asam lemak omega-3 juga. Kandungan ini adalah jenis asam lemak tak jenuh yang dapat membuat jantung lebih sehat dengan cara menurunkan risiko peradangan dalam tubuh. 

Apabila tidak dikontrol, peradangan dapat merusak pembuluh darah dan mengakibatkan penyakit jantung. Manfaat lain dari asam lemak omega-3 adalah dapat membantu mengurangi trigliserida atau kolesterol jahat, serta membantu mengurangi tekanan darah, menurunkan risiko terjadinya stroke, gagal jantung, dan penggumpalan. 

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang 



Vitamin D selain diperoleh dari sinar matahari, ia juga bisa didapatkan dari makanan seafood yakni, salmon. Jenis ikan ini merupakan salah satu jenis makanan sumber vitamin D yang sangat bagus dikonsumsi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang. 

Selain itu, ia juga mengandung selenium yang dapat membantu melindungi tulang. Manfaat selenium lainnya ialah mampu mengurangi kadar antibodi tiroid dalam tubuh penderita penyakit tiroid autoimun. Sehingga akan mengurangi risiko penyakit kanker. 

4. Mendukung Otak untuk Berkembang Lebih Baik 



Manfaat dari salmon kali ini sangat bagus untuk anak-anak yaitu dapat membantu meningkatkan perkembangan otak lebih baik. Hal ini karena salmon mengandung asam lemak omega-3 EPA yang dibutuhkan otak. Selain bermanfaat untuk perkembangan otak anak-anak, asam lemak omega-3 dalam salmon juga kemungkinan bermanfaat untuk anak dengan gangguan pemusatan perhatian (ADHD). Konsumsi ikan yang mempunyai asam lemak omega-3 tinggi dapat membantu menurunkan gejala gangguan tersebut. 

5. Menurunkan Berat Badan 



Ikan jenis salmon sangat direkomendasikan sebagai makanan ketika sedang diet, karena ia mempunyai kandungan protein yang sangat banyak, sehingga dapat mengurangi berat badan secara sehat dan alami. Selain itu, ia juga memperoleh lemak jenuh lebih sedikit dibandingkan daging merah pada umumnya. 

Perlu diketahui bahwa, protein memiliki banyak fungsi termasuk menjaga massa otot selama proses penurunan berat badan dan proses penuaan. Di setiap 3.5 ons daging salmon, berisi 22-25 gram protein. Jadi, jumlah protein itu tentu sangat bagus bagi kesehatan tubuh.

6. Mengontrol Tekanan Darah 



Ikan salmon merupakan sumber potasium yang baik. Salmon memiliki kandungan potasium yang tinggi. Seekor daging salmon liar, mempunyai 18% potasium (kebutuhan per hari) di setiap 3.5 ons dagingnya. Sedangkan dalam salmon ternak, hanya memiliki 11%. Selain itu, ikan ini juga mempunyai lebih banyak kandungan potasium, daripada pisang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, ikan ini mampu membantu tubuh untuk mengontrol tekanan darah. Akibatnya, resiko terkena stroke juga akan menurun. 

Nah, itulah ulasan tentang beberapa manfaat ikan salmon bagi kesehatan tubuh. Dengan adanya berbagai manfaat menyehatkan ini, kamu tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi ikan ini ya Lemonizen! 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020